Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

110+ Pantangan Asam Urat Rendah, Sedang dan Tinggi Purin

Setelah mengetahui bahaya asam urat tinggi yang pernah kami tulis dalam artikel sebelumnya pada tautan tesebut, langkah selanjutnya mesti dilakukan oleh seorang penderita adalah segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis secara intensif seperti dilakukannya pengecekan kadar asam urat dalam darah, pemberian obat dan sebagainya. Selain itu, seorang penderita juga mesti mengetahui daftar makanan pantangan asam urat dengan katagori rendah, sedang dan tinggi purin. Pengetahuan ini sangat penting sekali untuk diketahui oleh si penderita dengan tujuan untuk meminimalisir atau menghindari resiko penyakit yang dapat berkembang semakin parah seperti terjadinya komplikasi asam urat.

Perlu kita ketahui terlebih dahulu, purin adalah zat alami yang dapat kita temukan pada sel tumbuhan, hewan dan manusia. Purin itu sendiri termasuk ke dalam golongan nukleoprotein merupakan salah satu elemen penting berupa unsur protein yang ada dalam struktur rantai DNA dan RNA. Pada dasarnya disetiap tubuh kita tidak dapat lepas dari kandungan zat purin. Karena tubuh manusia secara alami memproduksi zat purin.

Dalam sebuah buku berjudul "Herbal Sakti Atasi Asam Urat" oleh Neti Suriana, bahwa hampir 85% dari kebutuhan purin dalam tubuh manusia diproduksi sendiri secara alami. Sementara 15% kekurangannya dapat diperoleh dari luar tubuh yaitu berasal dari makanan yang kita konsumsi. Jika asupan purin dari makanan terlalu tinggi, maka akan terjadi penumpukan purin dalam tubuh. Pada akhirnya dapat menimbulkan terjadinya kondisi hiperurisemia.

Fungsi Asam Urat Bagi Tubuh Ternyata Di Luar Dugaan

Kaitannya purin dengan asam urat sangatlah erat. Sebab asam urat merupakan hasil akhir dari proses metabolisme dan katabolisme (pemecahan / penguraian) dalam tubuh dari suatu zat bernama purin. Sehingga, dapat dipastikan bahwa setiap orang memiliki asam urat yang mengalir bersama darah dalam setiap pembuluh darah. Dalam jumlah normal, asam urat sangat berperan penting dalam menunjang proses regenerasi sel - sel yang rusak dan digunakan oleh tubuh sebagai zat antioksidan alami untuk melawan radikal bebas dalam tubuh manusia. Namun, ketika jumlahnya melebihi batasan normal, maka asam urat dapat menjadi zat perusak yang dapat memecah belah keutuhan struktur sel, jaringan dan organ tubuh.

Dilengkapi dengan tabel ! Daftar makanan pantangan asam urat rendah, sedang dan tinggi purin ini dapat menjadi acuan untuk digunakan oleh penderita asam urat.

Dikarenakan asam urat dihasilkan dari proses katabolisme purin, itu bearti produksi asam urat sangat bergantung dari keberadaan jumlah purin di dalam tubuh. Semakin banyak kandungan purin, maka secara otomatis kadar asam urat dalam darah akan semakin meningkat. Kondisi seperti inilah yang harus dihindari oleh si penderita dengan cara melakukan diet rendah purin.

Sebagai langkah kongkrit untuk mencegah dan menjaga agar kadar asam urat dalam tubuh tetap terkontrol pada level batas aman serta upaya untuk mempercepat proses penyembuhan, sebaiknya kita yang masih sehat atau si penderita harus benar - benar memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk menunjang tindakan tersebut, tabel daftar pantangan asam urat berkatagori rendah, sedang dan tinggi purin yang kami bagikan di bawah ini dapat anda jadikan sebagai acuan untuk digunakan dalam mengontrol asupan gizi seimbang setiap harinya. Dengan memperhatikan apa saja makanan yang dikonsumsi, berharap dikemudian hari tidak adalagi ketakutan akan bahaya penyakit asam urat.

Bahan Makanan Pantangan Asam Urat Berkadar Purin Tinggi

Sebagian besar makanan yang termasuk dalam katagori ini adalah makanan dengan citarasa sangat lezat dan menggiurkan untuk dinikmati. Bahan makanan ini digolongkan ke dalam makanan yang mengandung kadar purin tinggi dengan kadar di atas 140 mg / 100 gram. Makanan ini jika dikonsumsi sangat berpotensi tinggi meningkatkan kadar asam urat dalam darah dalam hitungan menit. Untuk itu, bagi si penderita sebaiknya daftar makanan ini dapat dihindari. Apa saja ? Simak dan perhatikan tabel berikut ini :


Jika melihat tabel di atas, setidaknya ada 75 daftar makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Mungkin dapat lebih dari itu karena keterbatasan kami dalam mencatatnya. Makanan yang tercantum dalam tabel di atas, termasuk dalam katagori zona merah. Namun, bukan bearti anda tak perboleh sama sekali untuk mengkonsumsinya. Bagi si penderita, masih diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan tersebut dengan catatan, perharinya jangan sampai melebihi batas 60 mg.

Itu artinya, jika si penderita ingin mengkonsumsi hati sapi, padahal hati sapi memiliki kandungan asam urat sebesar 554 mg/100 gram, berdasarkan catatan jika tidak boleh melebihi batas 60 mg itu artinya si penderita hanya boleh mengkonsumsi hati sapi sebanyak 10 gram saja perhari (tidak berlaku untuk perhitungan akumulasi). Kenapa angka ini begitu kecil, mengingat masih ada daftar menu makanan lainnya yang belum terhitung.

Berdasarkan tabel di atas dapat pula kita perhatikan, ternyata jika dibandingkan dengan emping melinjo, daun melinjo memiliki kadar purin jauh lebih tinggi. Walaupun demikian, keduanya tetap harus diwaspadai mengingat masakan dan camilan ini begitu populer di kalangan masyarakat. Tetapi uniknya, kulit buah melinjo justeru dapat menjadi penangkal untuk menurunkan asam urat.

Bahan Makanan Pantangan Asam Urat Berkadar Purin Sedang

Makanan apa saja yang termasuk dalam golongan ini ? yaitu makanan yang mengandung kadar purin pada rentang 110 - 139 mg / 100 gram. Walaupun masuk ke dalam katagori sedang, tetap saja mengkonsumsinya harus dihindari atau dikurangi bagi penderita asam urat.

Beberapa makanan di atas termasuk ke dalam katagori sedang. Disisi lainnya, beberapa makanan tersebut masih dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi angka kecukupan gizi. Misalnya saja cumi - cumi, lobster dan daging sapi. Dalam hal gizi, cumi - cumi sangat baik untuk membantu menurunkan resiko terjadinya penyempitan pembuluh darah di jantung berkat adanya kandungan asam lemak tak jenuh. Sehingga, dalam jumlah terbatas masih dapat dikonsumsi bersamaan dengan makanan berkadar purin rendah.

Begitu juga hal nya dengan lobster dan daging sapi, keduanya memiliki kebutuhan gizi yang diperlukan bagi tubuh. Misalnya saja pada lobster yang memiliki kandungan protein, lemak dan mineral sangat tinggi. Nutrisi ini sangat diperlukan untuk menjaga sistem pertumbuhan bagi tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Sedangkan daging sapi mengandung nutrisi berupa vitamin B kompleks, protein hewani, selenium, zat besi dan lemak yang dapat dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, meingkatkan sel darah merah dan sebagainya. Walaupun memiliki manfaatnya sedemikian, tetap saja jumlahnya harus dikontrol jika ingin mengkonsumsinya.

Bahan Makanan Pantangan Asam Urat Berkadar Purin Rendah

Makanan yang masuk ke dalam katagori ini cenderung aman untuk dikonsumsi karena mengandung rendah purin yaitu 0 - 109 mg / 100 gram. Namun jika diperhatikan, ikan cod, tahu, steak daging rebus, sosis dan kulit ayam memiliki kandungan purin di atas 100 mg / 100 gram. Sebagai gambaran, apabila si penderita mengkonsumsi sosis sebanyak 200 gram perhari, itu bearti ia telah memasok purin ke dalam tubuhnya sebesar 208 mg. Angka ini sudah masuk dalam katagori makanan berkadar purin sedang. Untuk itu, memperhatikan kuantitas setiap makanan yang dikonsumsi patut digaris bawahi. Selengkapnya anda dapat memperhatikan tabel di bawah ini :


Buah pantangan asam urat meliputi advokad dan durian, selain itu dapat dikonsumsi seperti blewah, jambu air, jambu biji, semangka, nanas, melon, belimbing dan sebagainya. Jamur, kangkung, bayam, daun melinjo, kacang - kacang, asparagus, daun singkongn daun pepaya, kembang kol, kapri, tahu, tempe, buncis adalah jenis sayur - sayuran yang dilarang untuk asam urat karena mengandung kadar purin tinggi dan sedang. Untuk menghindari resiko terjadinya hiperurisemia, sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut terlalu sering. Cobalah mengkonsumsi sayuran yang boleh dimakan oleh penderita asam urat seperti labu kuning, sawi putih, mentimun, terong bewarna ungu, kentang, wortel, tomat, beras merah, lobak dan brokoli

Sedangkan, ikan yang baik untuk penderita asam urat antara lain belut, ikan kakap merah, ikan krisi, ikan sole, ikan litipia, ikan sembilang, ikan pike perch dan ikan carp.

Batasan Asupan Purin per Hari Untuk Penderita Asam Urat 

Setelah melihat ratusan daftar pantangan asam urat di atas, lantas berapa gram perharinya dalam batas ukuran normal yang dibutuhkan bagi tubuh ? Kebanyakan orang mengatakan, jangan mengkonsumsi makanan itu nanti asam uratnya naik atau boleh dikonsumsi tetapi jangan sampai berlebihan". Sebuah pernyataan yang ambigu jika demikian ! kata banyak, dibatasi, jangan berlebihan, sebenarnya seberapa banyak asupan purin bagi si penderita untuk dikonsumsi ? 100 mg perhari kah, 200 mg per hari kah ?

Jangan sampai anda berfikir karena makan ini dilarang makan itu dilarang akhirnya tidak sama sekali mengkonsumsi makanan tersebut. Akibatnya angka kecukupan gizi yang diperlukan oleh tubuh tidak terpenuhi.  Menurut ahli gizi FKUI, Dr. Luciana B Sutanto, MS.SpGK, jumlah asupan purin per hari bagi penderita asam urat tidak lebih dari 100 - 150 mg per hari. Sedangkan diet normal bagi yang sehat dapat mengkonsumsi jumlah purin sebanyak 600 - 1.000 mg per hari.

Mengingat hal tersebut bagi si penderita penting sekali untuk melakukan diet. namun harus memperhatikan angka kecukupan gizi sebagai berikut :

Vitamin A
8.642 SI
Kalori
1.850 kalori
Vitamin C
170 mg
Karbohidrat
338 gram
Purin
100 -150 mg
Protein
51 gram
Lemak
32 gram
Zat Besi
15,9 gram
Tiamin
0,8 mg
Kalsium
0,3 gram

Catatan : Khusus untuk penderita dengan berat badan normal

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memenuhi pola makan sehata adalah sebagai berikut :
  • Minum air putih sesuai aturan
  • Sebaiknya menghindari makanan berkadar purin tinggi
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkoh*l dan merok*k
  • Makanlah secara teratur dan hentikan kebiasan menunda
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung potasium seperti buah pisang
  • Memperbanyak mengkonsumsi buah terutama mengandung banyak cairan dan sayur sebagai asupan mineral dan vitamin bagi tubuh
  • Gunakan bahan makanan alami aman bagi tubuh
  • Hindari atau jangan mengkonsumsi makanan dan minuman cepat saji seperti ikan kaleng, mie instan, softdrink dan sebagainya
Bukan bearti anda tidak boleh mengkonsumsi makanan pantangan asam urat sama sekali. Diperbolehkan, hanya saja tidak melebihi batas kewajaran. Walaupun diperbolehkan, selebihnya anda harus berhati - hati jika penyakit anda derita bukan hanya penyakit asam urat saja. Jika ada penyakit lainnya seperti jantung kononer, hepatitis, kanker dan sebagainya yang termasuk ke dalam penyakit berat, maka dalam kondisi tersebut ada beberapa makanan yang tidak diperbolehkan dikonsumsi sama sekali walaupun dalam jumlah sedikit. Misalnya saja seperti kerang dan udang tidak diperbolehkan bagi penderita kanker.

Untuk lebih jelasnya terkait hal tersebut jika anda mengindap penyakit lain selain radang persendian disertai mengidap penyakit serius, konsultasikanlah ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak diperbolehkan bagi anda untuk dikonsumsi.

Jika anda membutuhkan data berupa tabel daftar pantangan asam urat dalam bentuk file doc seperti di atas untuk dijadikan sebagai referensi dalam menulis karya ilmiah, hubungi kami melalui laman contact us. (Neisya)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 110+ Pantangan Asam Urat Rendah, Sedang dan Tinggi Purin

0 komentar: