Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Jangan Remehkan 11 Gejala Kanker Prostat Pada Usia Muda

Bagi seorang pria, kanker prostat merupakan momok yang begitu menakutkan. Karena jenis kanker ini dapat mengganggu dan merusak kelenjar prostat pada organ reproduksi pria. Akibatnya, selain dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan penderitanya, penyakit ini juga dapat mengganggu hubungan keharmonisan dalam berumah tangga. Untuk itu, sangat penting sekali mengenali gejala awal kanker prostat pada usia muda. Sebab, sebagian besar penderitanya tidak mengetahui atau mengabaikan gejala awal yang muncul. 

Dengan mengetahui gejala awalnya sejak dini adalah cara terbaik untuk mencegah kanker prostat berkembang menjadi lebih parah. Dengan mengenalinya dari awal, seorang penderita dapat melakukan tindakan pengobatan sedini mungkin. Sehingga, dapat memberikan peluang kesembuhan lebih besar. Seperti apa gejalanya ? Simak uraian lebih lanjut dalam artikel di bawah ini.

Terjadinya, kanker prostat disebabkan oleh pertumbuhan sel - sel kanker secara abnormal pada kelenjar prostat. Prostat itu sendiri menghasilkan asam sitrat dan glukosa yang diperlukan untuk kehidupan bagi  sp*rma. Selain itu, prostat juga menghasilkan cairan dalam bentuk air m*ni saat berlangsungnya ej*kulasi. Tanpa adanya cairan dari kelenjar prostat, mustahil bagi sel sper*a untuk membuahi sel telur di dalam rahim.

Berdasarkan data yang diperoleh dari organisasi kesehatan dunia (WHO), Indonesia menduduki peringkat ke-5 sebagai Negara yang memiliki penderita kanker prostat terbanyak, dengan jumlah penderita pada tahun 2011 sebanyak 971 orang di usia 70 hingga 79 tahun. 

Penyebab dan Gejala Kanker Prostat

Angka penderita kanker prostat pada umumnya memang dialami oleh meraka yang telah memasuki usia antara 70 hingga 80 tahun. Namun, tak menutup kemungkinan penderita kanker jenis ini dialami oleh usia 40 tahun ke atas. Memang pada dasarnya, seiring bertambahnya usia akan meningkatkan faktor resiko. Selain itu, beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan resiko untuk terkena kanker prostat  antara lain :
  • Berdasarkan riwayat penyakit dari anggota keluarga (faktor keturunan)
  • Kelebihan berat badan (obesitas)
  • Akibat mengkonsumsi makanan dan minuman dari jenis tertentu seperti makanan mengandung kalsium tinggi, daging merah dan produk susu tinggi lemak
  • Terpapar bahan kimiawi
  • Melakukan on*ni berkepanjangan
  • Akibat penyakit menular dari hubungan sek*ual
  • Melakukan vasektomi
Beberapa gejala kanker prostat di usia mudah berikut ini seringkali diabaikan karena ketidaktahuan. Untuk itu, kenali ciri - cirinya di sini sebelum terlambat.
Gambar Kanker Prostat
Keberadaan kelenjar prostat berukuran sangat kecil yang terletak di panggul pria bawah kandung kemih depan rektrum. Ketika terjadi pembengkakan prostat biasanya akan ditandai dengan gejala kesulitan berkemih disertai rasa nyeri. Proses pembengkakan ini pun dapat terjadi begitu cepat atau dapat berlangsung selama bertahun - tahun. Untuk menghindari keadaan semain memburuk, perhatikan beberapa gejala lainnya di bawah ini :
  • Sering Buang Air Kecil - Tekanan ketika mengeluarkan urine berkurang adalah gejala yang sering muncul namun tak banyak penderita mengetahuinya. Tekanan berkurang disebabkan karena adanya tumor pada saluran kemih yang menghambat jalur keluar urine dan tidak tuntas. Hal ini dapat menimbulkan seorang pria selalu ingin buang air kecil, terutama di waktu malam hari.
  • Pendarahan saat buang air kecil - Gejala ini jarang terjadi, tetapi tidak boleh diabaikan. Warna darah terkadang bercampur dengan urine, sehingga menghasilkan urine bewana merah mudah kekuningan. Segera mencari pertolongan medis dan berkonsultasi ke dokter jika terjadi gejala ini. 
  • Merasa kandung kemih selalu penuh
  • Urine yang keluar melalui saluran reproduksi terputus - putus disertai nyeri
  • Erek*i tidak sempurna akibat aliran darah menuju saluran reproduksi terhambat oleh tumor, sehingga tidak dapat mengalami ejak*ula*i
  • Merasakan mati rasa atau kesemutan di daerah pinggul
  • Merasakan panas pada saluran repoduksi ketika ejak*ula*i
  • Urine terus menerus menetes keluar terutama ketika malam hari di waktu tidur
  • Warna darah pada cairan sper*a
  • Nyeri tulang di daerah pinggul
Setelah menemukan ciri - ciri seperti di atas, anda kami sarankan untuk segera melakukan konsultasi agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Walaupun belum ada gejala yang dapat dikenali, sangat disarankan bagi seorang pria yang telah memasuki usia 45 tahun ke atas untuk memantau kondisi kesehatannya dengan melakukan medical check up secara rutin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Jangan Remehkan 11 Gejala Kanker Prostat Pada Usia Muda

0 komentar: