Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


10 Gejala Hepatitis A dan 8 Penyebab Disertai Obatnya

What is hepatitis a?

Hepatitis a adalah suatu penyakit disebabkan oleh virus hepatitis type HVA.

Virus hepatitis A (VHA) kebanyakan menyerang negera yang sedang berkembang termasuk Indonesia. Pada umumnya dikarenakan kondisi buruknya sarana sanitasi dan kecukupan air kurang terpenuhi. Pada hari Hepatitis sedunia tahun 2010 di Athun sebanyak 102.000 kematian yang disebabkan oleh hepatitis A dikarenakan penaganan yang kurang cepat. Penderitanya menyerang orang dewasa, lansia termasuk anak-anak.

Tercatat pada tahun 2002 - 2003 pernah terjadi kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) penularan virus hepatitis dari kalangan mahasiswa di Kabupaten Jember (data dinas kesehatan jember tahun 2003).

What is hepatitis a ? Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis type HVA. Virus jenis ini biasanya dapat hinggap ke tubuh seseorang melalui media makanan atau minuman yang telah terkontaminasi virus HAV.
Gambar virus hepatitis A di dalam darah
Mengkonsumsi makanan berasal dari pengolahannya tidak tepat adalah penyebab hepatitis a paling utama. Misalnya seperti memasak tidak terlalu matang dan jajan makanan di tempat kumuh dan terkontaminasi virus turut andil dalam penyebaran virus hepatitis a. 

Gejala Hepatitis A

Ciri ciri hepatitis a di fase awal penyakit sangat sulit dikenali. Karena mereka yang terserang virus pada waktu 3 minggu pertama tidak akan menunjukkan gejala apapun. Hal ini dikarenakan proses masa inkubasi bagi si virus.

Namun, setelah memasuki hari ke 30 hingga 49, maka gejala hepatitis a dapat kita kenali sebagai berikut:
  1. Rasa nyeri pada otot dan sendi
  2. Kelelahan setiap saat tanpa melakukan aktivitas berlebih
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Rasa mual ingin muntah dan pahit dilidah
  5. Sakit kepala dan demam dimalam hati
  6. Perut kembung tak kunjung hilang
  7. Kulit dan mata (area putih) menguning tampak pucat 
  8. Diare yang warna facesnya kuning pucat
  9. Warna urine menguning
  10. Pembengkakan hati ditandai dengan rasa sakit pada area perut bagian kanan saat diteman
Untuk mengetahui tingkatan stadium penyakit ini dibagi menjadi 3 antara lain:
  • Stadium Inkubasi 
Masa inkubasi virus hepatitis a dapat berlangsung selama 14 hingga 49 hari. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh daya tahan tubuh. Jika sistem imun melemah, maka perkembangan virus akan semakin cepat.
  • Stadium Prodomal 
Pada fase ini telah menunjukan gejala seperti flu dan perut kembung serta adanya infeksi saluran pernafasan
  • Stadium Klinis 
Pada tahapan ini, gejala lanjutan akan mulai tampak secara signifikan seperti perubahan warna urine dan kulit menguning, hingga mengalami sakit kuning. 

Penyebab Hepatitis A

Penyakit hepatitis a disebabkan oleh virus hepatitis type HVA. Adapun penyebarannya dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini:
  1. Buruknya sarana sanitasi dan air bersih 
  2. Kontak fisik melalui hubungan badan
  3. Mengkonsumsi makanan laut (kerang darah, ikan, dll ) yang tercemar limbah berbahaya
  4. Lingkungan kumuh (termasuk toilet kotor dan sebagainya)
  5. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi virus
  6. Mengolah makanan kurang hieginis seperti memasak daging, sayuran dan buah-buahan termasuk makan di warung-warung yang kurang terjaga kebersihannya
  7. Penggunaan jarum suntik non streril
  8. Resiko tinggi bagi mereka yang bekerja kaitannya dengan kotoran

Tindakan Pengobatan Bagi Penderita

Seorang dokter spesialis penyakit dalam di RS. Siloam, Kebon Jeruk, Jakarta bernama dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD* mengatakan, “ hepatitis A akut dapat sembuh secara sempurna dan jarang menimbulkan komplikasi apalagi berubah menjadi kronis ”.

Beliau juga mengatakan, jika orang telah terkena hepatitis A dan dinyatakan sudah sembuh total, maka ia tidak akan terkena HVA kembali dan akan memiliki kekebalan seumur hidup.

Penyakit hepatitis a jika dibandingkan dengan jenis lainnya tidak terlalu berbahaya.

Dikarenakan sistem kekebalan tubuh mampu menghilangkan virus ini dalam waktu beberapa bulan (1-2 bulan) kecuali diderita oleh penderita usia lanjut.

Jika sudah sembuh total selanjutnya penderita tidak akan pernah dapat terinfeksi lagi terhadap penyakit yang sama.

Namun, untuk menghindari tingkat pertumbuhan virus di dalam tubuh meningkat, beberapa hal berikut ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati penyakit hepatitis a:

1. Minum Jamu Kunyit

Banyak zat penyembuh yang terkandung didalam kunyit, salah satunya minyak atsiri yang berkhasiat sebagai anti microba. Cara membuatnya dengan mencuci bersih kunyit dan memarutnya. Peras ambil sarinya yang dicampur dengan madu asli ditambah dengan air hangat. Minum ramuan ini 3x sehari hingga gejala yang ditimbulkan hilang.

2. Konsumsi Rebusan Buah Mahkota Dewa

Zat tanin, lignan, flavonoid dan astiri mampu meyembuhkan hingga total. Dengan meminum air rebusan buah mahkota dewa yang sudah kering secara teratur 1x sehari hingga gejalanya hilang.

3. Jamu Temulawak

Untuk membuat ramuannya lakukan dengan cara yang sama seperti kunyit. Temu lawak akan membantu meningkatkan daya tubuh untuk melawan penyakit ini karena kandungan kurkumin sebagai antioksidan. Minum 2x sehari pagi dan sore. Temulawak juga berkhasiat sebagai zat antioksidan hepatotoksit (antioksidan akibat kerusakan hati disebabkan meminum jenis obat-obatan tertentu).

Selain itu, perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui seberapa parah hepatitis yang diderita dengan melakukan tes darah lengkap. Jika perlu dokter akan memberikan vaksinasi hepatitis A kepada penderita serta memberikan obat jenis tertentu untuk mempercepat proses penyembuhan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 10 Gejala Hepatitis A dan 8 Penyebab Disertai Obatnya

0 komentar: