Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kanker dan Kesehatan. Ini Faktanya !

Selain daun sirsak, pernahkah anda mendengar manfaat buah sirsak sebagai pembunuh kanker ? benarkah demikian ? apakah ada fakta atau bukti ilmiah yang dapat menjelaskan itu semua atau hanya mitos belaka ? Jika itu benar, sering mengkonsumsi buah sirsak apakah tidak menimbulkan efek samping dalam jangka panjang ? Diartikel yang singkat ini dengan penjelasan secara deskripsi dilengkapi referensi terpecaya, anda akan menemukan jawabannya ! Sebelum kami menjelaskan akan hal tersebut, simak ulasan kami lebih lanjut mengenai manfaat daun sirsak sebagai tanaman obat anti kanker di sertai penjelasan ilmiah pada tautan tersebut.

Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya buah sirsak yang berasal dari pohon sirsak atau zuurzak ini lebih dikenal dengan sebutan "nangka belanda". Hampir disetiap daerah di Indonesia terdapat tanaman sirsak. Biasanya ditanam di perkarangan rumah ataupun kebun dengan tujuan dikonsumsi sendiri atau untuk komersil. Pada umumnya buah sirsak dikonsumsi secara langsung atau dijadikan sebagai minuman jus yang menyegarkan dengan cita rasa asam manis untuk menghilangkan rasa dahaga di kala cuaca panas siang hari.

Selain itu, pemanfaatan buah sirsak juga dijadikan sebagai bahan baku utama untuk membuat berbagai olahan minuman dan makanan sehat seperti jus, permen, dodol, es krim, kue donat, puding dan sebagainya.

Kebanyakan orang mengatakan, khasiat buah sirsak memiliki ragam manfaat bagi kesehatan seperti dipercaya untuk menambah stamina tubuh dan membantu membuang racun di dalam tubuh karena buah tersebut mengandung kadar antioksidan dalam jumlah tinggi. Sehingga, orang menganggap mengkonsumsi buah sirsak secara rutin dapat membuat awet muda. Benarkah ?

Kandungan Gizi Buah Sirsak

Tahukah anda, bahwa setiap satu buah sirsak utuh, terdiri dari 67% daging buah yang dapat kita konsumsi, 9% biji, 20% kulit dan sisanya 4% adalah bagian poros tengah buah. Buah ini juga terdiri dari 68% kandungan gula alami. Seringkali orang berfikir, bagian isi dari buah ini dianggap mirip dengan apel custard atau yang seringkali kita kenal dengan sebutan buah sri kaya. Memiliki tekstur daging buah yang lembut dan terdapat biji bewarna hitam di dalamnya. Daging buah bewarna putih dan bertekstur lembut tersebut sangat kaya akan kandungan vitamin dan serat.

Beragam khasiat dan  manfaat buah sirsak bagi kesehatan diantaranya untuk menurunkan asam urat, kolesterol, kanker, diet, dll. Simak penjelasan ilmiahnya di sini !

Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan Indonesia tahun 1996, kandungan gizi buah sirsak setiap 100 gram terdiri dari ; energi, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan niasin. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut ini :

Kandungan Gizi Buah Sirsak Setiap 100 Gram
Komponen Zat Gizi
Jumlah
Energi (Fruktosa)
65 Kcal
Lemak
1 gram
Karbohidrat
16,3 gram
Kalsium
14 mg
Fosfor
27 mg
Serat
2 gram
Zat besi
0,6 mg
Vitamin A
1 RE
Vitamin B1
0,07 mg
Vitamin B2
0,04 mg
Vitamin C
20 mg
Niasin
0,7 mg

Selain kaya dengan kandungan gizi, daging buahnya juga memiliki kandungan senyawa sitotoksik yang aktif dan cukup kuat yaitu acetogenins. Senyawa acetogenins ini dapat berfungsi di dalam tubuh kita untuk menetralkan racun dan anti kanker. Selain acetogenins, senyawa lainnya seperti saponin, polifenol, dan bioflavonoid memiliki khasiat sebagai zat antioksidan alami.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa yang enak, buah yang dikenal dengan nama latin Anona muricata Linn dapat membantu memelihara kesehatan, mencegah beragam penyakit, dan mengobati penyakit tertentu. Buah ini juga kaya akan zat antioksidan yang berguna bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas di dalam darah. Bahkan, dibeberapa negara seperti Amerika Selatan dan Karibia menjadikan khasiat buah sirsak sebagai obat alami untuk mengatasi diare dan disentri. Pemanfaatan buah sirsak sebagai obat alami penurun tekanan darah juga di lakukan dibeberapa negara. diantaranya Indonesia, Jamaika, Peru, Malaysia dan India.

Kandungan mineral dan fosfor pada Anona muricata Linn memiliki manfaat penting bagi pembentukan tulang. Sehingga, bagi mereka yang mengkonsumsinya akan terhindar dari penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang). Jika kita mengkonsumsi 100 gram daging buahnya dalam bentuk jus atau dikonsumsi langsung, maka kita telah memenuhi 13% angka kebutuhan serat pangan perhari. Sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti sayuran.

Selain memiliki rasa yang enak, buah yang dikenal dengan nama latin Anona muricata Linn dapat membantu memelihara kesehatan, mencegah beragam penyakit, dan mengobati penyakit tertentu.

Selain itu, kandungan vitamin C sebesar 20 mg per 100 gram daging buah sangat baik sebagai zat antioksidan di dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan. Sehingga, buah sirsak dapat membantu anda untuk tampil awet muda.

Beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan lainnya kami rangkum sebagai berikut :
  • Menangkal radikal bebas
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Mencegah terjadinya penyakit osteoporosis dan radang persendian
  • Menurunkan dan menetralkan kadar asam urat di dalam darah
  • Meringankan migrain atau sakit kepala ringan
  • Meningkatkan daya ingat dan menjaga keseimbangan jaringan saraf tubuh
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Mencegah penyakit anemia
  • Mencegah dan meringankan kram otot
  • Kandungan buah sirsak berupa karbohidrat dan fruktosa dapat memberikan energi tubuh
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Sebagai obat alami cacingan
  • Mengatasi masalah bau badan atau keringat berlebih
  • Mengatasi masalah gangguan pencernaan seperti diare, disentri, membunuh bakteri jahat di dalam usus dan sebagainya
  • Mengobati penyakit kandung empedu
  • Kandungan serat pada daging buah dapat membantu melancarkan buang air besar
  • Mengatasi masalah ambein (mengecilkan ambein)
  • Sifatnya yang asam dapat membantu menetralkan gula darah. Sehingga, cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes
  • Mengurangi resiko serangan jantung
  • Menjaga kelembaban dan kerusakan jaringan kulit. Hal ini berkat kandungan vitamin C pada buah sirsak, sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang mengalami masalah pada kulit seperti jerawat, eksim, koreng, kadas dan sebagainya
  • Mencegah penuaan dini
  • Melawan kanker
Hanya dengan menkonsumsi 300 gram daging buahnya, maka kebutuhan vitamin C per orang per hari  atau sebanyak 60 mg telah dapat terpenuhi.. Anda dapat mengkonsumsi buah sirsak dengan cara dibuatkan jus atau dapat dikonsumsi secara langsung. Namun, perlu untuk anda perhatikan agar membaca dosis penggunaan di bawah artikel ini.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kanker

Sebagian besar orang mungkin tidak menyadari, bahwa khasiat buah sirsak ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia termasuk untuk melawan kanker. Dalam sebuah buku yang kami kutip berjudul "antioksidan alami dan radikal bebas" oleh Winarsi H tahun 2017, menyebutkan kandungan vitamin C pada buah ini dapat dijadikan sumber antioksidan yang potensial.bagi tubuh kita untuk melawan radikal bebas.

Hal ini sangat baik, mengingat bahaya radikal bebas di dalam tubuh yang dapat dapat menyebabkan kerusakan sel-sel jaringan dan enzim-enzim. Selain itu, zat anti oksidan pada Anona muricata Linn mampu menghambat reaksi oksidasi dengan mengikat radikal bebas dan molekul yang sangat reaktif di dalam darah.

Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh study Catholic University menemukan senyawa acetogenins pada daging buah sirsak yang dapat membunuh sel - sel abnormal sekaligus menghambat pertumbuhannya . Efek dari senyawa acetogenins ini sama halnya dengan pemberian kemoterapi, hanya saja senyawa ini tidak menganggu sel - sel yang sehat.

Dosis Penggunaan dan Efek Samping

Dibalik manfaatnya yang luar biasa, ternyata mengkonsumsi buah sirsak secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh. Hal itu wajar saja, karena apapun yang kita konsumsi secara berlebihan walaupun itu sebenarnya memberikan nilai manfaat bagi tubuh kita, jika berlebihan pasti akan memberikan  dampak buruk bagi tubuh kita. Apa batasannya untuk dapat dikatakan berlebihan ?

Khusus pengobatan seperti untuk menurunkan kolesterol, asam urat, kadar gula, nyeri persendian atau yang sifatnya menyembuhkan atau mengobati, anda dapat mengkonsumsi jus buah sirsak 2 gelas di waktu pagi dan sore hari dengan dosis penggunaan 3 hari pemakaian. Itu bearti ada waktu 4 hari selama 1 minggu anda tidak mengkonsumsi buah ini. Begitu seterusnya hingga penyakit sembuh.

Dibalik manfaatnya yang luar biasa, ternyata mengkonsumsi buah sirsak secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping bagi tubuh.

Sedangkan segala hal yang sifatnya mencegah seperti untuk menjaga daya tahan tubuh, anda dapat mengkonsumsi buah ini dalam waktu 1 bulan cukup 2 hingga 3 kali saja dengan dosis 1 gelas sekali minum.

Jika dikonsumsi dalam batas tidak wajar, dapat menyebabkan gangguan gerak yang mirip dengan penyakit Parkinson. Selain itu, kami tidak menganjurkan bagi penderita tekanan darah rendah  atau wanita hamil untuk mengkonsumsi buah ini. Hal ini dikarenakan, jika dikonsumsi oleh wanita hamil, dikuatirkan akan menimbulkan kontraksi otot dan mengganggu janin dalam rahim karena sifatnya yang asam.

Kemudian, dilarang keras ketika anda mengkonsumsi jus sirsak secara bersamaan dengan minum obat. Hal ini dapat memicu keracunan bagi tubuh karena senyawa aktif pada buah ini akan bereaksi dengan obat yang anda minum. Walaupun memiliki efek samping seperti yang telah kami sebutkan, anda tak perlu kuatir selama anda mengkonsumsinya dalam batasan normal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Manfaat Buah Sirsak Untuk Kanker dan Kesehatan. Ini Faktanya !

0 komentar: