Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.


Fakta Ilmiah 30+ Manfaat Daun Sirih Merah dan Efek Sampingnya

Mungkin anda atau sebagian besar dari kebanyakan orang telah mengetahui manfaat daun sirih merah untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Misalnya saja untuk mengobati batuk, menguatkan gigi agar tidak mudah keropos dan sebagainya. Apalagi bagi seorang wanita, tentu saja khasiat sirih merah sudah tak asing lagi baginya, yaitu untuk menghilangkan keputihan, mengatasi bau tak sedap pada organ kewanitaan dan sebagainya. Namun, sudah tahukah anda tentang beragam manfaat tumbuhan sirih merah lainnya bagi kesehatan tubuh kita ? Sudahkah anda mengetahui zat atau senyawa apa saja terkandung di dalam daun sirih merah ? Adakah efek samping jika digunakan terlalu sering ?

Jika anda belum mengetahuinya, semoga artikel ini dapat menjawab semua pertanyaan tersebut. Akan tetapi, izinkan kami sebelumnya untuk membahas tentang asal usul sirih merah, khasiatnya hingga ke cara pengolahannya untuk digunakan sebagai obat tradisional.

Bernama latin Peper crocatum atau lebih kita kenal dengan nama sirih merah merupakan salah satu jenis tumbuhan merambat yang banyak tumbuh di wilayah tropis terutama di daerah Sulawesi negara Indonesia. Tumbuhan ini sejenis dengan sirih berdaun hijau, letak perbedaannya adalah terdapat pada warna daun yakni berwarna merah tua keperakan bercampur kehijauan dan daunnya tampak mengkilap, berlendir jika disobek serta memiliki aroma lebih wangi daripada sirih berdaun hijau.

Bagi masyarakat Jawa terutama di Keraton Yogyakarta, pemanfaatan sirih merah telah dijadikan sebagai tumbuhan obat sejak dari dahulu untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti mengobati wasir, sebagai obat kumur dan mengatasi keputihan. Selain itu, tanaman ini juga memiliki nilai spiritual tinggi dan menjadi bagian penting yang harus disediakan dalam upacara adat ngadi saliro. Terkadang, tanaman ini juga kerapkali dijadikan sebagai tanaman penghias perkarangan rumah karena memiliki warna daunnya begitu cantik dan mengkilap.

Khasiat dan Kandungan Daun Sirih Merah

Berdasarkan hasil penelitian secara kromatografi yang dilakukan oleh Andayana Puspitasari, Apt seorang apoteker dari Biologi Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta,  menemukan kandungan sirih merah terdiri dari senyawa fitokimia alami berupa flavonoid, alkaloid, polifenolat, steroid, terpenoid, tanin dan beberapa komponen minyak atsiri.

Untuk mengetahui khasiat sirih merah untuk kesehatan dan kecantkan, bacalah artikel ini lebih lanjut. Disertai penjelasan ilmiah !
Gambar daun sirih merah dan khasiatnya
 Beberapa senyawa kimia alami tersebut telah teruji secara klinis dan memberikan khasiat untuk menumpas segala macam penyakit akut hingga kronis sekalipun. Adapun khasiat dari beberapa senyawa tersebut antara lain :
  • Flavonoid
  • Merupakan senyawa fenol yang dapat menimbulkan denaturasi protein pada tubuh bakteri. Selain itu, senyawa fitokimia ini pula dapat mengganggu sistem metabolisme dan membran sel bakteri. Sehingga, tidak akan mungkin bagi bakteri untuk berkembang luas dan pada akhirnya bakteri akan mengalami kematian. Dalam dunia kedokteran, kandungan senyawa flavonoid pada sirih merah seringkali dijadikan sebagai bahan baku obat untuk membuat aspirin, antiseptik seperti sabun, lotion dan obat antibiotik anti bakteri. Uji praklinis yang dilakukan oleh Balittro (Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik kota Bogor, membuktikan bahwa senyawa saponin sangat baik untuk menetralkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, senyawa ini pula mengandung zat antioksidan, antiinflamasi, antikanker dan antiseptik. 
  • Saponin dan Tanin
  • Kedua senyawa ini juga memiliki peran aktif sebagai zat antibakteri yang dapat meracuni membran sel atau dinding sel bakteri, menghambat sintesis protein dinding sel bakteri dan merusak asam nukleat sel bakteri. Sehingga, menggangu permeabilitas sel bakteri itu sendiri. Akibatnya, aktivitas pertumbuhan sel bakteri akan terhambat, bahkan lambat laun akan mengalami lisis atau suatu kondisi kerusakan membran sel dan menyebabkan keluarnya organel sel. Saponin dan tanin juga dikenal dengan senyawa anti microba untuk melawan bakteri, kuman dan virus.

  • Alkaloid
  • Senyawa ini paling banyak ditemukan pada bagian daun. Memiliki aktivitas hipoglikemik atau dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan sebagai senyawa fitokimia anti bakteri. Kemampuan dalam melawan bakteri dengan cara mengganggu komponen stuktur peptidoglikan pada sel bakteri, sehingga lapisan membran sel tidak akan terbentuk secara sempurna dan pada akhirnya menjadi penyebab kematian bakteri itu sendiri.

  • Minyak Atsiri
  • Senyawa fitokimia ini memiliki aroma begitu wangi, namun mudah menguap jika berada ditempat terbuka. Senyawa ini akan tercium ketika kita merobek, meremas ataupun merebus daun sirih merah. Minyak atsiri pada sirih merah memiliki ragam turunan antara lain karvakol,  estragol, eugenol, karbakrol, kavibetol, metileugenol, seskuiterpen, terpen, tanin, dan fenilpropan.

    Hampir sebagian besar komponen terbanyak dari minyak atsiri terdiri dari senyawa karvakol, merupakan senyawa yang berperan aktif dalam memberikan aroma bau khas pada tumbuhan sirih. Dalam dunia kesehatan, minyak atsiri terdiri dari Karvakol memberikan manfaat sebagai senyawa desinfektan dan antijamur serta Eugenol bermanfaat sebagai obat alami pereda nyeri atau analgesik. Sehingga, melalui proses pemisahan minyak atsiri seringkali dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat obat - obatan kimia.
Selain beberapa kandungan senyawa kimia di atas, dalam setiap 100 gram daun sirih merah juga terdiri dari beberapa zat lainnya seperti kadar air (85,4 gram), karbohidrat (6,1 gram), protein (3,1 gram), serat (2,3 gram), mineral (2,3 gram), asam nikotianat (0,7 mgram), zat besi (3,5 gram), lemak (0.8 gram), kalsium (230 mgram), fosfor (40 mgram), karoten (dalam bentuk vitamin 6A) 9600 IU, riboflavin (30 ug), tiamin (70 ug), dan vitamin C (5 mgram)

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bicara soal khasiat daun sirih merah, secara garis besar sudah kami paparkan di atas berdasarkan kandungan senyawa fitokimia di dalamnya. Kemudian penjelasan di bawah ini kami sampaikan secara spesifik tentang khasiatnya. Berikut adalah ulasannya.


Dalam sebuah buku berjudul "Reviews of Natural Product and PlantsAs Potensial Antidiabetic Dr*gs" oleh Ivorra M.D, Paya M dan Villar A, senyawa aktif alkaloid memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh manusia yaitu memberikan efek hiperglikemik atau mampu untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan zat penghambat pertumbuhan sel - sel kanker. Sedangkan, senyawa flavonoid dapat difungsikan sebagai zat antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam darah, sebagai senyawa antibakteri, antikanker, antiseptik dan anti inflamasi (peradangan).

Manfaat daun sirih merah bagi kesehatan juga seringkali digunakan untuk menghentikan pendarahan sesaat pada seorang yang mengalami pendarahan dihidung (mimisan) dengan cara menyumbatkan beberapa helai daun sirih ke bagian hidung. Selain itu, digunakan pula untuk menguatkan enamel gigi untuk mencegah pengeroposan gigi dan menghambat perkembangan bakteri di dalam mulut. Cara ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Jawa dalam tradisi budaya nyireh atau nyirih, terutama bagi mereka yang sudah menginjak usia lanjut.

Kemudian, bagi masyarakat suku Madura Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep, memanfaatkan  sirih merah sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit jantung. Dengan cara mencampur 3 lembar daun sirih merah bersamaan dengan 3 siung bawang merah, 1 sendok teh jinten putih dan 14 biji kemukus. Ramuan ini kemudian tumbuk hingga halus dan dicampur dengan 5 sendok makan air, selanjutnya disaring. Ramuan ini diminum oleh penderita jantung dengan dosis minum sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin.

Ramuan Tradisional Dari Daun Sirih Merah

Pada umumnya, khasiat daun sirih merah untuk kesehatan dan kecantikan dimanfaatkan dengan cara merebusnya. Kemudian air rebusan tersebut diminum oleh si penderita atau digunakan untuk pengobatan luar seperti mengatasi keputihan, mengobati beragam penyakit kulit, termasuk menghentikan infeksi pada luka diabetes, menghilangkan jerawat dan sebagainya.

Kemudian, anda dapat membuat ramuan herbal untuk mengatasi beragam penyakit lainnya dengan mengikuti petunjuk di bawah ini :
  • Daun Sirih Merah Bermanfaat Bagi Penyembuhan Ambeien (Penyakit Wasir)
  • Tata cara pengolahannya dengan menyediakan 10 lembar daun sirih merah, ¼ ruas kunyit dan 1 ons buah asam jawa. Ketiga bahan ini kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Kurang lebih selama 20 menit dengan api sedang. Minum ramuan ini cukup diwaktu pagi hari atau malam hari sebelum tidur sesudah makan hingga wasir sembuh dengan dosis penggunaan 2 sendok makan sekali minum seminggu 3 kali.

  • Mengobati Batuk Rejan
  • Untuk membuat ramuan herbalnya, langkah pertama siapkan sebanyak 7 lembar daun sirih merah dan 1 butir gula batu. Selanjutnya direbus dengan 1 gelas air hingga mendidih dan menyisakan ½ gelas saja. Minumlah ramuan herbal ini sebanyak 2 kali pagi dan malam hari, dengan dosis penggunaan 1 sendok makan setiap kali minum seminggu 3 kali.

  • Pengobatan Penyakit Disentri
  • Proses membuat ramuan herbal untuk mengobati disentri sangatlah mudah. Sediakan terlebih dahulu 3 lembar daun sirih dan 1/4 sendok teh gambir. Tumbuk halus keduanya, selanjutnya seduh dengan air hangat dan aduk merata. Dosis penggunaan, minumlah ramuan ini sebanyak 1 sendok makan di waktu pagi, siang dan malam hari hingga disentri sembuh setiap harinya.

  • Mengobati Bronkitis (Infeksi Saluran Pernafasan)
  • Sediakan 7 lembar daun sirih merah, 1 butir gula batu dan 2 gelas air bersih. Rebus ketiga bahan ini hingga mendidih dan tampak menyusut. Dosis yang digunakan adalah 3 sendok makan di waktu (pagi, siang dan malam). Gunakan dalam 1 minggu 4 kali pemakaian.

  • Mengobati Hipertensi, Diabetes, Menghilangkan Bau Badan, Radang Amandel, Penyakit Asam Urat, Gangguan Pencernaan dan Radang Prostat
  • Pertama - tama, siapkan terlebih dahulu 6 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci bersih dan madu murni. Rebus hanya daunnya saja dengan 2 gelas air hingga mendidih dan menyusut. Tunggu hingga dingin. Kemudian, minum ramuan herbal ini dengan dosis pemakaian sebanyak 2 sendok makan diwaktu pagi, siang dan malam hari. Bersamaan dengan itu, serta 1 sendok makan madu murni untuk setiap kali minum. Lakukan cara ini hingga sembuh.

  • Menghilangkan Bau Mulut, sariawan dan Mencegah Pengeroposan Gigi
  • Cara pemakaiannya dapat dikunyah langsung, namun jangan ditelan. Setelahnya, kumur - kumur dengan air matang. Jika anda tidak menyukainya, dapat merebus 4 lembar daun sirih merah dengan 4 gelas air hingga mendidih. Tunggu hingga dingin. Gunakan air rebusan ini untuk kumur - kumur di waktu pagi hari dan menjelang tidur setelah menggosok gigi.

    Selain itu, ketahui penyebab bau mulut anda, darimana kah bau tersebut berasal. Jika dari gigi berlubang, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk dilakukan penambalan atau pencabutan gigi. Ketahuilah, masalah bau mulut tidak akan hilang jika penyebab utamanya belum hilang.

  • Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat, Noda Hitam di Wajah, Menghilangkan Jerawat, Membersihkan Komedo dan Mengatasi Kulit Berminyak
  • Ada dua cara yang dapat anda gunakan. Petama, anda dapat membuat masker wajah dari sirih merah dengan melumatkan daun hingga halus. Kemudian, tempelkan pada daerah wajah selama kurang lebih 25 menit. Kedua, gunakan air rebusan daun sirih merah untuk mencuci wajah. Pastikan air rebusan telah dingin. Sebaiknya lakukan cara ini diwaktu malam hari.

  • Mengatasi Keputihan dan Infeksi Jamur Kulit
  • Sediakan 10 lembar daun sirih merah segar dan 2 liter air bersih. Rebus hingga mendidih. Tunggulah hingga dingin. Gunakan air rebusan ini diwaktu pagi hari saja untuk membasuh daerah kewanitaan anda dengan dosis penggunaan 2 kali dalam seminggu. Kemudian, keringkan daerah kewanitaan anda dengan handuk lembut dan bersih dari bakteri, kuman ataupun virus. Jangan gunakan tisu atau kapas !

  • Mengobati Ragam Penyakit Kulit dan Luka Diabetes
  • Penggunaannya cukup dengan menumbuk halus bagian daun secukupnya hingga halus. Tambahkan 1 gelas air matang. Aduk rata, kemudian peras dan saring untuk mengambil sarinya. Bersihkan terlebih dahulu daerah luka dengan air hangat dengan kapas. Oleskan air perasan tadi ke daerah luka diabetes atau ke daerah penyakit kulit lainnya seperti panu, kadas, kudis dan sebagainya dengan kapas lembut hingga merata. Ulangi cara ini di waktu pagi, siang dan malam hari.

Efek Samping Daun Sirih Merah

Jika anda membaca secara cermat, setidaknya anda akan menemukan 30+ manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan. Pastikan pula anda mengkonsumsinya sesuai aturan seperti apa yang telah kami tuliskan atau merujuk kepada arahan dari seorang ahli herbal atau seorang apoteker. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek samping daun sirih merah bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi tidak sesuai aturan. Apa saja dampaknya bagi tubuh kita ? Berikut ulasannya :

Terkadang, penggunaan tanpa dosis yang tepat seperti untuk mengobati penyakit luar dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Hal ini patut anda perhatikan, khususnya bagi seorang wanita. Penggunaan air rebusan daun sirih untuk organ kewanitaan memanglah berkhasiat untuk mengatasi keputihan, bau tak sedap dan sebagainya. Namun, jika penggunaannya tidak sesuai anjuran, maka akan menimbulkan iritasi dan justeru akan menimbulkan perkembangan bakteri lebih meningkat dari sebelumnya. Namun, anda jangan terlalu kuatir. Penggunaan dosis sesuai anjuran tidak akan menimbulkan efek samping apapun. 

Selain itu, efek samping sirih merah lainnya juga dapat memberikan dampak buruk bagi ibu hamil dan menyusui. Bagi ibu menyusui dapat mengurangi produksi ASI, sehingga ketika si anak belum memasuki masa MPASI, maka si ibu tidak dianjurkan untuk meminum rebusan air daun sirih. Sedangkan, bahaya efek samping bagi ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan tumbuh kembang janin dan akan menimbulkan kelainan bawaan pada janin. Apa yang kami katakan ini senada dengan yang dikatakan oleh dr. Alyssa Diandra dimuat dalam situs alodokter yang dapat anda baca disini.

Semoga, dengan adanya artikel ini dapat memberikan wawasan bagi anda semua tentang manfaat daun sirih merah, kandungan di dalamnya, cara pengolahannya untuk dijadikan obat tradisional , dosis penggunaan hingga bahaya efek samping yang ditimbulkan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : Fakta Ilmiah 30+ Manfaat Daun Sirih Merah dan Efek Sampingnya

0 komentar: