Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


9 Jenis Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Jantung

Seorang penderita penyakit jantung harus cermat dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk menghindari dan meminimalisir resiko terjadinya serangan jantung secara mendadak. Untuk itu, sangat penting bagi seorang penderita untuk mengetahui pantangan makanan penyakit jantung.

Tujuan utamanya yaitu untuk meringankan kerja organ jantung.

Menjalani program diet khusus untuk penyakit jantung biasanya akan disarankan oleh dokter. Namun demikian, asupan gizi harus tetap terjaga agar kebutuhan nutrisi bagi tubuh terpenuhi selama menjalani program diet.


Untuk mempercepat proses penyembuhan anda dalam mengobati penyakit jantung, simak ulasan makanan yang harus dihindari bagi penderita sakit jantung di bawah ini.

1. Makanan Cepat Saji

Dikehidupan modern saat ini, mengkonsumsi makanan cepat saji sudah menjadi gaya hidup karena tuntunan pekerjaan begitu padatnya. Padahal, jika kita mengkonsumsinya dalam jangka waktu tertentu tanpa ada batasan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita salah satunya organ jantung.

Makanan cepat saji pada umumnya tinggi akan kandungan lemak jenuh, bahan pengawet, lemak trans dan kadar gula. Jika tetap mengkonsumsinya, maka kinerja jantung akan semakin ekstra.

Bagi seorang penderita penyakit jantung tentu saja harus menghindari makanan seperti ini.

Adapun makanan yang masuk dalam katagori cepat saji antara lain :
  1. Mie instan
  2. Pizza
  3. Manisan
  4. Makanan kemasan
  5. Makanan dengan cara dibakar, dipanggang dan digoreng
  6. Asinan
  7. Hamburger
  8. Es krim
  9. Nugget
  10. Kornet
  11. Sosis
Penderita jantung masih diperbolehkan mengkonsumsi makanan dengan cara digoreng. Akan tetapi, anda harus memperhatikan minyak untuk menggorengnya. Gunakan minyak khusus dengan kandungan tinggi omega 3 dan rendah kolesterol. Pastikan digunakan hanya 1 kali pakai.

2. Makanan Tinggi Kandungan Kolesterol

Kita ketahui bersama bahwa kolesterol adalah penyebab penyakit jantung paling utama. Jika tetap mengkonsumsinya, maka akan menimbulkan penumpukan kolesterol dinding pembuluh darah.

Kolesterol ini seperti lilin tak mudah larut. Ketika sudah menempel di dinding pembuluh darah, resikonya akan berakibat terhambatnya sirkulasi peredaran darah. Jika kolesterol menempel di pembuluh darah koroner, tentu saja sangat berbahaya karena akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Makanan pantangan kolesterol dan penyakit jantung :
  1. Daging kambing 
  2. Seafood seperti udang, cumi, kepiting, kerang dan lainnya
  3. Telur burung puyuh dan kuning telur ayam
  4. Kulit ayam
  5. Daging bebek dengan cara digoreng
  6. Jeroan
  7. Pindang
  8. Dendeng
  9. Abon
  10. Mentega
  11. Keju
  12. Otak sapi
  13. Belut
  14. Hati sapi
  15. Daging bakar dan diasap

3. Makanan Mengandung Lemak Trans

Lemak trans adalah salah satu bagian dari lemak tak jenuh berasal dari tumbuhan dan hewan. Pada umumnya, lemak trans digunakan untuk penambah cita rasa pada suatu makanan, membuat tekstur makanan menjadi lebih lembut dan membuatnya lebih awet tahan lama.

Beberapa jenis makanan mengandung lemak trans antara lain :
  • Semua jenis es krim
  • Semua makanan yang digoreng dengan minyak tinggi kandungan kolesterol
  • Aneka jenis makanan di panggang dan dibakar
  • Biskuit
  • Popcorn

4. Makanan Dengan Kandungan Trigleserin Tinggi

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi trigleserin dapat memicu peningkatan LDL atau kolesterol jahat di dalam darah meningkat secara drastis. Jika penyakit jantung dipicu oleh penyakit lainnya seperti kolesterol, diabetes dan darah tinggi, maka penderita kondisi ini sangat berbahaya karena dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung mendadak dan stroke parah.

Berikut ini adalah makanan dengan kandungan trigleserin tinggi :
  1. Buah durian
  2. Segala jenis makanan fermentasi seperti tape
  3. Ikan asin dan santan kelapa
  4. Margarin
  5. Tauco

5. Makanan Berpengawet 

Banyak penelitian telah membuktikan akan bahaya makanan yang mengandung pengawet. Pada dasarnya pengawet pada makanan digunakan untuk mempertahankan tekstur dan cita rasa pada suatu makanan agar dapat bertahan lebih lama.

Beragam jenis pengawet makanan seringkali digunakan antara lain natrium, kalsium sorbat, butylated hydroxyanisole, tertiary butylhydroquinone dan lainnya. Pada umumnya, beberapa jenis pengawet makanan tersebut dapat kita temukanan pada makanan cepat saji, makanan dalam kemasan, camilan dan sebagainya.

Ada baiknya bagi penderita jantung tidak mengkonsumsi makanan tersebut sama sekali. Lebih baik mengkonsumsi makanan dengan cara diolah sendiri.

Selain itu, permen termasuk ke dalam makanan berpengawet. Kecuali permen terbuat dari bahan herbal seprti jahe dan sebagainya.

6. Daging Olahan

Tak ada salahnya bagi seorang penderita penyakit jantung mengkonsumsi daging.

Akan tetapi, tak semua jenis daging dapat dikonsumsi. Daging kambing, kelinci, burung dan lainnya termasuk ke dalam daftar pantangan yang tak boleh dikonsumsi sama sekali walaupun dalam jumlah sedikit. Daging sapi, bebek, ayam masih diperbolehkan.

Namun, harus diolah dengan cara yang benar dan dengan porsi cukup. Tidak digoreng dan dipanggang. Karena pengolahan semacam ini akan meningkatkan lemak jenuh pada masakan.

Sate dan sosis termasuk ke dalam pantangan pantangan makanan bagi penderita penyakit jantung

7. Minuman

Ada beberapa pantangan minuman penyakit jantung yang tak boleh dikonsumsi. Diantaranya :
  • Susu mengandung tinggi lemak
  • Alkoohol
  • Kopi
  • Minuman bersoda dan manis
  • Minunam penambah energi dalam kemasan sachet atau botol

8. Bumbu Masakan

Hampir sebagian besar bumbu masakan dalam bentuk kemasan sachet atau serbuk mengandung bahan pengawet, penambah cita rasa dan pewarna sintesis.

Beberapa diantaranya seringkali digunakan yaitu monosodium glutamat berguna untuk penyedap rasa pada suatu masakan, natrium benzoat dan natrium klorida berfungsi untuk mengawetkan bumbu dan memberikan citara asin dan sebagainya.

Padahal, senyawa kimia tersebut dapat mengendap di dalam organ tubuh seperti ginjal dan hati.

Akibatnya, jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan diantaranya gangguan sistem saraf, meningkatkan resiko terserng penyakit jantung, stroke, hipertensi, ginjal dan hati.

Tentu saja, bagi seorang penderita penyakit jantung mengkonsumsi makanan dengan campuran bumbu masakan tersebut sangat tidak dianjurkan. Ada baiknya anda membuat bumbu dapur sendiri terbuat dari bahan alami seperti bawang merah, bawang putih, merica dan sebagainya.

9. Buah - Buahan dan Sayuran

Mengkonsumsi buah dan sayuran sangat baik untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap berjalan normal. Namun, bagi seorang penderita jantung tak semuanya dapat dikonsumsi. Seperti buah yang mengandung kadar gula tinggi dan sayuran yang dapat memicu tekanan darah tinggi sangat tidak dianjurkan.

Buah dan sayuran pantangan penyakit jantung :
  1. Durian
  2. Kelengkeng
  3. Nanas
  4. Segala jenis buah dalam kemasan kaleng
  5. Asinan dan manisan
  6. Daun singkong
  7. Salad
  8. Acar
  9. Kentang goreng
  10. Sawo
Itulah beberapa daftar makanan pantangan penyakit jantung. Setidaknya ada 50 daftar makanan yang harus anda hindari. Mungkin saja lebih dari itu. Sehingga, ada baiknya anda melakukan konsultasi dengan ahli gizi dan dokter penyakit jantung untuk membuat daftar menu harian untuk dikonsumsi sehari - hari.

Sehingga, tak perlu ada rasa kuatir ketika anda mengkonsumsinya.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 9 Jenis Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Jantung

0 komentar: