Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


8+ Gejala Penyakit Herpes, Ciri Ciri Penyebab dan Obatnya

Penyakit herpes adalah salah satu penyakit yang terjadi dikarenakan adanya peradangan pada kulit disebabkan oleh virus dari jenis hepertoviridae. Bentuk dari peradangan tersebut dapat berupa bintik-bintik merah pada kulit berupa ruam bewarna merah hingga munculnya gelembung - gelembung berkelompok berisi cairan.

Gelembung berisi air tersebut dapat tumbuh dimana saja pada permukaan kulit seperti di bibir, punggung, dada bahkan dapat muncul pada organ reproduksi pria dan wanita.

Perlu kita ketahui bersama bahwa,

Penyakit herpes tak selamanya dikatakan penyakit menular akibat dari hubungan badan lawan jenis atau akibat dari perilaku menyimpang sesuai dengan pemahaman kita selama ini.

Dengan mengetahui penyebab dan jenis virusnya terlebih dahulu, barulah kita dapat menentukan apakah penyakit herpes ada kaitannya dengan hal tersebut.

Benarkah penyakit herpes yang dipahami selama ini adalah penyakit kepribadian? Kenali gejala penyakit herpes, penyebab dan ciri-ciri herpes.
Gambar penyakit herpes berupa gelemung cairan muncul secara berkelompok
Gejala penyakit herpes mirip sekali dengan penyakit cacar api atau cacar ular. Namun ada pula beberapa orang menyebutnya dengan nama "penyakit kayap". Karena jika dilihat dari gejala fisik secara sepintas memang tidak ada perbedaan mencolok di fase awal penyakit. Setelah beberapa hari, barulah kita dapat membedakannya.

Gejala Penyakit Herpes

Pada umumnya, gejala awal penyakit herpes ditandai dengan peningkatan suhu tubuh. Penderitanya akan merasakan tidak enak badan atau disebut meriang. Selain itu disertai dengan kelelahan fisik dan rasa sakit pada sendi (seperti pegal-pegal).

Sedangkan gejala dan ciri ciri herpes lainnya secara umum dapat kita kenali sebagai berikut:
  1. Munculnya bintik merah seperti bekas kerokan, namun tidak merasakan apapun
  2. Setelah beberapa hari, bintik merah tersebut akan membesar dan berisi cairan bening
  3. Kulit menggelembung berisi cairan bening dan muncul secara berkelompok dan jumlah banyak
  4. Merasakan gatal, panas dan seperti luka bakar pada kulit yang menggelembung
  5. Nyeri otot dan persendian pada daerah munculnya gelembung
  6. Gejala lanjutan dapat berupa demam menggigil disertai batuk dan pilek
  7. Merasakan sakit kepala
  8. Gelembung cairan muncul di beberapa anggota tubuh secara berkelompok
Jika sudah menunjukkan gejala timbulnya gelembung-gelembung kecil, sebaiknya tidak dipecahkan karena akan menimbulkan rasa pedih seperti luka bakar dan pecahan berisi cairan tersebut akan memperbanyak munculnya gelembung pada area kulit lainnya.

Jenis Penyakit Herpes

Berdasarkan jenis virus, penyakit herpes dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis.

Diantaranya:

1. Penyakit Herpes Zooster

Disebabkan oleh virus Varicella Zoster (VZV). Bagi penderita cacar air berkemungkinan memiliki resiko terbesar terkena penyakit ini dikarenakan jenis dari virus cacar air akan tetap hidup di dalam pusat saraf mengalami hibernasi sementara waktu. Jika daya tahan tubuh melemah, virus tersebut dapat sewaktu-waktu muncul (aktif kembali).

Pada umumnya virus ini akan aktif kembali dikarenakan sistem daya tahan tubuh menurun menjelang usia lanjut pada usia 50 tahun.

Penyakit ini juga disebut sebagai penyakit cacar ular atau kayap dalam bahaya daerahnya. Dinamakan cacar ular karena gelembung yang menyebar mengikuti jaringan saraf seperti ular.

Adapun gejala penyakit herpes zooster sebagai berikut:
  1. Terdapat ruam gelembung berisi cairan
  2. Merasakan gatal dan panas pada gelembung kulit serta nyeri persendian
  3. Nafsu makan menurun
  4. Demam di malam hari disertai sakit kepala
  5. Gelembung cairan muncul secara berkelompok dan muncul mengikuti jalur pembuluh darah. Pada umumnya akan muncul di daerah punggung, pundak dan dada
Ada beberapa faktor penyebab herpes zooster diantaranya:
  1. Sudah memasuki usia lanjut pada umur 50 tahun ke atas akan lebih besar resiko terkena penyakit ini dikarenakan daya tahan tubuh yang mulai menurun apalagi pernah mengalami penyakit cacar air.
  2. Bersentuhan dengan penderita melalui kontak cairan seperti menyentuh cairan gelembung yang pecah termasuk berhubungan private layaknya pasangan yang sudah menikah untuk jenis herpes simplex

2. Penyakit Herpes Simplex Type 1

Disebabkan oleh virus bernama simplex type 1. Termasuk salah satu dari jenis penyakit kulit menular melalui media cairan tubuh penderita. Secara sekilas dan kasat mata, tak ada perbedaan jika dilihat dari tanda - tanda pada tubuh. Namun kita dapat mengenalinya lebih spesifik.

Adapun gejala herpes simplex type 1 sebagai berikut:
  1. Munculnya ruam atau gelembung berisi cairan pada bibir dan wajah
  2. Merasakan panas dan gatal pada area bibir
Adapun penyebab herpes type 1 dapat menular melalui media makanan, berciuman, alat kosmetik dan sebagainya yang telah terkontaminasi dari cairan penderita. Bahkan, virus type 1 dapat ditularkan tanpa gejala apapun. Ketika daya tahan tubuh menurun, barulah virus ini akan aktif dan muncul gejala seperti di atas.

3. Penyakit Herpes Simplex Type 2

Disebabkan oleh jenis virus bernama simplex virus type 2. Herpes simplex disebut juga sebagai herpes genital atau salah satu penyakit kulit yang menyerang organ reproduksi manusia. Peradangan kulit dapat ditemui pada permukaan organ reproduksi manusia, selangkangan, paha, anus atau daerah sekitarnya pada area kepribadian.

Herpes jenis ini terbilang cukup berbahaya dikarenakan dapat menyerang organ vitalitas manusia. Pada umumnya ditularkan melalui berhubungan layaknya pasangan suami istri, berciuman dan sebagainya.

Adapun gejala herpes simplex antara lain:
  1. Gejala awal ditandai dengan munculnya ruam bewarna merah dan terasa gatal disekitar organ reproduksi seperti pantat, paha, selangkangan dan sebagainya.
  2. Setelah beberapa hari, ruam tersebut akan membentuk lepuhan atau gelembung berisikan cairan dan merasakan sangat gatal
  3. Lepuhan tersebut dapat muncul pada organ vital baik pada laki - laki maupun wanita
  4. Merasakan sakit ketika buang air kecil
  5. Mengeluarkan cairan bewarna putih ketika buang air kecil
Beberapa penyebab herpes simplex sebagai berikut:
  1. Penularan melalui media cairan berasal dari hubungan seex, berciuman dan sebagainya

Komplikasi Herpes

Komplikasi akan menimbulkan kesehatan yang cukup serius jika tidak teratasi dengan cepat seperti gelembung - gelembung yang muncul pada kulit akan merusak jaringan kulit secara luas. Selain itu, akan menimbulkan gangguan pada urat saraf. Lebih parahnya akibat peradangan dan infeksi virus melalui aliran darah, penyakit herpes jika tidak tertangani dengan baik akan menggangu organ dalam tubuh manusia seperti jantung, paru-paru dan otak.

Tindakan Pengobatan Herpes

Langkah pertama perlu dilakukan diagnosa penyakit untuk mengetahui jenis virus apa yang diderita pasien. Selanjutnya, akan diberikan obat antibiotik atas petunjuk dokter seperti
  1. Paracetamol 500 mg untuk menurunkan panas
  2. Acyclovir
  3. Valacyclovir
  4. Famciclovir
Pemberian antibiotik di atas untuk menghindari komplikasi dan penyebaran virus.

Jika diperlukan, penderita akan diberikan suntikan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Obat di atas tidak dianjurkan diberikan kepada usia balita, anak - anak dan ibu hamil.

Jika penyakit herpes diderita oleh ibu hamil, segera ambil tindakan cepat untuk mengunjungi dokter spesialis kandungan. Karena virus herpes dapat menular ke bayi melalui media persalinan dan menimbulkan masalah serius dalam kandungan.

Sedangkan cara mengobati penyakit herpes secara alami dapat menggunakan daun binahong untuk pengobatan luar dengan cara ditumbuk halus dan ditempelkan pada ruam gelembung. Sedangkan untuk pengobatan dalam, anda dapat merebus 8 lembar daun binahong. Kemudian, minum airnya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8+ Gejala Penyakit Herpes, Ciri Ciri Penyebab dan Obatnya

1 komentar:

wid arto mengatakan...

terimaksih atas informasinya