Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

17 Cara Mengobati Flu Pilek Sakit Tenggorokan Tanpa Obat Kimia

Flu berat berkepanjangan, pilek, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat merupakan diantara penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari rhinovirus, coronavirus, influenza menyerang sistem saluran pernafasan bagian atas. Infeksi virus biasanya berlangsung selama 4 hari hingga hitungan minggu dengan ditandai sejumlah gejala umum seperti demam, batuk kering, merasakan tidak enak badan (meriang), bersin, sakit kepala, nyeri otot dan sebagainya. Kebanyakan penderita yang mengalami penyakit ini, pada umumnya dapat sembuh dengan sendirinya seiring dengan peningkatan sistem imun. Namun, sebagian kecil darinya dapat menimbulkan beragam komplikasi akibat flu seperti terkena pneumonia, bronkitis akut, infeksi sinus dan infeksi telinga. Untuk menghindari hal tersebut, adakah cara alami mengobati flu ?

Menyembuhkan flu dengan cara mengkonsumsi obat - obatan tanpa sepengetahuan resep dokter seringkali dilakukan oleh masyarakat kita pada umumnya untuk mendapatkan reaksi cepat meredakan dan mengatasi flu dalam sehari. Padahal tindakan seperti itu sangat tidak dianjurkan, karena akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh dikemudian hari. Padahal setiap jenis obat flu yang beredar, memiliki kandungan senyawa kimia, manfaat dan efek kesehatan yang berbeda pula. Apalagi mengkonsumsi obat tersebut secara berulang kali ketika penyakit flu menginggapi tubuh seseorang, tentu saja akan ada dampaknya bagi kesehatan seperti tekanan darah naik, gangguan buang air kecil, mengantuk dan sebagainya. Sehingga jika ingin mengkonsumsinya, pilihlah obat flu yang tepat dan sudah memiliki label izin edar oleh BPOM.

Dengan bergitu cara mengobati flu secara alami dapat menjadi pilihan terbaik untuk menghilangkan flu, pilek, sakit tenggorokan, hidung tersumbat berkepanjangan menyerang kesehatan tubuh. Bagaimana caranya ? Anda dapat membaca uraiannya lebih lanjut di bawah ini :

Perbedaan Flu dan Pilek 

Ada beberapa pengetahuan yang perlu kami sampaikan terlebih dahulu. Namun, jika anda ingin mencari informasi cara menyembuhkan flu tanpa membaca informasi yang kami berikan terlebih dahulu, silahkan anda langsung menuju ke informasi tersebut di bawah ini. Akan tetapi, kami sarankan untuk membacanya secara perlahan - lahan untuk menambah wawasan anda tentang penyakit flu dan pilek ini.

Ketika reaksi tubuh menandakan gejala penyakit berupa bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, suara serak basah dan mengeluarkan cairan lendir (ingus), lantas selama ini kita seringkali memahami bahwa gejala tesebut adalah petanda dari suatu penyakit flu atau pilek. Keduanya memanglah sama karena penyakit tersebut menimbulkan peradangan pada saluran pernafasan atas. Namun, jika dlihat dari sisi penyebab, tingkatan level bahaya penyakit dan obatnya bahwa kedua penyakit tersebut sangat berbeda.

Influenza atau yang sering kita menyebutnya dengan nama flu, disebabkan oleh virus RNA termasuk ke dalam familia Orthomyxoviridae. Pada umumnya menyerang unggas dan mamalia, manusia juga termasuk. Penyakit ini sifatnya menular melalui droplet (partikel kecil yang dihasilkan ketika seseorang bersin, berbicara dan sebagainya) dan cenderung berat jika dibiarkan begitu saja. Influenza cenderung menyebar cepat terutama di saat musim hujan. Selain itu dapat menular ke orang lain dengan cara berjabat tangan dengan penderita, bercium*n, menggunakan alat minum bersama yang tidak steril dan melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi (selimut atau pegangan pintu).

Kebanyakan orang pada umumnya akan sembuh dalam waktu 1 minggu hingga 2 minggu tanpa memerlukan pertolongan medis. Namun, tak jarang dijumpa pada seseorang yang terinfeksi influenza akan menimbulkan komplikasi akibat flu seperti terserang pneumonia, bronkitis akut, infeksi sinus, infeksi tenlinga dan dapat menimbulkan komplikasi parah lainnya. Bahkan, untuk orang dewasa lebih tua dan orang dengan penyakit kronis, jika terjadi pneumonia dapat merenggut jiwa seseorang.

Berbagai keluhan kesehatan yang dirasakan oleh penderita pun dapat bermacam-macam tergantung dari jenis virus pada yang menyerang penderita. Gejala flu paling umum yang ditemui seperti :
  • Merasakan nyeri pada tenggorokan, 
  • Nyeri kepala, otot dan persendian, 
  • Merasa kelelahan fisik walaupun tanpa melakukan aktivitas, 
  • Mata memerah disertai penigkatan suhu tubuh (38 derajat celcius), 
  • Hidung tersumbat, 
  • Kehilangan nafsu makan,
  • Mengalami batuk disertai lendir, 
  • Demam di malam hari disertai menggigil,
  • Kehilangan indra penciuman disertai suara serak basah, 
Selain itu, flu pada kondisi yang cukup berat dapat menimbulkan rasa mual dan muntah.

Ilustrasi gambar virus influenza di dalam tubuh
Jika kita sedang mengalami flu, maka secara alami tubuh kita akan membuat antibodi untuk mencegah terjadinya infeksi dan mengurangi tingkat keparahan penyakit. Apabila tubuh terinfeksi virus influenza yang sama seperti sebelumnya, maka tubuh kita akan kebal dari penyakit flu. Namun sayangnya, virus influenza sifatnya selalu berubah dengan turunan baru selalu muncul. Disaat kita terinfeksi jenis virus influenza baru, maka tubuh kita tidak mengalami kekebalan dan cenderung akan bereaksi menampakkan gejalanya.

Ada beberapa jenis virus influenza diantaranya dengan klasifikasi virus influenza type A, B dan C dan ragam jenis lainnya. Virus yang terjadi pada unggas namun dapat menyerang manusia, H5N1, H7N7, H9N2, H5N6, H6N1, H7N9, dan H10N8 termasuk ke dalam virus influenza type A (katagori sangat berbahaya). Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit influenza dapat dibaca pada laman wikipedia yang kami taut di sini 

Virus yang terjadi pada unggas namun dapat menyerang manusia, H5N1, H7N7, H9N2, H5N6, H6N1, H7N9, dan H10N8 termasuk ke dalam virus influenza type A (katagori sangat berbahaya).
Perkembangan virus Influenza pada unggas sepanjang tahun yang dapat mengalami mutasi yang dapat menginfeksi manusia
Untuk tindakan pencegahan agar tidak terkena virus influenza yang sifatnya berbahaya terkadang vaksinasi perlu dilakukan. Sedangkan pengobatannya secara medis akan diberikan beberapa obat seperti tamiflu atau relenza, analgesik, oseltamivir,  antihistamin, acetaminofen dan obat lainnya yang dibuat mesti berdasar atas petunjuk dokter ahli.

Pilek juga termasuk ke dalam penyakit yang dapat menginfeksi saluran pernafasan bagian atas pada manusia. Sifatnya lebih ringan dibandingkan dengan penyakit flu. Beberapa penyebab pilek diantaranya karena alergi terhadap sesuatu seperti debu, bulu binatang, aroma yang tak sedap, atau alergi lainnya, infeksi pada sinus, disebabkan oleh virus oronaviruses dan rhinoviruses, dan faktor lainnya.

Adanya lendir pada lapisan hidung dan tenggorokan pasti membuat penderitanya merasa terganggu saat melakukan aktivitas tertentu. Beberapa gejala umum memang menyerupai flu diantaranya sering bersin, kehilangan indra penciuman, suara serak basah, hidung tersumbat disertai lendir (ingus), nyeri tenggorokan dan batuk - batuk. Sebagian besar penyakit pilek diderita oleh anak - anak.

Gejala
Penyakit Pilek
Penyakit Flu
Demam
Jarang terjadi
Disertai demam dan menggigil terutama di malam hari
Sakit Kepala
Jarang terjadi
Iya
Merasa kelelahan
Terkadang dapat terjadi
Iya
Hidung pengap dan tersumbat
Iya
Terkadang dapat terjadi
Rasa sakit di tenggorokan
Iya
Terkadang dapat terjadi
Bersin-bersin
Iya
Terkadang dapat terjadi
Batuk
Batuk kering terkadang mengeluarkan lendir bewarna putih
Batuk berdahak dan sangat mengganggu
Terasa linu disekujur tubuh
Terkadang dapat terjadi
Terkadang dapat terjadi dan lebih parah dari kondisi pilek
Gejala menyerang
Secara perlahan-lahan
Secara tiba-tiba dengan kondisi sebelumnya sehat
Di Derita Oleh
Sebagian besar di alami oleh anak - anak
Dapat di alami semua umur
Tingkat Keparahan Penyakit
Umumnya dapat sembuh sendirinya seiring peningkatan sistem imun
Tingkat keparahan penyakit ergantung dari jenis virus yang menginfeksi tubuh

Jika membaca ulasan singkat di atas, maka dapat kita simpulkan perbedaan flu dan pilek. Untuk mempermudah membedakannya, anda dapat memperhatikan tabel di atas. Sehingga, ketika beberapa gejala muncul selanjutnya dapat tertangani dengan tepat dalam hal pengobatannya.

Cara Cepat Menyembuhkan Flu dan Pilek Tanpa Obat

Selain menggunakan obat - obatan yang diresepkan oleh dokter ahli, cara cepat sembuh dari flu dan pilek juga dapat menggunakan pengobatan alami yang bahan dasar dari obatnya diperoleh dari alam disekitar lingkungan kita. Sebagian besar penderita flu dan pilek memang dapat sembuh dengan sendiri dalam waktu 1 minggu setelah terinfeksi virus seiring dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Berisi penjelasan ilmiah, tips dan cara mengobati flu tanpa obat ini sangat manjur. Selain itu dapat menyembuhkan flu, pilek, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Namun, untuk mencegah resiko tingkat keparahan penyakit semakin berkembang, maka perlu dilakukan tindakan pertolongan pertama untuk penderita flu dan pilek. Agar aktivitas keseharian tidak terhambat oleh penyakit yang satu ini dan tidak menularkannya kepada orang lain Maka, beberapa tindakan pertolongan pertama yang mesti dilakukan adalah sebagai berikut :
  1. Mengkonsumsi banyak cairan. Cairan dapat bersumber dari minum air putih sesuai aturan, masakan sayur sup, jus buah, minuman hangat seperti jahe, bandrek dan sebagainya. Tidak dianjurkan mengkonsumsi minuman kemasan atau sachet selama flu dan pilek masih berlangsung. Karena hal tersebut dapat memicu dehidrasi parah. Langkah ini untuk mencegah dehidrasi akibat dari infeksi virus

  2. Perbanyak istirahan dan cukup tidur terutama di malam hari. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan memulihkan kondisi tubuh. Hindari pula terkena panas terik dan cuaca dingin. Apabila cuaca dingin melanda, gunakan pakaian tebal untuk menghangatkan tubuh dari kedinginan

  3. Memaksakan diri untuk makan walaupun sebenarnya tidak nafsu makan. Tindakan ini dapat membantu mempercepat menyembuhkan flu secara alami. Selain itu, makan dapat memberikan energi bagi tubuh akibat dari gejala kelelahan fisik dan menjaga kestabilan berat badan tubuh serta menjaga asupan nutrisi bagi tubuh. Utamakan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti brokoli, bayam, paprika, wortel, strawberry dan jeruk. Usahakan makan tepat waktu tidak menunda lapar

  4. Mengkonsumsi banyak buah terutama yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E. Buah - buahan yang termasuk dalam katagori ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Adapun daftar buah untuk meningkatkan meningkatkan kekebalan tubuh antara lain seperti jeruk, pepaya, kiwi, jambu biji, air kelapa muda, apel, strawberry, mangga, pisang, semangka dan delima. Dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dibuatkan jus buah

  5. Mandi dengan air hangat. Gejala flu dan pilek biasanya disertai meningkatkan suhu tubuh, namun apabila terkena air tubuh terasa dingin. Kondisi disebut demam akibat dari peradangan. Untuk menjaga kestabilan panas tubuh, jika anda ingin mandi gunakanlah air hangat kuku sekaligus bertujuan untuk menghilangkan bau badan dan bakteri yang melekat di kulit tubuh. Atau jika tidak berani untuk mandi, gunakan handuk lembut dan usapkan ke sekujur tubuh hingga ke sela - sela kulit

  6. Menjaga kebersihan mulut dan gigi. Hal ini mengingat ada banyak bakteri dan kuman yang terdapat pada mulut dan gigi. Tindakan ini dapat mencegah tingkat keparahan penyakit, radang tenggorokan semakin meluas dan meredakan gejala flu dan pilek. Karena mulut dan gigi paling dekat dengan saluran pernafasan bagian atas, maka hal ini sangat penting dilakukan. Bersihkanlah mulut dan gigi secara rutin dengan pasta gigi minimal 3 kali dalam sehari

  7. Walaupun dianjurkan untuk melakukan istirahat yang cukup, bukan bearti selalu tiduran dalam kondisi bermalas - malas. Melakukan aktivitas olahraga ringan dapat dilakukan latihan pernafasan, jalan santai atau sejenisnya. Namun, hindari tubuh terlalu lelah. Sangat dianjurkan melakukan aktivitas olahraga ringan diantara jam 07.00 hingga jam 09.00 (ketika matahari akan terbit dan sebelum jam 10.00 pagi untuk menghindari bahaya sinar ultraviolet)

  8. Menghindari atau menghentikan kebiasaan buruk yang dapat merugikan tubuh seperti merok^k. Karena asap dari rokok dapat memperparah penyakit serta memperlambat proses penyembuhan. Kandungan senyawa kimia berbahaya pada rok*k juga dapat merusak lapisan mukosa pada saluran pernafasan bagian atas (hidung), sehingga bakteri ataupun virus dapat masuk dan berkembang biak dengan mudah
Setelah melakukan beberapa tindakan di atas, langkah selanjut mengenai cara mengobati flu tanpa obat dapat dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini. Cara ini juga dapat menyembuhkan pilek, sakit tenggorokan akibat dari flu dan pilek, hidung tersumbat, suara serak basah dan sejenisnya. Pilih salah satu saja atau beberapa diantaranya sebagai berikut :
  1. Menghilangkan hidung tersumbat dapat dilakukan dengan cara menghirup uap air hangat dari  rebusan daun kunyit, jahe dan lengkuas. Lakukan ini dipagi hari. Cara ini dapat membantu meredakan pilek, flu dan hidung tersumbat. Sehingga akan melegakan saluran pernafasan.atas. Beberapa cara lain yang dapat anda lakukan selain menggunakan dedaunan tersebut, anda dapat menggunakan minyak kayu putih, eukaliptus, pepermin, atau minyak pohon teh.

    Teteskan minyak kayu putih di atas air panas, selanjutnya hidup uapnya. Tindakan ini pula dapat mengencerkan lendir, sehingga lendir dapat dengan mudah keluar. Jangan lupa untuk mengeluarkan lendirnya jika menetes

  2. Berkumur dengan air garam hangat dapat membasmi bakteri pada daerah mulut, gigi dan tenggorokan. Lakukan berkumur dengan cara kepala menghadap ke atas, namun hati - hati tersedak. Untuk menambah khasiat dari obat flu berat ini, tambahkan minyak pohon teh. Tindakan ini dapat meredakan sakit tenggorokan

  3. Perbanyak bawang putih pada setiap masakan yang anda konsumsi. Misalnya saja, jika anda memasak hanya menggunakan 2 siung bawang putih saja, ketika dalam kondisi pilek dan flu maka anda dapat menambahkannya menjadi 3 hingga 4 siung. Hal ini sangat bermanfaat, karena bawang putih bersifat anti peradangan dan anti bakteri serta dapat meningkatkan imunitas tubuh melawan infeksi penyakit dan menangkal radikal bebas di dalam darah.

  4. Mengkonsumsi ramuan herbal penghilang flu dan pilek. Agar flu cepat sembuh tanpa obat dalam sehari, langkah ini dapat menjadi solusi terbaik ditambahkan dengan beberapa kombinasi pada langkah tindakan pertolongan pertama di atas. Ramuan herbal yang dimadsud adalah terbuat dari rempah - rempah pilihan seperti jahe merah, kencur dan biji cengkeh.  Jahe memiliki khasiat anti virus yang dapat meredakan flu dan pilek serta sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

  5. Cara membuat ramuan tersebut cukuplah mudah, Caranya sebagai berikut : Sediakan 1 ruas jahe, 1 ruas kencur, 1 sdt gula merah halus alami atau 1 sdm madu murni dan 5 biji cengkeh. Seduh dengan air panas dan selagi hangat minum secara rutin 2 kali sehari. Selain itu, Anda dapat mengkonsumsi minuman penghangat tubuh seperti  bandrek, wedang ronde, bajigur atau sejenisnya

  6. Mandi uap dapat dilakukan untuk melegakan sesak nafas dan tenggorokan serta mengencerkan dahak. Cara yang dapat anda lakukan untuk mandi uap adalah dengan merebus beberapa dedaunan herbal. Jika ingin melakukan ini, anda dapat menyediakan 3 helai daun serai, 1 lembar daun lengkuas, 4 helai daun jahe, 1 lembar daun kunyit dan 2 lembar daun kencur. 

  7. Tindakan ini dapat mengobati flu secara alami. Selain itu, mandi uap dengan ramuan ini dapat meredakan gejala penyakit, meningkatkan proses detoksifikasi tubuh (mengeluarkan racun di dalam tubuh melalui keringat), meredakan sakit tenggorokan sekaligus sesak nafas, mengencerkan dahak di paru - paru dan hidung. Bagaimana cara melakukannya ?

    Cara melakukannya sangatlah mudah. Jika anda memiliki perlengkapan alat mandi uap, beberapa persiapan dedaunan tapi disertai air bersih dapat anda rebus. Kemudian berdiamlah selama 15 - 20 menit. Uap tersebut akan masuk melalui celah pori - pori kulit dan membuat tubuh anda akan mengeluarkan keringat berupa rancun tubuh yang dikeluarkan.

    Setelah melakukan ini, dilarang langsung mandi. karena akan merubah suhu panas tubuh. Dikarenakan mandi uap akan kehilangan banyak cairan, sebaiknya anda disarankan untuk makan dan minum sesuai dengan langkah sebelumnya di atas. Kami sarankan pula, anda tidak mandi, cukup mengusap tubuh dengan kain hangat saja. Lakukan cara ini di pagi hari saja dalam waktu 2 kali dalam seminggu. Jika pilek dan flu telah sembuh, hentikan.

  8. Selalu menjaga kebersihan tak luput dari cara mengobati flu tanpa obat dan penting sekali untuk dilakukan. Menjaga kebershan dimaksud seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar, tempat tidur terutama bantal, guling dan seprai kasur, mencuci tangan sebelum makan dan membersihkan rambut hidung
Selain beberapa cara di atas, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan, anda dapat melakukan beberapa tindakan berikut seperti :
  • Mengenakan masker jika berada di luar rungan terbuka untuk menghindari polusi udara dan mencegah penyebaran virus kepada orang lain
  • Menghindari stres berkepanjangan
  • Melakukan sugesti kepada diri anda sendiri bahwa sistem kekebalan tubuh anda dapat membasmi penyakit flu dan pilek. Lakukan sugesti sebelum tidur
Jika beberapa pengobatan alami mengatasi flu dan pilek di atas tidak memberikan hasil secara maksimal dan cenderung tak kunjung sembuh, kami sarankan anda segera untuk berkonsultasi kepada dokter. Langkah ini dapat dilakukan apabila gejala yang muncul telah berlangsung selama 8 hari disertai demam tinggi dengan suhu di atas 38 derajat celcius, rasa sakit pada persendian, kesulitan bernafas, rasa mual disertai muntah dan kepala pusing. Hal ini untuk menghindari resiko penyakit pneumonia dan bronkitis akut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 17 Cara Mengobati Flu Pilek Sakit Tenggorokan Tanpa Obat Kimia

0 komentar: