Berisikan informasi gejala penyakit dan tips kesehatan bermanfaat lainnya.

7 Obat Asam Urat Alami Dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya

Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwasanya untuk mengobati penyakit radang persendian ini, kita dapat menggunakan obat asam urat alami dari tumbuhan. Namun, mereka lebih memilih menggunakan obat yang ada diapotik atau obat - obatan yang diberikan oleh dokter. Perlu anda ketahui sebagian besar obat yang beredar, hanya memiliki fungsi untuk mengurangi rasa sakit sesaat, bukan untuk menghilangkan atau mengobati asam urat, yang mana sewaktu - waktu penyakit tersebut dapat kambuh kembali.

Pilihan tersebut mereka ambil mungkin saja karena faktor ketidaktahuan atau mereka ingin merasakan manfaatnya secepat kilat. Padahal obat - obatan yang beredar tersebut, apabila dikonsumsi tanpa sepengetahuan dokter, berkemungkinan menimbulkan efek samping dalam jangka waktu tertentu bagi kesehatan anda dikemudian hari. Apalagi dikonsumsi tidak sesuai aturan.

Keluhan penyakit asam urat, pada umumnya dapat dirasakan dan dialami oleh seorang pria maupun wanita yang telah memasuki usia 40 tahun ke atas. Namun, berdasarkan catatan angka kesehatan dunia yang diperoleh dari WHO, penyakit ini lebih didominasi oleh pria dibandingkan wanita. Kenapa demikian ? Hal itu dikarenakan, dalam kondisi sehat pun apabila dilakukan pengecekan, maka dapat ditemukan perbandingan nilai normal asam urat pria dan wanita adalah 2 : 1.

Wanita memiliki peluang lebih kecil dikarenakan, mereka memiliki hormon estrogen yang dapat membantu untuk mengeluarkan asam urat melaui sistem metabolisme tubuh menjadi lebih efektif. Namun, jika seorang wanita telah memasuki usia monopause (umumnya diusia 50 tahun ke atas), maka secara bertahap mereka akan kehilangan fungsi ini seiring dengan bertambahnya usia.

Apakah Kadar Asam Urat di Dalam Tubuh Anda Normal ?

Bagaimana dengan kondisi kesehatan anda ? Apakah kadar asam urat di dalam tubuh anda berada diangka normal atau melibihi batas normal (tinggi) ? Berapakah nilai normal asam urat pria dan wanita ? Untuk lebih jelasnya, coba anda perhatikan tabel di bawah ini :

Usia dan Gender
Batas Bawah
Batas Atas
Laki - Laki Dewasa
2 mg/dL
7,5 mg/dL
Wanita Dewasa
2 mg/dL
6,5 mg/dL
Laki - Laki lansia 40 tahun ke atas
2 mg/dL
8,5 mg/dL
Wanita lansia 40 tahun ke atas
2 mg/dL
8 mg/dL
Anak Laki – Laki usia 10 – 18 tahun
3,6 mg/dL
5,5 mg/dL
Anak Perempuan usia 10-18 tahun
3,6 mg/dL
4 mg/dL

Berapakah usia anda ? perhatikan tabel di atas, jika kadar uric acid di dalam tubuh anda berada di antara batas bawah dan batas atas, itu menandakan asam urat normal dan anda tak perlu kuatir dengan kondisi tersebut, Namun, begitu sebaliknya. Jika sudah mendekati batas atas, sebaiknya perlu berhati - hati, karena anda memiliki kemungkinan besar untuk terkena penyakit radang persendian.


Bagaimana menurunkan asam urat ? Ini dia tanaman obat alami asam urat yang ampuh yang ada disekeliling kita, tidak tergantung obat-obatan kimia.

Perlu anda ketahui, sebenarnya uric acid di dalam tubuh kita memiliki fungsi yang teramat penting lho... fungsi asam urat adalah sebagai salah satu zat yang ada di dalam tubuh kita untuk membantu proses regenerasi sel - sel yang rusak. Dapat di bayangkan bagaimana tubuh kita jika tidak memiliki zat ini ? tentu saja sel yang rusak tidak akan diperbarui.

Namun, disaat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin seperti makanan yang berasal dari produk hewani dan nabati diantaranya kacang - kacangan, daging jenis tententu, buah - buahan jenis tertentu (emping), sayuran jenis tertentu dan sebagainya, maka kadar uric acid di dalam tubuh kita akan meningkat. Dalam kondisi seperti ini, secara otomatis ginjal akan bekerja untuk membantu mengeluarkan uric acid berlebih yang tidak dibutuhkan.

Penumpukan uric acid di dalam tubuh bisa terjadi oleh siapa saja. Apabila fungsi ginjal pada diri seseorang tidak bekerja secara maksimal. maka kadar asam urat di dalam tubuh nya akan meningkat. Ini bearti ia memiliki kelainan genetik pada ginjal yang dimilikinya. Disisi lain, faktor usia juga turut mempengaruhi. Dikarenakan usia semakin menua, secara tidak langsung fungsi ginjal akan menurun. Apabila ia tetap mengkonsumsi makanan penyebab asam urat tanpa terkontrol, berkemungkinan besar di usianya yang ke sekian tahun, ia akan mengalami masalah kesehatan di daerah persendian.

Namun, jika kondisi tersebut terjadi pada diri seseorang yang memiliki fungsi ginjal yang normal, maka ginjal akan menetralkan asam urat dengan cara mengeluarkan uric acid yang tidak dibutuhkan melalui saluran pembuangan berbentuk urine dan kotoran (fases).

Jika tidak mampu dinetralkan, maka zat asam tersebut akan mengendap di urat daerah persendian dan ginjal. Pada awalnya endapan tersebut hanya akan membentu micro kristal. Namun, endapan tersebut dalam waktu tertentu akan membentuk kristal keras dan lambat laun akan membatu. Endapan juga dapat terjadi di ginjal, karena volumenya berlebih, ginjal tidak mampu mengubah asam untuk dikeluarkan dalam bentuk urine atau fases. Inilah mengapa dalam dunia kedokteran dikenal dengan "batu ginjal". Dan apabila ini terjadi, maka si pasien wajib menjalani proses cuci darah selama hidupnya, alasannya disebabkan darah pada si pasien tersebut sudah bersifat asam yang akan meracuni organ lainnya jika ia tidak menjalani cuci darah.

Bagaimana Cara Menurunkan Asam Urat ?

Pada awal ditemukan gejala, penyakit ini dapat dirasakan dengan tanda - tanda seperti tubuh selalu merasa lelah disertai pegal - pegal linu, namun belum terasa sakit di persendian, Kemudian gejala lanjutan, disertai sering merasakan kesemutan terutama daerah kaki, sering merasakan sakit didaerah persendian seperti tertusuk - tusuk. Rasa sakit didaerah persendian akan dirasakan sangat hebat terutama dimalam hari dan jika persendian ditekan rasa sakit akan bertambah.

Umumnya, penyakit ini menyerang bagian kaki. Namun, tak menutup kemungkinan, asam urat kronis dapat hinggap di daerah persendian manapun seperti jari jemari, lengan, engsel kaki dan sebagainya.

Coba anda perhatikan gambar kaki penderita asam urat di atas. Kondisi tersebut sudah cukup parah. Karena kristal asam sudah membatu di daerah persendian. Hal yang buruk yang akan terjadi adalah, kesulitan untuk melakukan aktvitas seperti berjalan dan sebagainya. Ini akan berdampak buruk yang dapat menimbulkan kerusakan tulang, kerusakan sendi, sehingga akan menjadi penyebab kelumpuhan permanen, bahkan kerusakan ginjal.

Untuk itu, anda perlu berhati - hati jika kadar asam urat di dalam tubuh anda sudah mendekati batas atas atau sudah melebihi batas atas. Fakta yang ditemukan dilapangan, kenapa pembengkakan dapat terjadi seperti yang terlihat pada gambar di atas ? jawabannya tidak lain adalah walaupun mereka sudah mengetahui mengidap penyakit ini pada saat gejala awal ditemukan setelah dilakukannya pemeriksaan sampel darah / urine dan sudah diberikan saran dari dokter, mereka mengabaikannya. Apa yang mereka abaikan ? Kebiasaan mengkonsumsi makanan penyebab asam urat.


Misalnya saja, disaat moment perayaan tertentu seperti lebaran. Banyak sekali menu makanan yang tersedia, salah satunya emping. Emping termasuk produk buah - buahan memiliki kandungan purin yang tinggi. Karena enak, tetap saja mereka mengkonsumsinya, tanpa memikirkan efek yang ditimbulkan dikemudian hari. "Ah... nantikan bisa berobat ke dokter, terus dikasi obat..." pantas saja, penyakit ini sering kambuh. Jujur, inilah yang harus kami katakan... sebagian besar kasus yang terjadi demikian, walaupun tidak semuanya demikian. Masih ada faktor lainnya seperti pengaruh genetik (keturunan), obesitas dan lainnya.

Jadi, langkah utama untuk mengatasi asam urat adalah dengan cara memperhatikan apa yang anda konsumsi. Perhatikan, mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak, mana yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebih dan mana yang tidak, mana yang tidak boleh dikonsumsi sama sekali dan mana yang tidak. Cara ini adalah langkah awal yang sangat efektif untuk menyembuhkan asam urat.

Selanjutnya adalah, anda dapat mengunjungi dokter untuk mendapatkan obat asam urat atau menggunakan obat asam urat alami dari tumbuhan dan cara membuatnya yang akan kami bagikan di bawah ini. Ada kalimat super yang dapat kami sampaikan "apa yang anda konsumsi, jadikanlah sebagai obat". Bukan bearti anda harus minum obat setiap hari. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti pisang, kentang dan tomat. Jadikan ini sebagai menu santapan anda, secara tak langsung anda telah minum obat alami.

Beberapa tanaman obat asam urat alami dari tumbuhan ini, terkadang dengan mudahnya kita temukan. Namun, karena ketidaktahuan kita akan manfaatnya, tanaman ini pun diabaikan begitu saja. Nah, jika anda menemukan tanaman ini, jadikan tanaman ini sebagai tanaman obat keluarga di rumah anda ya. Mengenai resep dan cara membuatnya, selengkapnya simak di bawah ini :

# 1. Daun Sambiloto
Admin sendiri sudah menanam tanaman ini yang tumbuh di perkarangan depan rumah. Untuk menamamnya, anda cukup mengambil biji yang sudah tua, kemudian semai di tanah yang cukup air dan unsur hara. Tanaman ini menjadi salah satu tumbuhan obat yang paling mujarab. Apa khasiatnya ? Dapat dijadikan sebagai obat anti peradangan (infeksi) termasuk asam urat, analgesik alami, penghilang rasa nyeri alami seperti aspirin, melancarkan air seni (batu ginjal), meurunkan tekanan darah tinggi dan suhu tubuh (demam) dan penawar racun.

Apa khasiatnya ? Dapat dijadikan sebagai obat anti peradangan (infeksi) termasuk asam urat, analgesik alami, penghilang rasa nyeri alami seperti aspirin, melancarkan air seni (batu ginjal), meurunkan tekanan darah tinggi dan suhu tubuh (demam) dan penawar racun.

Adapun cara membuat rambuan herbal dari daun sambiloto adalah sebagai berikut :
  1. Sediakan 10 gram daun sambiloto kering yang sudah dicuci bersih
  2. Rebus dengan 4 gelas air bersih hingga menyisakan kira - kira 2 gelas air
  3. Tunggu hingga dingin dan saring
  4. Minum ramuan ini di waktu pagi dan malam masing - masing 1 gelas. Jika rasa sakit masih ada, lakukan secara rutin setiap harinya. Jika tidak ada rasa sakit lagi, tetap konsumsi ramuan ini namun dengan aturan cukup meminumnya 2 kali dalam seminggu hingga kadar asam urat normal, hentikan penggunaan.
# 2. Daun Sirsak
Biasanya, kita mengenal tanaman ini dari buahnya yang familiar kita sebut dengan "nangka belanda". Bukan hanya buahnya saja yang berkhasiat, tanaman ini juga memiliki ragam manfaat dimulai dari akar, batang, daun hingga buah. Anda dapat membaca selengkapnya disini. Diantara khasiatnya antara lain, mempercepat proses penyembuhan luka bakar, menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah, membantu melebarkan pembuluh darah yang tersumbat karena kolesterol, menghancurkan lemak kolesterol yang menempel di pembuluh darah, penurun demam, anti peradangan, membasmi cacing parasit di dalam usus dan mengatasi asam urat. Bahkan dapat menyembuhkan penyakit kanker jenis tertentu.

Diantara khasiatnya antara lain, mempercepat proses penyembuhan luka bakar, menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah, membantu melebarkan pembuluh...

Untuk membuat ramuan ini sangalah mudah sekali. Anda cukup menyediakan 8 lembar daun sirsak bewarna hijau tua yang kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan kira - kira 2 gelas sehari. Cara meminum dan aturan penggunaan sama dengan ramuan sambiloto. Ingat : jangan gunakan ramuan ini berulang kali. Jika ingin membuatnya, gunakan daun sirsak yang baru.

# 3. Daun Salam
Mendengar nama ini, jika anda ibu rumah tangga pastilah tidak asing lagi dengan daun yang satu ini. Biasanya digunakan sebagai bahan untuk mengharumkan atau untuk melunakkan masakan daging, sayur nangka dan sebagainya. Namun, kebanyakan ibu rumah tangga tidak mengetahui khasiat lainnya. Apa khasiatnya ?

Daun salam memiliki kandungan senyawa flavonoid, tanin, astiri alkaloid yang merupakan senyawa alami berasal dari tumbuhan. Diantara khasiatnya adalah dapat mengurangi rasa nyeri disebabkan oleh peradangan dan membantu meningkatkan kinerja fungsi ginjal serta dapat meningkatkan volume urine. Setelah anda meminum ramuan ini, volume urine anda akan meningkat, ini respon yang poositif dari tubuh anda. Ginjal berusaha mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh anda berbentuk urine.

Untuk membuat ramuan ini cukuplah mudah. Langkah - langkah membuatnya samahalnya dengan cara di atas. Yang perlu anda perhatikan adalah pilihlah daun salam yang masih segar bewarna hijau tua. Aturan minum juga sama. Di sisi lain, buah pohon salam juga sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat memakan buahnya yang bewarna merah kehitaman. Rasanya manis dan sepet.
# 4. Kumis Kucing
Jangan salah paham, bukan kumis kucing yang berasal dari hewan peliharan anda. Kumis kucing adalah bunga dari tumbuhan liar yang memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus. Dikenal dengan nama kumis kucing, jika kita perhatikan, bunga dari tanaman ini memang mirip sekali dengan kumis kucing. Tak jarang bagi mereka yang menggemari mengkoleksi tanaman hias, terkadang dijadikan sebagai tanaman hias di depan perkarangan atau ditempatkan di dalam pot. Itu dikarenakan bunganya yang indah bewarna putih seperti kumisnya kucing.

Kita dapat memanfaatkan daun atau bunganya untuk dijadikan sebagai bahan obat alami seperti untuk mengatasi asam urat. Kandungan senyawa alami di dalam tanaman obat ini antara lain saponin, mionositol, sinensetin, glikosida orthosiphonin dan kalium. Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dunia, tanaman ini sangat ampuh untuk menghancurkan batu ginjal maupun asam urat sudah mengkristal sekalipun.

Kita dapat memanfaatkan daun atau bunganya untuk dijadikan sebagai bahan obat alami seperti untuk mengatasi asam urat.

Cara kerjanya memang tak langsung dapat dirasakan, paling tidak setelah anda meminum ramuan ini selama 3 hari, barulah akan dirasakan manfaatnya. Senyawa tersebut akan membantu untuk menetralkan asam urat di dalam darah dan membuangnya melalui urine dan fases. Jadi anda perlu bersabar, rasakan khasiat dengan meminum ramuan ini secara rutin dipagi dan sore hari.

Untuk mengobati asam urat kronis, anda perlu membuat ramuannya seperti petunjuk berikut ini :
  1. 10 gram daun kumis kucing kering 
  2. 10 gram  daun meniran kering
  3. 10 gram jahe merah (iris tipis - tipis)
  4. 3 gelas air bersih
  5. Campur semua bahan menjadi satu
  6. Rebus ramuan hingga mendidih dan menyusut menyisakan kira - kira 3 gelas air
  7. Angkat dan diamkan hingga dingin
  8. Minum ramuan ini di waktu pagi dan malam selama rasa sakit masih ada
Jika rasa sakit sudah hilang, segera lakukan pemeriksaan sampel darah untuk mengetahui apakah ada perubahan. Jika kadar asam urat telah normal dan stabil, hentikan penggunaan.

# 5. Meniran
Tumbuhan ini biasanya hidup dipinggiran jalan, perkarangan rumah, kebun atau pada tanah yang tak terawat. Tak banyak orang yang mengetahui manfaat dari tanaman ini. Bahkan ia dianggap sebagai hama pengganggu tanaman lain, karena dianggap seperti rumput. Padahal khasiatnya sangat luar biasa. Telah banyak produk kesehatan herbal (kapsul meniran) yang menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis seperti memperbaiki kerusakan hati pada penderita pasien hepatitis. Sangat luar biasa bukan. Anda tidak percaya ?

Untuk membuat ramuan mengatasi asam urat, anda membutuhkan 10 gram daun meniran segar dan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih hingga air menyusut kira - kira meninggalkan 2 gelas air.

Berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, Apt seorang kepala pusat studi obat - obatan bahan alami Departemen FARMASI Fakultas MIPA Universitas Indonesia, tanaman mineral mempunyai banyak sekali senyawa aktif yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Diantaranya lignan filantin dan hepofilantin yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan jaringan dan sel hati yang rusak. Senyawa ini juga akan menghambat dan mengurangi pertumbuhan virus hepatitis di dalam darah.

Menurut Prof. Sumali, masih ada senyawa lainnya seperti nifilin, filinirunin, sekorinin, alosekurinin, nirantin, norsekurinin, filantin, hipofilantin dan flavonoid (kuersetin, kuersitrin, isokuersitrin, astragalin, ruitin dan kaemferol). Susah sekali namanya... hehe..Senyawa alami ini berkhasiat untuk mengatasi penyakit batuk, menurunkan demam, memperlancar air kencing (batu ginjal), sakit gigi, sakit perut dan infeksi saluran kemih. Kita dapat memanfaatkan daun dan akarnya untuk dijadikan sebagai obat.

Untuk membuat ramuan mengatasi asam urat, anda membutuhkan 10 gram daun meniran segar dan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih hingga air menyusut kira - kira meninggalkan 2 gelas air. Diamkan hingga dingin dan saring. Kemudian minum ramuan ini di waktu pagi dan malam hari sebelum tidur. Aturan penggunaan samahalnya dengan ke empat ramuan di atas. Daripada anda membeli obatan herbal yang harganya ratusan ribu, sama sajakan jika anda membuat ramuannya sendiri di rumah.

# 6. Anting - Anting
Anda dapat mencarinya di google penelusuran jika belum mengetahui rupa dari tanaman ini. Memang sangat mengejutkan dikarenakan tanaman ini dapat tumbuh liar seperti tumbuhan meniran yang dianggap sebagai rumput pengganggu. Bahkan, terkadang tanaman anting - anting tumbuh di pinggiran jalan dan dibasmi oleh mesin pemotong rumput atau racun. Padahal, sangat disayangkan.

Hal yang unik mengenai tanaman ini adalah tanaman yang disukai oleh kucing. Sering kali kucing mengunyah akar dari tanaman ini. Itu dikarenakan tanaman ini sangat baik untuk pencernaan si kucing. Anda dapat mencoba memberi tanaman ini kepada si kucing, tak lama kemudian si kucing pasti mengunyahnya.

Tak hanya baik untuk si kucing. Rebusan akar tumbuhan anting - anting inipun sangat baik untuk organ pencernaan manusia. Bahkan manfaat lainnya dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi rematik, radang persendian (asam urat), mengurangi rasa sakit, antibiotik alami, peluruh batu ginjal dan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk membuat ramuan mengobati asam urat, anda dapat mengikuti petunjuknya di bawah ini :
  1. Sediakan 15 gram akar anting - anting kering atau segar yang sudah dicuci dengan air bersih
  2. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih dan menyusut kira - kira menyisakan 2 gelas air saja
  3. Diankan hingga dingin
  4. Minum ramuan ini di waktu pagi dan malam sebelum tidur selama sakit
Jangan lupa untuk menamam tanaman ini perkarangan rumah anda untuk dijadikan sebagai tanaman obat. Apabila sewaktu - waktu dibutuhkan anda dapat memanfaatkannya kembali.

# 7. Sidaguri
Ini adalah salah satu tumbuhan rumput yang bisa jadi obat herbal selain meniran dan anting - anting. Mungkin, nama tumbuhan ini terdengar asing di telinga anda. Namun, jika anda melihat gambar dari sidaguri, anda akan kaget. Karena tanaman ini terkadang tumbuh di pinggiran jalan, kebun atau perkarangan rumah anda. Ciri - ciri dari tumbuhan sidaguri adalah memiliki bunga yang bewarna kuning atau putih. Disaat mekar, biasanya dihinggapi kupu - kupu untuk menghisap sari bunganya. Agar anda tidak salah mengenali tanaman ini, cari saja di google penelusuran gambar. Di sana anda akan menemukan tumbuhan sidaguri.

Tanaman ini seringkali digunakan oleh masyarakat perdesaan untuk digunakan sebagai obat anti peradangan, rematik dan menurunkan asam urat. Tanaman ini juga dapat dijadikan obat luat untuk mengatasi infeksi seperti pada luka borok, korengan dan sebagainya.

Untuk mengobati asam urat anda membutuhkan 10 gram daun atau akar dari tanaman sidaguri. Dapat dikeringkan terlebih dahulu atau dalam bentuk basah. Kemudian didihkan dengan 3 gelas air bersih hingga menyusut dan menyisakan 2 gelas air saja. Minum secara rutin di waktu pagi dan sore selama sakit.

Perlu anda ketahui sebelumnya, obat asam urat alami dari tumbuhan ini tidak memberikan manfaat
secepat kilat seperti obat - obatan kimia pada umumnya. Paling tidak, anda dapat merasakan manfaatnya setelah meminumnya selama 2 - 3 hari. Namun, tanaman ini dapat dijadikan solusi untuk menyembuhkan asam urat tanpa efek samping apapun. Jadi, tak ada salahnya anda mengambil pilihan untuk mencoba ramuan tradisional ini, apalagi ramuan hebal yang kami tuliskan ini sudah ditindaklanjuti dan diakui manfaatnya secara ilmiah oleh pakar kesehatan. Jadi, anda tak perlu ragu akan khasiatnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Obat Asam Urat Alami Dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya

0 komentar: