Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Inilah 7 Fungsi Ginjal Pada Manusia

Bila diperhatikan, organ tubuh manusia yaitu "ginjal" sekilas mirip sekali dengan kacang merah. Beratnya pun hanya 120-170 gram dengan ukuran panjang dan lebarnya 11-12 cm dan 6 cm serta memiliki ketebalan 3,5 cm yang memiliki bobot tak kurang dari 0,4 % dari berat tubuh manusia dewasa.

Dengan mengetahui fungsi ginjal setidaknya kita dapat menghargai ginjal kita dan menjaganya dengan baik.

Namun, tahukah kita ?

Organ tubuh manusia yang terletak dibelakang perut tepatnya dibagian kanan dan kiri tulang belakang bawah hati dan ginjal memiliki fungsi yang begitu penting bagi penunjang kehidupan kita diantaranya menyaring darah yang mengandung zat-zat berbahaya yang dibawa dari proses pencernaan saat kita mengkonsumsi makanan.

7 Fungsi Ginjal:

1.  Organ Ekskresi

Fungsi ginjal sebagai alat ekskresi apa maksdunya?

Sebelum darah tersalurkan keseluruh tubuh, ia akan melewati ginjal terlebih dahulu. Segala macam zat-zat berbahaya dalam tubuh yang masuk saat kita mengkonsumsi makanan yang diproses dari sistem pencernaan.

Ginjal terdiri dari banyak bagian penting didalamnya, salah satunya adalah nefron yang berfungsi sebagai regulator air dan zat terlarut terutama elektrolit dalam tubuh dengan cara menyaring darah yang kemudian mereabsorpsi cairan dan molekul yang masih diperlukan tubuh, dan sisa cairan yang tidak dipakai ditubuh dibuang. (Wikipedia)

Pada setiap harinya, ginjal yang normal akan memproses darah kurang lebih 200 liter untuk disaring yang kemudian akan menghasilkan limbah berbentuk urine sebanyak 2 liter mengandung zat-zat sisa metabolisme yang tidak terpakai.

2. Mengendalikan Kadar Gula Dalam Darah

Hormon insulin yang dihasilkan oleh ginjal akan sangat membantu menurunkannya jika kadar gula dalam darah berlebih. hormon lainya yang dihasilkan gnjal berupa adrenalin yang berfungsi menaikan kadar gula dalam darah jika tubuh kita membutuhkannya lebih.

3. Memproduksi Hormon Glikoprotein

Hormon lainnya yang dihasilkan adalah glikoprotein yang sangat membantu dalam menjalankan tugasnya untuk merangsang pembentukan sel-sel darah merah.

4. Menjaga Stabilitas Ph Darah

Walaupun tubuh kita mendapatkan berbagai macam penambahan zat asam ataupun basa yang diperoleh melalui asupan makanan, ginjal akan berusaha mempertahankan Ph plasma darah pada angka dikisaran 7,4 pertukaran ion hidronium dan hidroksil. 

5. Mendaur Ulang Berbagai Macam Zat di Dalam Tubuh

Setiap cairan yang ada dalam tubuh berupa air, garam, asam amino dan glukosa yang sudah diolah oleh tubuh akan kembali ke ginjal dengan tujuan memproses ulang zat tersebut apakah masih berguna atau tidak, jika tidak maka akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. 

6. Memproduksi Zat dan Hormon Tertentu

Adapun zat atau hormon yang dihasilkan antara lain eritropoietin, kalsitriol, dan renin yang berfungsi sebagai merangsangsang proses pembentukan sel darah merah, membentuk vitamin D, menjaga keseimbangan kimia darah didalam tubuh.

7. Menjaga Produksi Sel Darah Merah

Ginjal memiliki fungsi untuk merangsang pembentukan sel darah merah pada sumsum tulang belakang karena organ ini memproduksi hormon eritropoietin. 

Agar benar-benar memastikan funsgi ginjal yang kita miliki apakah bekerja dengan baik dan masih  dalam kondisi yang sehat, ada baiknya dalam jangka waktu tertentu kita melakukan tes kesehatan ginjal dengan melakukan cek urine, uji laboratorium darah dan selalu memperhatikan kesehatan ginjal.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Inilah 7 Fungsi Ginjal Pada Manusia

0 komentar: