Gejala penyakit merupakan media kesehatan online terpecaya di Indonesia yang memberikan informasi tentang penyakit dan obatnya serta tips kesehatan.


Daftar Nama Obat Sakit Jantung Diapotik Disertai Fungsinya

Merasakan nyeri pada bagian dada sebelah kiri, sering sesak nafas, kelelahan fisik walaupun melakukan aktivitas ringan, ritme jantung berdebar dan keringat dingin setelah berolahraga adalah diantara beberapa gejala awal penyakit jantung.

Jika menemukan beberapa gejala tersebut pada diri anda, maka ada baiknya segera melakukan konsultasi khusus dengan dokter penyakit dalam untuk mendapatkan penanganan secara intensif guna mencegah resiko serangan jantung mendadak dikemudian hari.

Untuk mengurangi tingkat keparahan penyakit, biasanya dokter jantung akan memberikan resep obat sakit jantung berfungsi untuk meredakan nyeri, menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi, melebarkan pembuluh darah, mencegah penggumpan darah dan sebagainya.

Pemberikan obat sakit jantung tergantung dari kondisi penderita penyakit jantung.

Jika disebabkan karena tekanan darah tinggi, maka dokter pun akan memberikan resep obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Berikut ini adalah informasi tentang nama obat sakit jantung di apotik.

Bagi penderita, selama ini mungkin saja hanya sekedar mengkonsumsinya tanpa mengetahui fungsinya. Dengan adanya artikel ini, semoga informasi terkait dengan nama obat sakit jantung di bawah ini dapat memberikan manfaat bagi anda.

9 Jenis Obat Sakit Jantung:

1. Captopril

Obat ini bekerja untuk menurunkan produksi hormon agiotonsin bertujuan untuk membuat dinding pembuluh darah menjadi rileks, meningkatkan suplai darah dan oksigen ke jantung sehingga tekanan darah menjadi turun. Untuk menggunakan obat ini wajib menggunakan resep dokter.

2. Nitroglycerin atau Glyceryl Trinitrate

Fungsi dari obat ini adalah untuk melebarkan pembuluh darah khususnya arteri koroner yang sekaligus meredakan nyeri dada. Obat ini biasa juga diberikan untuk mengurangi serangan angina pektoris (ketidaknyamanan dada akibat penyumbatan pada pemburluh darah arteri koroner) dalam beberapa menit.

3. Digoxin

Nama digoxin diambil dari daun tumbuhan digitalis - cari digoogle wujudnya - berfungsi untuk memperkuat kinerja jantung. Obat ini juga digunakan untuk mengatasi masalah ritme jantung dan masalaah gagal jantung kongestif dengan tujuan guna membantu memperlancar sikulasi peredaran darah.

Obat ini biasanya untuk mengatasi aritmia dengan tujuan untuk memperlambat detak jantung hingga kembali normal.

4. Ace Inhibitor

Obat sakit jantung jenis ini bertujuan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko pembengkakan jantung. Pada umumnya, ace inhibitor atau lisinopril akan diberikan kepada penderita penyakit jantung disebabkan darah tinggi.

5. Isosorbide Dinitrate

Tujuan pemberian obat ini yaitu untuk melebarkan pembuluh darah akibat dari penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah jantung. Sehingga, rasa nyeri dapat berkurang dan distribusi aliran darah ke seluruh tubuh dapat kembali normal.

6. Antiplatelet

Yang termasuk ke dalam jenis obat antiplatelet yaitu asam aspilets. Tujuan pemberian obat ini yaitu untuk mencegah berikumpulnya partikel kecil dalam darah. Sehingga resiko pembekuan darah atau pengentalan darah dapat dihindari dan aliran darah kembali normal.

Akan tetapi jika penderita mengalami gangguan pencernaan seperti maag dan gangguan pernafasan seperti asma, maka pemberian obat asam aspilets akan dipertimbangkan.

7. Amiodarone

Reaksi obat ini dapat memblokir sinyal listrik tertentu pada otot jantung, sehingga irama jantung akan kembali normal dan detak jantung dapat kembali stabil.

Perlu kami ingatkan, beberapa jenis obat jantung diatas termasuk dalam katagori obat keras yaitu harus dengan petunjuk dan resep dokter. 

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Daftar Nama Obat Sakit Jantung Diapotik Disertai Fungsinya

0 komentar: