Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Cek Di sini → Inilah Kadar Asam Urat Normal Wanita dan Pria

Menginjak usia ke 35 tahun, sangat penting bagi seorang pria dan wanita untuk mengetahui nilai normal asam urat di dalam tubuhnya dengan cara melakukan tes pemeriksaan kadar asam urat melalui darah atau urine. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai upaya sedini mungkin untuk mencegah penyakit radang persendian yang akan menimpa dirinya dikemudian hari. Namun, sebagian besar dari mereka mengabaikannya. Mereka anggap, penyakit tersebut hanya diderita oleh mereka yang telah memasuki usia lanjut berumur 50 tahun ke atas. 

Padahal seiring dengan buruknya pola makan yang dijalani setiap harinya dalam jangka waktu hitungan tahun, seperti terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman berkadar purin tinggi seperti ikan asin, kerang, soft drink, jeroan, kacang, kangkung, melinjo, daging bebek dan sebagainya, bukanlah suatu hal yang mustahil bagi seseorang untuk menderita penyakit asam urat di usia 30 tahun ke atas.

Mengingat dari bahaya asam urat berlebih di dalam tubuh yang dapat menimbulkan rasa sakit didaerah persendian, bahkan dapat menjadi penyebab penyakit batu ginjal, jantung koroner serta lainnya, untuk itu melakukan kontrol rutin secara berkala sangatlah penting untuk pencegahan, paling tidak setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali dilakukan pemeriksaan.

Berikut ini adalah kadar asam urat nomal wanita dan pria menurut WHO yang dapat anda jadikan sebagai ukuran kadar normal asam urat dalam darah. Cek Segera !

Jika ingin melakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah, anda dapat mengunjungi puskesmas atau rumah sakit terdekat dengan menggunakan layanan BPJS secara gratis atau dengan cara mengeceknya sendiri di rumah menggunakan alat ukur tes asam urat di dalam darah yaitu EasyTouch GCU 3 in 1. Aat ini menampilkan hasil cukup akurat hanya dalam hitungan menit anda dapat mengetahui ukuran normal asam urat pada tubuh anda.

Bagi yang belum mengetahui, tabel nilai normal asam urat menurut WHO untuk wanita dan pria dan telah digunakan oeh banyak orang termasuk Depkes, mungkin akan membantu anda untuk dijadikan sebagai tolak ukur, apakah diri anda memiliki nilai asam urat tinggi atau rendah.

Usia dan Gender
Batas Bawah
Batas Atas
Laki - Laki Dewasa > usia 18 tahun
2 mg/dL
7,5 mg/dL
Wanita Dewasa > usia 18 tahun
2 mg/dL
6,5 mg/dL
Laki - Laki lansia 40 tahun ke atas
2 mg/dL
8,5 mg/dL
Wanita lansia 40 tahun ke atas
2 mg/dL
8 mg/dL
Anak Laki – Laki usia 10 – 18 tahun
3,6 mg/dL
5,5 mg/dL
Anak Perempuan usia 10-18 tahun
3,6 mg/dL
4 mg/dL

Note: Tabel di atas berlaku untuk wanita hamil.

Setelah dilakuakan pengecekan, ternyata kadar asam urat dalam diri anda melebihi ambang batas atas, kami sarankan untuk mengurangi atau menghindari asupan makanan dan minuman yang dapat menjadi pemicu naiknya kadar asam urat. Jangan sekali - sekali menganggap hal ini sepele karena pembiaran yang terjadi selama bertahun - tahun dapat memicu timbulnya penyakit kronis seperti kesulitan beraktivitas, kerusakan permanen persendian hingga gagal ginjal. Lakukan pengobatan segera. Bila perlu hindari pengunaan obat - obatan kimia dan beralihlah menggunakan obat alami untuk asam urat yang dapat anda lihat di tautan tersebut.

Untuk mempertahankan kadar asam urat normal, ada beberapa tips dari kami untuk anda yang dapat dilakukan antara lain :
  • Selalu melakukan cek rutin secara berkala dengan rentang waktu minimal 6 bulan hingga 1 tahun sekali
  • Minum air putih sesuai dengan kondisi berat badan, baca ini : cara minum air putih yang baik dan benar
  • Melakukan olahraga teratur
  • Usahakan berhenti merok*k
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkoh*l
  • Kurangi atau hindari jenis makanan yang mengandung kadar putin tinggi seperti kepiting, udang, telur, daging sapi, kambing, jeroan, emping, ikan tuna dan sebagainya
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan dan buah - buahan yang mengandung serat, mineral dan vitamin
  • Imbangi diet dengan melakukan olahraga rutin disertai mengkonsumsi makanan yang bergizi

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Cek Di sini → Inilah Kadar Asam Urat Normal Wanita dan Pria

0 komentar: