Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

10+ Obat Herbal Asam Urat Terbaik Buatan Sendiri 100% Aman !

Pada kebanyakan kasus, penyakit asam urat memang bukanlah suatu jenis penyakit yang dapat merenggut jiwa seseorang. Namun, ditemukan pada sebagian kecil diantara penderitanya telah mengalami berbagai komplikasi asam urat seperti penyakit batu ginjal, jantung koroner, tophi (pembengkakan sendi akibat dari penumpukan kristal asam urat) dan berbagai resiko negatif terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi akibat asam urat tinggi berkepanjangan tanpa pengobatan bukan hanya akan menimbulkan rasa sakit di daerah persendian saja, tetapi efek negatifnya lebih dari itu.

Mengingat besarnya dampak negatif yang ditimbulkan oleh kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, maka perlu dilakukan tindakan pertolongan pertama pada penderita asam urat sedini mungkin untuk menghindari resiko tersebut dikemudian hari. Karena, jika penyakit asam urat masih dalam level tingkatan asimtomatik (tahapan awal terjadinya peningkatan kadar asam urat dalam darah) dan level tingkatan interkritikal (masa jeda penyakit namun kadar asam urat tetap tinggi), masih memiliki peluang besar untuk dapat sembuh secara total serta kemungkinan besar akan terhindar dari komplikasi bahaya asma urat.

Ternyata obat herbal asam urat tinggi selama ini ada sekeliling kita, namun jarang kita ketahui. Ikuti petunjuk cara membuat ramuan untuk mengobati asam urat di sini !

Sering menjadi bahan pertanyaan, bagaimana cara kita untuk mengetahui bahwa kadar asam urat dalam darah sudah melewati ambang batas normal ? dan ketika kita telah mengetahuinya, apa yang harus kita lakukan ? Sehingga, kita dapat melakukan pertolongan pertama secepat mungkin. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan, diantaranya sebagai berikut :
  1. Lakukan pengecekan kadar asam urat normal wanita dan pria terlebih dahulu. Terkait dengan ambang batas normal asam urat dapat anda ketahui dengan membaca artikel lanjutan pada tautan tersebut yang telah kami ulas secara lengkap

  2. Selanjutnya lakukan diet asam urat jika melebihi batas normal dengan cara menghindari makanan pantangan asam urat berkadar purin sedang dan tinggi. Namun, hindari diet terlalu ketat. Pastian asupan nutrisi bagi tubuh tetap terpenuhi

  3. Untuk mengurangi efek negatif yang ditimbulkannya, perbanyak minum air putih sesuai aturan adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit gangguan ginjal seperti batu ginjal, gagal ginja dan sejenisnya

  4. Mengkonsumsi obat herbal asam urat adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan penyakit ini dari tubuh kita
Dan yang tak kalah penting adalah dengan memantau kondisi kesehatan anda secara berkala dengan cara melakukan pengecekan rutin di puskesmas atau rumah sakit terdekat tempat tinggal anda.

Pengobatan Asam Urat Tradisional

Di masa kini, mengobati asam urat dengan herbal telah menjadi alternatif lain daripada harus mengkonsumsi obat - obatan kimia yang pada umumnya jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh. Namun, bukan bearti ketika kita telah memilih obat herbal sebagai alternafif untuk menyembuhkan asam urat, kemudian kita akan terhindar dari terhindar dari resiko dan efek samping yang ditimbulkannya.

Tetap saja, semua jenis obat memiliki resikonya bagi kesehatan. Namun, penggunaan obat herbal asam urat memiliki resiko lebih kecil. Efek samping yang ditimbulkan jarang sekali menimbulkan komplikasi ataupun kerusakan jaringan tubuh. Walaupun demikian, penyiapan bahan - bahan, tata cara pengolahan hingga ke tahapan penyajian obat herbal harus sesuai dengan prosedural dan harus dikonsumsi sesuai aturan

Beberapa daftar obat herbal asam urat di bawah ini dapat anda racik sendiri di rumah. Apakah ini aman di konsumsi ? aman 100% jika digunakan sesuai dengan petunjuk dan tatacara pengolahan. Anda dapat memilih salah satunya saja sesuai dengan bahan - bahan yang mudah didapatkan.

# 1. Menggunakan Jeruk Nipis

Anda pastinya sudah tak akan asing lagi dengan nama buah yang satu ini. Jeruk nipis biasa kerapkali hadir dan dijadikan sebagai pelengkap penambah cita rasa asam pada suatu masakan seperti sayur sup, bakso, soto dan sebagainya atau digunakan untuk penghilang bau amis pada ikan. Ukurannya boleh saja kecil daripada jeruk pada umumnya, ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa. Salah satunya dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk asam urat.

Kandungan jeruk nipis berupa vitamin C, vitamin B1, asam sitrat dan minyak atsiri alami dari tumbuhan inilah yang berkhasiat mengatasi kadar asam urat dalam darah.

Kandungan jeruk nipis berupa vitamin C, vitamin B1, asam sitrat dan minyak atsiri alami dari tumbuhan inilah yang berkhasiat mengatasi kadar asam urat dalam darah. Menggunakan cara ini sangat efektif dan lagipula jeruk nipis sangat mudah didapatkan dengan biaya ekonomis. Apa yang harus disiapkan ?
  • Sediakan 1 buah jeruk nipis segar bewarna hijau tua
  • 1 Gelas air hangat
  • Cara membuat ramuan cukuplah mudah, ambil sari dari jeruk nipis dengan cara diperas. Kemudian campurkan ke dalam air hangat dan aduk hingga rata. Minum ramuan ini setiap hari pada waktu pagi dan sore
  • Konsumsi ramuan ini 30 menit setelah makan untuk menghindari iritasi lambung bagi yang memiliki penyakit maag
Selain itu, untuk kesehatan jeruk nipis sangat berkasiat untuk mengobati ambeien, mengempeskan amandel, batuk disertai flu, demam tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi dan sebagainya.

# 2. Daun Tempuyung

Tempuyung sebenarnya sejenis tanaman liar yang biasanya tumbuh dibeberapa tempat terbuka dengan cukup sinar matahari, seperti pada perkarangan rumah, pinggiran jalan, kebun dan sebagainya. Sehingga, tumbuhan obat ini seringkali dianggap sebagai hama atau rumput pengganggu. Wajar saja karena ketidaktahuan akan khasiat daun tempuyung, sebagian besar dari kita mencabut tanaman ini karena dianggap sebagai rumput.

Berdasarkan penelitian oleh sejumlah ahli kesehatan, daun tempuyung setidaknya mengandung 7 jenis senyawa kimia aktif

Bagian tanaman tempuyung yang dapat difungsikan untuk dijadikan sebagai obat herbal asam urat adalah terletak pada daunnya. Berdasarkan penelitian oleh sejumlah ahli kesehatan, daun tempuyung setidaknya mengandung 7 jenis senyawa kimia aktif yaitu alfalaktuserol, manitol, kalium, inositol, betaktuserol, flavonoid dan taraksasterol. Diantara manfaatnya yaitu unutk menurunkan kadar asam urat dengan cara menghambat kinerja enzim xantin oksidase dalam tubuh.

Jika anda ingin membuat ramuan herbal asam urat dari tempuyung, pastikan terlebih dahulu bahwa tumbuhan yang anda lihat adalah tumbuhan tempuyung (lihat gambar). Selanjutnya ikuti langkah berikut ini :
  • Sediakan 30 gram daun tempuyung segar (tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda)
  • 3 Gelas air bersih
  • Tata cara membuat ramuan adalah bersihkan terlebih dahulu daun tempuyung. Kemudian direbus hingga mendidih dan menyisakan hanya 1 gelas air saja
  • Kemudian, selagi hangat minum ramuan ini di waktu pagi hari saja. Lakukan secara rutin, dalam 1 minggu cukup minum ramuan ini sebanyak 3 kali secara rutin

# 3. Buah Pare

Salah satu obat herbal asam urat terbaik adalah berasal dari buah pare. Mengkonsumsi buah pare dapat menjadi solusi terbaik bagi penderita asam urat jika si penderita tidak menyukai mengkonsumsi obat - obatan. Menjadikan makanan sebagai obat adalah cara jitu untuk dilakukan daripada harus mengkonsumsi obat - obatan. 

Sebelum diketahui manfaat dari buah pare, tumbuhan ini termasuk kedalam tanaman liar yang tumbuh dengan baik didataran rendah dengan kelembaban sedang. Setelah mengetahui khasiat pare bagi kesehatan, banyak petani hingga kini menjadikan tanaman pare sebagai tanaman budidaya  di perkarangan rumah, kebun dan ladang pertanian dengan nilai jual tinggi.

Kandungan senyawa aktif tersebut sangat berkhasiat mengatasi berbagai permasalahan kesehatan seperti untuk mengobati asam urat

Hampir disetiap bagian dari tanaman pare dapat dimanfaatkan untuk obat herbal. Dimulai dari daun, buah dan biji. Berdasarkan penelitian oleh para ahli, kandungan daun pare terdapat senyawa aktif, mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Diantaranya adalah momordin, momordisin, vitamin A, vitamin C, resinat, saponin, resin, trikosanik, minyak lemak dan karantin. Sedangkan pada bagian buah pare terdapat kandungan maranthin, hydroxytryptamine, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Kemudian, kandungan biji pare terdapat senyawa alkoloid, saponin, triterprenoid, momordisin dan asam momordial.

Kandungan senyawa aktif tersebut sangat berkhasiat mengatasi berbagai permasalahan kesehatan seperti untuk mengobati asam urat, penurun panas, menyembuhkan hepatitis, memberantas cacing parasit dalam usus, mengatasi diabetes, malaria, sembelit dan sebagainya.

Namun sayangnya, tak banyak orang menyukai buah pare karena rasa pahitnya dapat menempel dilidah. Walaupun demikian, tetap saja masih ada penggemar setia dari tanaman yang satu ini, terutama mereka yang sadar akan arti nilai kesehatan. Anda ingin mencobanya ? Perhatikan petunjuk membuat ramuan herbal dari buah pare berikut ini :
  • Sediakan 1 buah pare agak tua 
  • Ambil bagian daging buahnya saja (buang bijinya), kemudian potong kecil
  • 3 Gelas air bersih
  • Rebus daging buah pare tersebut hingga menyisakan 1 gelas air
  • Selagi hangat, minum ramuan tersebut diwaktu pagi hari dengan aturan 1 minggu 3 kali penggunaan saja
Kami yakin, anda tidak akan menyukai ramuan herbal yang satu ini karena rasanya terlalu pahit. Untuk mensiasatinya, anda dapat memasak buah pare kemudian dijadikan sebagai menu masakan sesuai dengan resep pilihan anda, misalnya dengan cara ditumis, namun jangan terlalu pedas.

# 4. Buah Mengkudu (Pace)

Tanaman mengkudu (Morinda Citrifolia) atau yang lebih sering kita kenal dengan nama tanaman pace merupakan salah satu jenis tanaman obat yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia.  Terutama di masyarakat pedesaan yang seringkali memanfaatkan buah pace sebagai jamu. Memiliki ciri khas terdapat banyak biji kecil, kulit buahnya terdapat bercak - bercak bewarna kecoklatan dan memiliki bau yang cukup menyengat ketika masak.

Ramuan herbal asam urat dari buah mengkudu ini sangat manjur untuk menurunkan kadar asam urat.

Buah mengkudu dikenal memiliki beragam multikhasiat, diantaranya sebagai obat herbal diabetes, anti malaria, mengurangi sifat toksin obat - obatan kimia, anti peradangan, anti bakteri dan mengobati asam urat. Hal itu dikarenakan, kandungan buah pace terdapat beberapa senyawa kimia alami seperti scolopetin, xeronin, asam amino, proxenonin, mineral, damnacanthal dan nondamnacanthal.

Ramuan herbal asam urat dari buah mengkudu ini sangat manjur untuk menurunkan kadar asam urat. Cara membuat ramuannya pun sangatlah mudah dengan cara mengikuti petunjuk di bawah ini :
  • Sediakan 1 buah mengkudu hampir matang
  • 1 sdm Madu murni
  • Tata cara membuanya adalah bersihkan buah mengkudu kemudian kupas kulitnya dan potong kecil menjadi beberapa bagian
  • Masukkan potongan kecil buah pace tadi ke dalam blender, kemudian tambahkan dengan 1 gelas air matang
  • Blender hingga halus, selanjutnya saring untuk mengambil sarinya
  • Tambahkan madu murni untuk menghilangkan rasa pahit. Konsumsi ramuan herbal ini setiap pagi hari hingga kadar asam urat turun

# 5. Daun Salam

Daun salam pada umumnya dikenal sebagai bahan tambahan penyedap menu masakan berkuah untuk menambah aroma wangi dengan cara memasukkan daun salam kering atau yang masih basah begitu saja ke dalam masakan. Tanaman salam jarang sekali dibudidayakan oleh manusia. Biasanya tanaman ini dapat tumbuh secara bebas di kebun, semak belukar, perkarangan rumah dan sebagainya melalui perantara burung yang memakan biji - bijian.

Bagian tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal terdapat pada bagian daun, kulit batang dan buahnya.

Bagian tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat herbal terdapat pada bagian daun, kulit batang dan buahnya. Adapun kandungan senyawa kimia tanaman salam terdapat senyawa minyak atsiri, tanin dan flavonoida yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai permasalan kesehatan seperti menyembuhkan diare, kencing manis, asam urat, menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah stroke dan mengatasi radang lambung.

Cara membuat obat asam urat dari daun salam dengan mengikuti petunjuk di bawah ini :
  • Sediakan 7 lembar daun salam hijau
  • 4 Gelas air bersih
  • Proses pembuatannya dengan mencuci bersih terlebih dahulu daun salam kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih hingga menyisakan 1 gelas air saja
  • Dosis penggunaan : minum ramuan ini di waktu pagi dan malam hari 30 menit setelah makan malam. Lakukan setiap harinya hingga sudah ada perubahan asam urat turun

# 6. Daun Kumis Kucing

Dalam dunia kedokteran tanaman kumis kucing memiliki nama ilmiah Orthosiphon Aristatus. Namun, di negara Indonesia mengenal tanaman kumis kucing dengan beragam penyebutan. Sebagai contoh, di Madura dikenal dengan nama songkot koceng, di daerah Jawa dikenal dengan sebutan tumbuhan remujung, sedangkan bagi masyarakat sunda dan melayu menyebutnya dengan nama kumis kucing, mungkin dikarenakan bentuk bunga dari tanaman ini mirip sekali dengan kumis binatang peliharaan yakni kucing.

Kumis kucing sudah dikenal sebagai tanaman obat sejak zaman dahulu. Beragam manfaat dan khasiat kumis kucing telah terbukti secara klinis untuk menanggulangi sugudang permasalahan kesehatan

Kumis kucing sudah dikenal sebagai tanaman obat sejak zaman dahulu. Beragam manfaat dan khasiat kumis kucing telah terbukti secara klinis untuk menanggulangi sugudang permasalahan kesehatan seperti digunakan untuk menghancurkan batu ginjal dan kristal asam urat di persendian, anti bakteri, sebagai antioksidan alami dan menangkal radikal bebas, anti peradangan dan sebagainya.

Ada beberapa bagian dari tanaman kumis kucing yang dimanfaatkan sebagai obat herbal antara lain adalah bagian batang, daun dan bunganya. Adapun senyawa kimia yang terkandung di dalam tanaman ini antara lain flavonoid, benzokromen, diterpenoid, isopimaran, fenol dan terpenoid. Cara membuat ramuannya sebagai berikut :
  • Sediakan 100 gram daun kumis kucing masih segar
  • 3 Gelas air bersih
  • Terlebih dahulu daun kumis kucing dicuci bersih kemudian direbus dengan air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas saja
  • Minum ramuan ini selagi hangat hanya pada waktu pagi hari saja dengan dosis penggunaan selama 1 minggu cukup dikonsumsi sebanyak 3 kali pemakaian hingga asam urat turun

# 7. Tumbuhan Rimpang Temulawak

Temulawak termasuk ke dalam tumbuhan rimpang karena tumbuhan ini hidup dengan cara menjalar ke dalam tanah. Memiliki nama ilmiah Curcuma Xanthorrhiza. Selain itu tumbuhan ini juga termasuk ke dalam tumbuhan berbatang semu dan berumpun karena batang dari tanaman ini merupakan gabungan dari beberapa pangkal daun yang berpadu.

Temulawak termasuk ke dalam tumbuhan rimpang karena tumbuhan ini hidup dengan cara menjalar ke dalam tanah. Memiliki nama ilmiah Curcuma Xanthorrhiza.

Bagian tanaman temulawak yang seringkali dijadikan obat adalah bagian rimpangnya yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit seperti mengatasi gangguan liver dan hepatitis, membantu melancarkan pencernaan (menambah nafsu makan), membasmi segala jenis cacing parasit dalam usus, melancarkan sistem peredaran darah dan metabolisme tubuh, mengatasi asam urat dan sakit pinggang, meningkatkan stamina, mengobati penyakit batu empedu dan sebagainya.

Cara membuat obat asam urat dari temulawak dengan mengikuti petunjuk di bawah ini :
  • Sediakan 30 gram temulawak (kikis bagian kulitnya) dan potong tipis
  • 20 gram Jahe merah
  • 4 Gelas air bersih
  • Langkah pembuatan dapat dimulai dari mencuci bersih temulawak kemudian direbus bersamaan dengan air bersih dan jahe merah hingga air menyusut tersisa 2 gelas saja
  • Jika sudah dingin, tempatkan rebusan temulawak ke dalam 1 gelas
  • Minum ramuan ini dengan rutin diwaktu pagi dan sore hari 30 menit sebelum makan dengan dosis penggunaan 1 minggu 3 kali pemakain

# 8. Tumbuhan Landep

Tak banyak yang mengetahui bahwa landep dapat dijadikan sebagai obat herbal asam urat karena tanaman ini biasanya tumbuh liar di semak - semak, kebun dan perkarangan rumah. Jika diperhatikan secara sepintas, banyak orang yang mengira tumbuhan ini adalah tanaman kacang tanah karena bentuk daun dan bunganya mirip sekali dengan tanaman kacang tanah. Sehingga, ada yang mengatakan, landep adalah tanaman kacang tanah palsu. Sedangkan dalam bahasa inggris nya disebut dengan Percufine Flower.

Tanaman ini juga seringkali dijadikan sebagai tanaman hias. Dibeberapa kota besar di Indonesia, landep dijadikan sebagai tanaman penghias taman

Tanaman ini juga seringkali dijadikan sebagai tanaman hias. Dibeberapa kota besar di Indonesia, landep dijadikan sebagai tanaman penghias taman karena ia dapat tumbuh subur walaupun tidak mendapatkan cukup air. Khasiat dari landep terdapat pada bagian daunnya yang dapat digunakan sebagai obat luka untuk menghentikan pendarahan dengan cara ditumbuk halus kemudian ditempelkan ke bagian luka.

Untuk mengobati asam urat, daun landep hanya dijadikan sebagai obat luar saja dengan tujuan untuk mengurangi rasa sakit dan mengempeskan bengkak. Namun, senyawa aktif flavonoida dan polifenol masih memilki peran untuk bekerja dari luar hingga meresap ke dalam kulit. Cara menggunakannya sangatlah mudah, hanya dengan menumbuk halus daun landep secukupnya ditambahkan dengan 1 sdm air kapur sirih atau secukupnya. Selanjutnya, oleskan pada daerah yang terasa sakit.

# 9.  Sidaguri

Tanaman sidaguri sejak dari dahulu memang sudah dikenal sebagai obat tradisional asam urat oleh masyarakat luas yang dapat membantu proses pembuangan asar urat berlebihan dari dalam tubuh melalui urine. Bagian dari tanaman sidaguri yang dapat dijadikan sebagai obat terletak pada daun dan akarnya dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Beberapa senyawa kimia alami yang terkandung di dalamnya antara lain polifenol, flavonoid, alkaloid, steroid, efedrine (pada akar), tanin, fenol, asam amino dan minyak atsiri (pada daun).

Tanaman sidaguri sejak dari dahulu memang sudah dikenal sebagai obat tradisional asam urat oleh masyarakat luas yang dapat membantu proses pembuangan asar urat berlebihan dari dalam tubuh melalui urine.

Selain itu, khasiat dari asam urat untuk mengatasi asam urat adalah dengan cara menghambat kinerja enzim Xantin Oksidase yaitu enzin yang memiliki peran penting dalam proses sintesa asam urat. Kemudian, kandungan flavonoid dan polifenol dapat membantu melarutkan kristal asam urat kemudian diluruhkan bersamaan dengan cairan urine.

Untuk membuat ramuan obat herbal asam urat dari sidaguri, anda dapat mengikuti petunjuk dan tatacara pengolahan di bawah ini :
  • Sediakan 60 gram akar sidaguri kering
  • 3 Gelas air bersih
  • Rebus akar sidaguri kering bersama dengan air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air saja
  • Tunggu hingga dingin, kemudian minum ramuan ini dengan dosis pemakaian 1/2 gelas di pagi hari dan 1/2 gelas di sore hari. Lakukan secara teratur dalam 1 minggu 3 kali pemakaian

# 10. Tumbuhan Herbal Lainnya

Sebelum artikel ini dibuat, setidaknya kami telah menuliskan artikel yang berjudul obat asam urat alami dari tumbuhan dan cara membuatnya. Setidaknya ada 15+ jenis obat tradisional penurun asam urat yang dapat dibuat sendiri. Jika anda ingin mengetahui tanaman apa saja yang dimaksud, kami arahkan anda untuk mengunjungi tautan tersebut.

Perlu anda perhatian ! proses pengolahan obat - obatan herbal di atas tidak bisa dilakukan secara asal - asalan. Karena untuk menjadikan tanaman herbal tersebut sebagai ramuan obat membutuhkan beberapa tindakan seperti mengupas, memotong, mencuci dan merebus. Tindakan yang salah dapat mengurangi khasiat dalam proses pengobatan nantinya. Selain itu, penggunaan alat rebusan sebaiknya diperhatikan pula. Ada baiknya menggunakan alat rebusan yang terbuat dari tanah liat, untuk menghindari campuran logam saat proses perebusan obat. Sehingga, senyawa kimia dalam obat dapat bekerja lebih efektif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 10+ Obat Herbal Asam Urat Terbaik Buatan Sendiri 100% Aman !

0 komentar: