Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

√ 10+ Cara Mengatasi Rambut Rontok Berjilbab Secara Alami

Menggunakan jilbab merupakan tantangan dan ujian tersendiri bagi seorang wanita muslim. Baik itu ujian datangnya dari lingkungan sekitar maupun dari dirinya sendiri seperti halnya masalah rambut rontok parah, gerah, rambut lepek, bercabang, ketombe dan sebagainya. Tentu saja permasalahan tersebut harus disikapi dengan hati dingin untuk menemukan solusi yang tepat mengatasi rambut rontok berjilbab. Jangan sampai, beberapa keluhan yang datangnya dari diri kita sendiri membuat kemantapan hati menjadi goyah untuk mengenakan jilbab. Nah, pada artikel yang singkat ini kami akan memberikan solusi disertai tips untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun, cobalah untuk membacanya secara perlahan - lahan.

Jika anda seorang wanita berjilbab, tak perlu panik dan kuatir jika menemukan rambut rontok ketika sedang keramas, bersisir atau menemukannya dibantal tempat tidur atau di hijab yang anda kenakan, jika kerontokan tersebut masih berada pada batas normal diangka 10 hingga 50 helai perharinya. Karena disetiap harinya pula rambut baru akan tumbuh untuk menggantikan rambut lama. Namun, naluriah perasaan cemas tetap saja menghantui karena takut akan terjadinya penipisan rambut ataupun menimbulkan kebotakan di usia dini. Jika itu terjadi dan melebihi ambang batas normal, hal inilah yang harus segera di atasi segera dengan melakukan perawataan rambut rontok untuk wanita berjilbab.

Diperlukan perawatan khusus untuk mengatasi rambut rontok berjilbab. Atasi segera dengan cara alami di sini. Dijamin rambut rontok parah hilang dengan segera !

Seringkali menjadi bahan pertanyaan dari permasalahan ini, apakah berjilbab menyebabkan rambut rontok? Fakta membuktikan, pada dasarnya memang benar adanya demikian. Hal itu disebabkan karena adanya keringat yang keluar dari kulit kepala akibat udara panas tertutupi jilbab, akibatnya akan menjadi lembab, mudah rapuh, lepek dan kepanasan. Lantas jika ini memang benar, apakah anda akan melepaskan jilbab yang anda kenakan ? Tentu saja jawabannya tidak.

Tips dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Berjilbab

Walaupun rambut tertutupi jilbab dan tak terlihat oleh orang lain yang bukan muhrim, bukan bearti wanita berjilbab mengabaikannya begitu saja. Anda pasti setuju dengan hal itu. Karena tetap saja, rambut menjadi salah satu faktor penambah kecantikan pada diri seorang wanita, apalagi di hadapan suami tercinta atau keluarga di rumah.

Langkah pertama untuk menghentikannya adalah dengan mengenali penyebab kerontokan pada rambut yang anda alami. Dengan begitu, anda dapat mengatasinya secara tepat sekaligus mencegah permasalahan tersebut datang kembali. Untuk itu, cobalah anda baca lebih lanjut beberapa hal berikut ini yang dapat menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut di bawah ini sekaligus disertai beberapa solusi dan tips untuk anda mengatasinya :

  • Gunakan Hair Dryer Dengan Benar

Hair dryer sering menjadi penyebab utama. Kesalahan dalam penggunaannya dapat membuat stuktur penyusun rambut menjadi rapuh berakibat mudah patah, bercabang dan kering hingga berakibat rambut rontok parah. Karena dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggunya kering, kebanyakan wanita berjilbab menggunakan alat bantu untuk mengeringkan rambutnya dengan alasan terburu - buru akan suatu hal seperti tak ingin terlambat bekerja, kuliah atau aktivitas lainnya.

Hair dryer sering menjadi penyebab utama. Kesalahan dalam penggunaannya dapat membuat stuktur penyusun rambut menjadi rapuh berakibat mudah patah, bercabang dan kering hingga berakibat rambut rontok parah.

Jika anda ingin tetap menggunakan hair dryer, gunakanlah dengan tepat. Caranya adalah tidak mengeringkan rambut yang terlalu basah. Jika anda lakukan, itu sama saja menyelupkan rambut anda di dalam air mendidih. Gunakan handuk lembut untuk mengeringkannya terlebih dahulu dan usaplah secara perlahan. Apabila sudah agak kering, gunakanlah hair dryer namun jangan gunakan terlalu dekat. Untuk mengatasi masalah tergesa - gesa, yang perlu anda lakukan adalah melakukan managemen waktu. 

  • Lindungi Dari Udara Panas

Berada di luar ruangan apalagi terpapar oleh sinar matahari akan menyebabkan kulit kepala mengeluarkan keringat. Akibatnya berdampak pada kondisi kesehatan rambut mengalami gerah dan lepek. Ketika itu terjadi, maka  kondisi tersebut akan membuat sekam pada rambut. Selain itu, bahan jilbab yang tidak tepat atau menimbulkan panas dan tidak menyerap keringat dapat memperburuk keadaan. Sedapat mungkin anda harus menghindarinya dan tetap berada di lingkungan sekitar dengan tingkat suhu udara tak terlalu panas.

  • Pilih Model Rambut dan Bahan Jilbab Yang Tepat

Tips mengatasi rambut rontok berjilbab selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan jilbab dan model rambut yang tepat. Anda harus menghindari penggunaan bahan jilbab yang dapat menimbulkan rasa panas ataupun gerah jika dikenakan. Ada berbagai pilihan jilbab dengan beragam modelnya. Namun, kami sarankan pilihlah jilbab dengan warna lembut tidak ngejreng atau terlalu mencolok yang terbuat dari kain berbahan ceruti, katun, spandek, hycon, voile dan sebagainya agar kulit kepala terasa nyaman dan sirkulasi udara tetap terjaga.

Tips mengatasi rambut rontok berjilbab selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan jilbab dan model rambut yang tepat.

Karena tertutupi oleh jilbab bukan bearti anda mengabaikan model rambut anda pada saat itu. Kebanyakan wanita lebih memilih untuk memotong rambutnya kemudian menyisakannya sebatas bahu atau lingkar leher belakang. Mungkin alasannya adalah untuk menghindari perawatan rambut yang terlalu rumit. Seperti keramas, sulit untuk dikeringkan, mengikatnya ketika mengenakan jilbab dan sebagainya. Lagi pula, rambut yang pendek sebatas bahu juga tak membutuhkan untuk diikat, cukup menggunakan ciput (dalaman kerudung). Cara ini dapat membantu anda. Namun jika cara ini tidak anda sukai, anda dapat melakukan perawatan rambut seperti biasanya.

  • Gunakan Jilbab Jika Rambut Sudah Kering dan Sisir Bergigi Jarang

Cara ini berkaitan dengan tips nomor satu di atas. Jangan sampai anda mengenakan jilbab ketika rambut masih basah. Kelembaban rambut yang terlalu tinggi akan memberikan masalah baru seperti rambut lepek, bau dan bercabang, apalagi disertai udara panas di sekeliling anda akan memperburuk keadaan.

Menggunakan hair dryer adalah pilihan tepat, namun gunakanlah dengan benar atau jika anda tidak menyukainya, menggunakan kipas angin dapat menjadi solusi alternatif. Lagipula mengeringkan rambut dengan kipas angin sangat aman bagi rambut anda. Selain itu, menggunakan sisir bergigi jarang akan menambah ruang gerak bagi si rambut. Sehingga tidak mudah rontok dan menempel di sisir.

  • Hati - Hati dengan Sampo Pilihan Anda

Ada banyak sekali produk sampo yang beredar luas di pasaran saat ini. Kami tidak mengatakan, sampo pilihan anda tidak baik bagi kesehatan rambut anda. Ada banyak sekali produk sampo yang beredar luas di pasaran saat ini. Kami tidak mengatakan, sampo pilihan anda tidak baik bagi kesehatan rambut anda. Hanya saja mungkin karena ketidakcocokan. Hal ini wajar saja, karena setiap orang pasti tidak akan menggunakan produk yang sama, walaupun ada diantaranya mengalami kecocokan yang sama. Gunakanlah sampo khusus wanita berjilbab dengan memberikan sensasi dingin, kering dan wangi.


Walaupun anda telah menggunakan sampo khusus wanita berjilbab, janganlah terlalu sering menggunakan sampo untuk keramas. Cukup melakukannya sebanyak tiga kali sehari di waktu pagi. Dengan begitu, akar dan stuktur rambut akan tetap terjaga dari kulit kepala berminyak, kotoran dan berketombe.

  • Istirahatkan Rambut

Jika anda menggunakan microskop untuk melihat struktur anatomi rambut, maka anda akan melihat hal yang luar biasa. Anda akan melihat dan mengetahui berbagai kondisi ketika rambut dikatakan rapuh, berketombe, mudah patah, berminyak dan sebagainya. Bagi seorang wanita berjilbab, mengistirahatkan rambut adalah pilihan tepat untuk menghindari beberapa hal tersebut.

Jika diluar ruangan atau ketika bertemu dengan orang lain yang bukan muhrimnya, anda dapat mengenakan hijab. Namun, ketika di rumah bersama dengan suami dan anak - anak, sebaiknya tidak menggunakan jilbab atau jika anda tetap ingin menggunakannya, gunakanlah jilbab yang mudah dilepaskan dengan pilihan bahan jilbab yang tepat.

  • Atasi Dengan Minyak Kemiri

Sejak dari zaman dahulu sebelum ditemukannya berbagai produk sampo, minyak kemiri kerapkali dijadikan pilihan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada rambut, seperti untuk menghilangkan rambut rontok, menghentikan ketombe, mengusir kutu, menghitamkan rambut, membuatnya tampak berkilau, mendorong pertumbuhan rambut baru, menjaga kesehatan kulit kepala dan lainnya. Bahkan, minyak kemiri asli dapat digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut di bawah perut, pada jenggot, dada, jambang dan daerah lainnya.

Sejak dari zaman dahulu sebelum ditemukannya berbagai produk sampo, minyak kemiri kerapkali dijadikan pilihan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada rambut, seperti untuk menghilangkan rambut rontok

Cara ini tergolong aman, sangat cepat dan efektif untuk dilakukan karena minyak kemiri memiliki aroma wangi dan tidak berbau, lagi pula mudah untuk digunakan. Anda dapat menggunakannya setiap hari jika rambut rontok parah atau menggunakannya 4 kali sehari untuk perawatan.

Begitu banyak manfaat yang diberikan itu dikarenakan kandungan di dalam minyak kemiri terdapat asam linoleat dan omega 3 dan telah dibuktikan oleh pakar kesehatan rambut. Kami sarankan anda menggunakan minyak kemiri asli yang dapat anda temukan di beberapa apotik atau toko online dengan harga antara Rp 150.000,- hingga Rp 200.000,- ukuran 1 botol dengan berat 200 gram beserta isinya.

  • Lidah Buaya

Banyak orang menyarankan begitu juga ahli kecantikan untuk menggunakan lidah buaya sebagai solusi mengatasi dan merawat rambut rontok. Sebuah saran yang sangat tepat untuk dilakukan. Karena telah banyak cukup bukti akan keberhasilannya. Bahkan tumbuhan kaktus memiliki protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B dan C digunakan sebagai bahan dasar pembuatan beberapa produk kecantikan seperti sampo, sabun dan lotion pelembab kulit.

Banyak orang menyarankan begitu juga ahli kecantikan untuk menggunakan lidah buaya sebagai solusi mengatasi rambut rontok.

Dengan begitu banyaknya kandungan zat aktif, mineral dan vitamin di dalamnya, sehingga sangat baik digunakan sebagai nutrisi alami dan memberikan vitamin rambut rontok anda. Cara menggunakannya pun sangatlah mudah, tinggal ambil beberapa daun lidah buaya atau secukupnya, kemudian bagian isi dari lidah buaya diusapkan keseluruh ujung hingga ke pangkal rambut dan lakukan pijatan kecil. Tunggu selama 30 menit dan bilas rambu anda dengan air bersih jika telah selesai menggunakannya.

  • Santan Kelapa

Beberapa penelitian membuktikan, santan kelapa mengandung beragam mineral alami, senyawa aktif dan vitamin diantaranya adalah potasium, magnesium, tembaga, fosfor, selenium, seng, folat, vitamin C, E, B6, K, thiamin, kolin, niacin, kalsium dan asam patotenat, yang diperlukan bagi si rambut untuk memperlambat terbentuknya uban, menghentikan kerontokan rambut, membuat akar rambut menjadi kokoh dan menyuburkan, mencegah rambut kering, berkombe, membuatnya tampak berkilau dan sebagainya.

Jika anda ingin menggunakan cara ini, gunakan santan kelapa asli dari 1/2 butir kelapa tua. Ambil santan kental yang diperoleh dari campuran 1/2 kelapa tua dan 1 gelas air bersih. Gunakan santan tersebut untuk membasahi rambut anda dengan menggunakan telapak tangan sambil melakukan pijatan lembut. Tunggu selama 30 menit dan cuci bersih jika telah selesai menggunakannya. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali seminggu secara rutin selama 1 bulan dan lihat hasilnya.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Belum dirasa cukup jika anda hanya melakukan perawatan rambut dari bagian luar saja, dibutuhkan nutrisi dan vitamin bagi si si rambut dari dalam untuk mengatasi permasalahan ini.

Belum dirasa cukup jika anda hanya melakukan perawatan rambut dari bagian luar saja, dibutuhkan nutrisi dan vitamin bagi si si rambut dari dalam untuk mengatasi permasalahan ini. Menghindari makanan cepat saji, junk food, berpengawet dan sebagainya adalah hal wajib yang harus anda lakukan. Konsumsilah beberapa buah - buahan dan sayuran yang mengandung potasium, vitamin B6, B12, vitamin C, K, folat dan kalsium, terdapat pada pisang, bayam, buncis, salmon, brokoli, kangkung, alpukat, jamur tiram dan daging sapi segar.

Dari beberapa tips dan cara di atas, anda dapat memilih salah satu atau diantaranya. Semoga dengan apa yang kami sampaikan pada artikel yang singkat ini, telah dapat memberikan jawaban bagi anda untuk mengatasi rambut rontok berjilbab menggunakan bahan alami. Jika anda ingin repot dengan beberapa perawatan tersebut, mengunjungi rumah kecantikan atau SPA adalah pilihan tepat. Namun, perawatan yang diberikan pastinya membutuhkan biaya tak sedikit, karena untuk sekali perawatan saja berkisar antara Rp 150.000,00 hingga Rp 300.000,00 tergantung dari jenis perawatan.

Oya, anda dapat membaca artikel kami lainnya terkait dengan hal ini disini. Kemudian, ketika beberapa cara dalam waktu tertentu telah anda lakukan, namun yang anda rasakan adalah kepala sering pusing dan rambut rontok, kami sarankan anda untuk mengunjungi dokter, karena ada kemungkinan hal tersebut dapat menandakan gejala penyakit tertentu. Namun, anda tak perlu kuatir sebelu dilakukannya pemeriksaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : √ 10+ Cara Mengatasi Rambut Rontok Berjilbab Secara Alami

0 komentar: