Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Ampuh √ 9+ Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami

Cara meluruskan rambut seringkali menjadi pilihan bagi seorang pria maupun wanita yang memiliki model rambut keriting, bergelombang dan ikal. Alasan ini dipilih bukan tanpa sebab, melainkan untuk merubah gaya agar tampil lebih maksimal dan percaya diri dihadapan orang banyak atau sedang mengikuti model rambut trend masa kini kian digemari. Walaupun pria juga malakukannya, namun sebagian besar model rambut lurus lebih banyak diminati oleh kaum wanita.

Misalnya saja seperti yang dilakukan oleh seorang aktris wanita cantik bernama Atiqah Hasiholan, lebih memilih untuk meluruskan rambut daripada mempertahankan bentuk rambut tebal bergelombang. Menurutnya, rambut lurus itu lebih praktis, tidak mudah kusut dan dapat disesuaikan dengan gaya rambut apapun serta bentuk wajah seseorang, seperti potongan berponi, ikat kuncir, kepang, potong sebahu, potongan ala wanita jepang dan sebagainya.

Namun, sebagian besar kaum wanita telah melakukan kesalahan akibat dari cara meluruskan rambut yang ia lakukan menggunakan alat - alat penata rambut dan bahan kimia seperti rebonding, smoothing, dan sebagainya. Memang memberikan hasil yang cepat, hanya membutuhkan waktu 20 menit rambut keriting menjadi lurus. Namun, tanpa disadari permasalahan baru akan muncul dikemudian hari seperti rambut rontok, bercabang, kering dan rapuh. Bukannya ingin tampil lebih anggun dan elegan, malah dapat menurunkan rasa percaya diri. Tentu saja anda tidak mau seperti itu bukan ?

Terbukti ampuh dengan penjelasan ilmiah berupa cara meluruskan rambut keriting secara alami tanpa rebonding. Rambut keriting, ikal, bergelombang pun menjadi lurus.

Padahal tanpa kita sadari selama ini, ada beberapa cara alami meluruskan rambut tanpa rebonding ataupun smoothing yang dapat anda lakukan. Selain biaya perawatannya cukup ekonomis tanpa harus merogoh saku untuk mengunjungi rumah kecantikan, sisi lainnya memberikan hasil secara permanen. Lagi pula cara ini mudah dan praktis untuk anda lakukan di rumah. Namun disamping tidak menimbulkan efek samping, anda harus bersabar untuk menunggu hasilnya. Paling tidak dalam 1 hingga 4 minggu pemakaian.

Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Seringkali minyak ini digunakan sebagai media untuk menumis bumbu dapur karena memberikan rasa dan aroma wangi yang khas serta rendah kolesterol. Selain itu, manfaat minyak zaitun lebih banyak digunakan untuk perawatan kecantikan, terutama bagi kulit dan rambut. Misalnya saja untuk menjaga kehalusan kulit, menyamarkan noda hitam, menghilangkan jerawat, mempercepat pertumbuhan rambut baru, memperlambat pertumbuhan uban, mengatasi rambut rontok, kering dan berminyak serta manfaat lainnya.

Simak beberapa langkah praktis cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun berikut ini :

Anda tak perlu kuatir karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, minyak zaitun mengandung sejumlah mineral, zat aktif dan vitamin diantaranya karbohidrat, kalsium, protein, zat besi, vitamin A, B kompleks, vitamin C, D dan E yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Cara ini merupakan pilihan tepat untuk anda lakukan dikarenakan bukan hanya rambut lurus yang akan anda dapatkan, beberapa manfaat lainnya seperti rambut berkilau, tumbuh subur, lurus secara permanen serta lainnya pun akan anda peroleh jika melakukannya secara rutin.

Simak beberapa langkah praktis cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun berikut ini :
  1. Siapkan 3 sdm minyak zaitun atau secukupnya sesuai dengan kondisi rambut anda
  2. Teteskan pada kedua telapak tangan, kemudian usap hingga tangan telapak tangan terlumuri minyak zaitun
  3. Usapkan ke seluruh permukaan rambut hingga ke sela - sela kulit kepala sambil melakukan pijatan lembut
  4. Gunakan sisir pelurus rambut atau sisir bergigi jarang untuk membantu melemaskan rambut
  5. Tunggu selama 2 jam pemakaiaan
  6. Selanjutnya cuci bersih rambut anda dengan air bersih atau sampo condisioner pilihan anda
Lakukan secara rutin dalam waktu 1 minggu  2 hingga 3 kali pemakaian.

Beberapa Tetes Dari Minyak Biji Kedelai

Minyak kedelai merupakan salah satu dari minyak nabati yang terbuat dari tanaman kedelai. Seringkali kita melihat dan mendengar di media televisi bahwa kedelai dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kecap, tahu, tempe dan olahan makanan lainnya. Selain itu, kedelai juga dikenal dengan makanan bernilai gizi tinggi dengan harga ekonomis.

Dari sebuah penelitian oleh para ahli mengungkapkan manfaat minyak kedelai untuk rambut

Setiap 100 gram kedelai mengandung serat, 40% protein, 20% lemak nabati dan sisanya terdapat kalium, magnesium, omega 3, fosfor, kalsium, lesitin, isoflavon dan beberapa vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6 dan E. Sehingga sangat baik dikonsumsi oleh tubuh baik berupa susu kedelai atau olahan dari biji kedelai yang dapat mengatasi menurunkan kolesterol darah, meningkatkan kecerdasan, mencegah osteoporosis dan sebagainya.

Dari sebuah penelitian oleh para ahli mengungkapkan manfaat minyak kedelai untuk rambut diantaranya kandungan lesitin dapat membantu memperbaiki pembuluh darah arteri dan vena dikulit kepala, isoflavon berfungsi untuk memberikan nutrisi untuk rambut dan manfaat lainnya termasuk untuk meluruskan rambut bergelombang, ikal dan keriting.

Anda dapat menemukan minyak kemiri dibeberapa toko online atau di apotek tempat kediaman anda. Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya diteteskan di telapak tangan kemudian usapkan pada seluruh rambut. Tunggu selama 1 jam dan cuci rambut anda dengan sampho condisioner. Aturan pemakaian sama halnya dengan minyak zaitun.

Santan Kelapa Kental

Seringkali digunakan untuk menambah cita rasa gurih pada suatu masakan. Namun, tahukah anda manfaat santan kelapa untuk rambut ? Anda tak perlu kuatir, hasilnya telah terbukti. Banyak orang terdahulu dan sekarang menggunakan santan kelapa untuk menjaga kesehatan rambutnya. Beberapa nutrisi alami disetai vitamin seperti protein nabati, zat besi, mangan, kalsium dan vitamin E telah terbukti memberikan segudang manfaat bagi kesehatan rambut termasuk meluruskan rambut yang kriting sekalipun.

Selain itu, jika anda mengalami masalah rambut berketombe, rontok, ingin tampak berkilau dan mencegah pertumbuhan uban di usia dini, atasi saja dengan santan kelapa kental. Caranya cukup mudah, peras ampas kelapa dari 1/2 butir kelapa tua. Tambahkan 1 gelas air matang, ambil santan kentalnya. Nah, santan tersebutlah yang akan anda gunakan untuk melumuri seluruh rambut. Gunakan sisir bergigi jarang untuk membantu pelurusan.

Tanaman Lidah Buaya

Telah terbukti secara ilmiah, manfaat lidah buaya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan ekstrak gel lidah buaya telah banyak dijadikan berbagai macam produk makanan dan minuman seperti nata decoco, minuman kemasan, jus lidah buaya dan camilan sehat yang bernilai gizi tinggi. Selain itu aneka produk obat obatan dan kecantikan juga terbuat dari bahan dasar gel lidah buaya seperti sampho, lotion pelembab kulit, sabun, masker wajah dan obat.

Lidah buaya juga merupakan bahan alami yang dapat dijadikan sebagai nutrisi terbaik bagi si rambut. Berbagai kandungan lidah buaya seperti protein nabati, serat, asam amino, fosfor, zat besi, kalsium, vitamin A, B dan C sangat ampuh mengatasi berbagai permasalahan rambut.

Lidah buaya juga merupakan bahan alami yang dapat dijadikan sebagai nutrisi terbaik bagi si rambut.

Kita dapat menggunakannya secara langsung untuk rambut tanpa perlu dilakukan pengolahan khusus. Jika anda ingin menggunakannya, beberapa langkah cara meluruskan rambut dengan lidah buaya berikut ini mungkin dapat membantu :
  1. Ambil beberapa tangkai daun lidah buaya atau menyesuaikan dengan kondisi rambut anda
  2. Kupas bagian kulitnya, ambil bagian isinya kemudian tempatkan pada wadah atau anda dapat menggunakannya secara langsung
  3. Usapkan gel tersebut ke seluruh rambut hingga rata dan lakukan pijatan lembut
  4. Gunakan sisir bergigi jarang untuk membantu proses pelurusan
  5. Tunggu selama 1 jam agar zat aktif pada lidah buaya dapat meresap ke lapisan kulit kepala
  6. Bilas dengan air bersih atau sampho condisioner

Gunakan Minyak Almond

Tips kelima, kita akan menggunakan minyak almond untuk meluruskan rambut. Beberapa tetes saja dari minyak almond yang anda kenakan pada rambut akan membuatnya tampak berkilau tanpa menimbulkan bau karena aromanya wangi. Sebuah pilihan tepat jika anda menggunakannya karena pada minyak almond terdapat semua jenis bahan alami yang berguna untuk memberikan kesehatan pada rambut seperti asam lemak omega 3, fosfolipid, protein nabati, magnesium, vitamin A, B dan E

Tips kelima, kita akan menggunakan minyak almond untuk meluruskan rambut.

Langkah penggunaannya sama saja dengan beberapa cara di atas. Namun, kami sarankan anda untuk menggunakan minyak almond dalam semalam, sebaiknya lakukan di malam hari agar tidak mengganggu aktivitas keseharian anda. Gunakan kerudung rambut untuk menutupi permukaan rambut. Sehingga, diwaktu paginya ketika mandi barulah anda cuci rambut cukup dengan air bersih tanpa sampo.

Masker Buah Pisang dan Madu Murni

Sepertinya terdengar sangat aneh. Selain dapat kita konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh terutama organ pencernaan, ternyata buah pisang dapat kita terapkan untuk mengatasi masalah rambut kering, rontok, kasar dan meluruskan rambut. Hal itu dikarenakan kandungan buah pisang memiliki berbagai nutrisi penting bagi rambut seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan beberapa mineral aktif seperti kalium, seng, sat besi dan mangan.

Cara ini tergolong cukup praktis dan dapat anda lakukan di rumah. Dianjurkan untuk menggunakan buah pisang dari jenis pisang ambon, susu, awak, raja, kapas dan pisang berkulit coklat kemerahan. Cara pemakaiannya, persiapkan 1 buah pisang matang yang tidak terlalu lunak. Kemudian tambahkan 2 sdm madu murni (bukan madu kemasan). Masukkan ke dalam blender dan tambahkan 1/4 gelas air matang. Gunakan pisang yang sudah halus tadi untuk melumuri rambut secara merata. Diamkan selama 1 jam. Selanjut jika telah selesai, gunakan sampho condisioner untuk mencuci bersih. Setelah rambut dicuci, gunakan sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut.

Dengan 3 sdm Minyak Jarak

Minyak jarak juga dikenal dengan nama Castor Oil. Pada dasarnya minyak jarang memang sejak dari zaman dulu digunakan untuk memberikan sentuhan perawatan bagi rambut dan kulit agar tetap sehat. Sebuah cara alami untuk membuat rambut menjadi lurus yang satu ini layak anda lakukan. Sebab, beberapa kandungan minyak jarak seperti protein nabati, omega 3, vitamin E dan asam lemak omega 9 sangat baik untuk memberikan nutrisi pada pori - pori kulit kepala dan membuat perubahan bentuk folikel rambut.

Minyak jarak juga dikenal dengan nama Castor Oil. Pada dasarnya minyak jarang memang sejak dari zaman dulu digunakan untuk memberikan sentuhan perawatan bagi rambut dan kulit agar tetap sehat.

Minyak jarak ini dapat anda gunakan untuk mewujudkan keinginan anda memliki rambut lurus dalam waktu cepat dan permanen. Penggunaannya sangatlah sederhana seperti pada penggunaan minyak almond. Tata cara pemakaian pun sama. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin setiap 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Dalam waktu 2 hingga 4 minggu pemakaian, anda akan melihat hasilnya.

Daun Seledri

Kemudian, ini adalah tips terakhir yang kami berikan untuk anda mengenai cara alami meluruskan rambut dengan daun selederi. Daun ini termasuk kedalam jeni sayuran yang seringkali digunakan untuk menambah aroma wangi pada suatu masakan seperti sayur sop, kuah bakso, soto dan sebagainya.

Tak pernah terpikirkan oleh kita, ternyata kandungan daun seledri seperti zink, protein nabati dan beberapa mineral lainnya dapat membantu untuk merubah bentuk rambut keriting, bergelombang ataupun ikal menjadi lurus. Cara menggunakannya ada 2 langkah yaitu persiapkan 50 gram daun seledri kemudian direbus atau diblender halus.

Jika anda ingin menggunakannya dengan cara diblender, persiapkan 50 gram daun seledri dan tambahkan 1/2 gelas air matang. Kemudian blender halus. Gunakan daun seledri yang telah dibleder untuk melumuri rambut hingga rata dan tunggu selama 1 jam. Kemudian jika anda menyukai cara direbus, persiapkan 50 gram daun selederi, selanjutnya tambahkan 500 ml air. Rebus hingga mendidih. Diamkan dingin. Gunakan air rebusan itu untuk keramas sambil menggunakan sisir bergigi jarang. Tunggu selama 1 jam setelah itu bilas rambut anda dengan air bersih.

Akhirnya, anda telah membaca tulisan ini hingga akhir kalimat. Kami dapat mengatakan bahwa beberapa cara di atas merupakan tips meluruskan rambut keriting dijamin manjur, dengan syarat jika anda melakukannya secara rutin. Karena tidak mungkin jika anda ingin mendapatkan rambut yang lurus apalagi dengan menggunakan cara alami kemudian ingin mendapatkan hasilnya secara instan dan cepat. Paling tidak anda harus menunggu hasilnya selama 1 hingga 4 minggu pemaikaian secara rutin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ampuh √ 9+ Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami

0 komentar: