Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Daftar Obat Amandel Di Apotik dan Tradisional Lolos BPOM

Amandel adalah sepasang organ tubuh yang terletak di sisi kanan dan kiri mulut tenggorokan berisikan jaringan kelenjar getah bening yang berfungsi sebagai organ penyaring sekaligus menjadi salah satu bagian dari sistem pertahanan tubuh. Selain itu, fungsi amandel juga sangat dibutuhkan tubuh kita untuk mencegah, membasmi dan menghalangi berbagai bakteri, kuman dan virus yang ada di dalam rongga mulut atau yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi ataupun bakteri, kuman dan virus yang masuk melaui jalur saluran pernafasan atas.

Untuk melihat organ amandel, anda dapat membuka mulut dengan lebar disertai lidah menjulur keluar dan memperhatikan sisi kanan dan kiri pada mulut tenggorokan. Dalam dunia kesehatan, organ kecil ini juga terkadang disebut sebagai kelenjar getah bening yang terlihat oleh kasat mata karena di dalamnya berisikan kumpulan dari jaringan limfa yang memproduksi sel darah putih penghasil antibodi tubuh.

Amandel pada anak yang berusia 4 - 12 tahun biasanya akan terlihat seperti bulatan kelereng yang menonjol bewarna merah muda. Sedangkan pada usia dewasa, pada umumnya ukuran amandel sudah menyusut. Mengapa ? ahli kesehatan menjawab, pada usia anak - anak, sistem pertahanan tubuh jaringan kelenjar getah bening belum terbentuk secara sempurna, jadi amandel memiliki peranan terbanyak dalam menyumbangkan untuk menunjang kesehatan si anak. Sedangkan pada usia orang dewasa, amandel akan menyusut dan beban fungsinya telah diringankan oleh jaringan kelenjar getah bening yang sudah terbentuk secara semburna yang letaknya tersebar di titik titik tertentu organ tubuh kita.

Namun, dalam kondisi tertentu... siapa saja dapat mengalami masalah amandel bengkak atau yang sering disebut dengan radang amandel atau tonsilitis. Baik itu pada usia anak - anak ataupun orang dewasa sekalipun. Umumnya terjadi pada usia anak - anak karena pada usia ini, kelenjar amandel sangat aktif untuk menjalankan perannya sebagai benteng pertahanan tubuh dari berbagai serangan bakteri, virus ataupun kuman.

Jika amandel bengkak, maka si pasien akan merasakan gejala umum yaitu merasakan sakit pada daerah tenggorokan terutama pada saat menelan. Tak jarang ditemui gejala amandel tersebut disertai demam, hidung tersumbat, batuk, sakit kepala dan sebagainya. Namun, yang paling mengkuatirkan adalah ketika amandel mengalami peradangan yang kronis dapat mengakibatkan amandel membesar hingga dapat menutupi rongga mulut bahkan dapat pecah jika tidak ada upaya tindakan pengobatan.

Disini ada beberapa daftar obat amandel di apotik yang telah lolos dari BPOM. Selain itu, ada juga obat amandel tradisonal yang terbukti menyembuhkan amandel.

Untuk menghilangkan amandel, tak harus dilakukan tindakan operasi untuk mengangkat organ kecil ini. Karena penyakit amandel dapat dicegah dan disembuhkan secara tuntas tanpa menimbulkan kambuh yang berulang - ulang. Fakta sebenarnya, mengangkat organ amandel atau melakukan tindakan operasi pada amandel bukanlah pilihan terbaik. Karena jika melihat fungsinya yang sangat penting bagi tubuh. Walaupun pada orang dewasa fungsinya tidak lagi bekerja optimal, tetapi tetap saja ia masih memiliki peranan terutama mencegah dan membasmi bakteri, kuman ataupun virus yang ada di dalam rongga mulut.

Untuk mengatasi amandel yang sering mengalami pembengkakan, langkah awal yang harus kita perhatikan adalah mengenali penyebab kenapa amandel bengkak ? Jika sudah diketahui penyebabnya, kemudian dilakukan tindakan pengobatan dan selanjutnya dilakukan tindakan penyembuhan disertai pencegahan. Dengan cara ini amandel tidak akan kambuh lagi tanpa operasi.

Obat Amandel Di Apaotik dan Tradisional

Pada dasarnya obat yang diberikan oleh dokter sifatnya bukan untuk menghilangkan amandel. Nyatanya, penyakit amandel dapat kambuh lagi kapanpun. Kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab amandel menjadi bengkak. Misalnya saja, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata si pasien kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut seperti terdapatnya gigi berlubang, karang gigi, plak dan sebagainya yang dapat menimbulkan perkembangan kuman dan bakteri meningkat. Hal ini berkemungkinan besar dapat menginfeksi amandel.

Jika masalah ini terjadi pada usia anak - anak, tentu saja anda sebagai orang tua harus memperhatikan kebersihan mulut dan gigi si anak agar amandel tidak kambuh lagi. Masih ada lagi penyebab lainnya seperti minum minuman yang dingin yang di dalamnya sudah terkontaminasi bakteri dan kuman, mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet dan sebagainya.

Obat amandel yang dijual diapotik dapat menjadi pilihan untuk meredakan dan menghilangkan peradangan yang terjadi pada amandel. Ada banyak sekali ragam jenis obat amandel yang beredar di apotik yang terdiri dari obat - obatan kimia dan herbal. Selaku konsumen, kita harus menelaah apakah obat tersebut aman dikonsumsi dan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Nah, jika anda sedang mencari obat untuk menyembuhkan amandel, beberapa daftar obat berikut ini dapat menjadi pilihan.

1. Lamandel
Obat ini terbuat dari ramuan herbal yang berasal dari bahan - bahan alami seperti ekstrak temulawak, daun pecut kuda dan daun pegagan. Jadi, tidak menimbulkan efek samping penggunaan maupun ketergantungan pemakaian. Rasanya yang menyegarkan tenggorokan dan sangat efektif untuk mengobati dan berkhasiat untuk mengatasi ganguan pembengkakan amandel, radang tenggorokan dan meningkatkan imunitas tubuh. Cocok dikonsumsi oleh anak - anak ataupun orang dewasa. Lamandel menjadi pilihan terbaik untuk menyembuhkan amandel yang ada di apotik.

2. Ibu Profen
Obat ini diberikan bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri dan demam akibat dari pembengkakan amandel. Biasanya, diberikan oleh pasien yang sedang demam, sakit kepala ataupu sariawan. Namun, jika untuk mengatasi amandel, biasanya dokter akan memberikan obat tambahan obat lainnya seperti pemberiannya bersamaan dengan antibiotik khusus untuk menangani amandel. Jika amandel baru menunjukkan gejala awal, anda dapat membelinya di apotik dan mengkonsumsi obat ini. Dengan dosis 1 x 1. Jika tak ada perubahan dalam waktu 3 hari, segera kunjungi dokter.

3. Antibiotik dan Anti Peradangan
Pada umumnya, obat ini akan diberikan kepada pasien jika kondisi pasien sudah mengalami gejala demam, pembengkakan amandel disertai bintik - bintik putih pada amandel dan bintik putih pada lidah, terasa mual, pilek dan sebagainya. Antibiotik yang dimadsud adalah Levofloxacin dan antiperadangan adalah Grafachlor. Anda dapat membeli kedua obat ini diapotik. Dosis minum yang tepat sesuai anjuran dokter adalah 1 x 1 untuk Levofloxacin dan 3 x 1 untuk Grafachlor.

Jika pembengkanan sudah mengurang dan kondisi tubuh pasien sudah sehat, hentikan penggunaan obat ini. Sertai dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta olahraga yang sesuai dengan porsi tubuh anda. Walaupun dapat dibeli diapotik, kami tidak menganjurkan anda untuk mengkonsumsi obat ini tanpa izin atau sepengetahuan dokter ahli.

4. Penisilin
Obat ini termasuk ke dalam golongan antibiotik digunakan untuk mengatasi amandel akibat dari infeksi bakteri. Dokter akan memberikan obat ini jika diktehui penyebab pembengkakan amandel ditimbulkan karena adanya infeksi bakteri. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini tanpa resep dokter. Efek samping yang ditimbulkan jika tidak cocok, alergi karena obat ini mungkin saja terjadi.

5. Eritrimisin
Satu lagi obat amandel yang termasuk ke dalam golongan antibiotik. Eritrimisin diberikan ketika pasien sudah mengalami pembengkakan amandel yang kronis. Jadi, ini adalah obat dosis tinggi diberikan kepada pasien penderita amandel yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Tentu saja obat ini harus diberikan atas sepengetahuan dokter walaupun diapotik dijual, kami sangat tidak menyarankan anda membelinya.

Selain obat - obatan yang dijual diapotik, mengatasi amandel juga dapat menggunakan cara tradisonal dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari bahan - bahan alami yang ada disekitar kita. Lagi pula tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh kita. Ramuan herbal tersebut diantaranya :

6. Jus Buah Mengkudu dan Jeruk Nipis
Buah ini mengandung antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Selain itu buah ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan penyakit seperti menurunkan kadar kolesterol jahat, darah tinggi dan mengobati amandel.

Cara membuat ramuannya, sediakan terlebih dahulu 2 buah mengkudu yang bewarna kuning dan 1 buah jeruk nipis hijau tua. Potong kecil kecil buah mengkudu, blender dan tambahkan 1 gelas air matang. Ambil sari mengkudu yang sudah diblender dengan cara disaring dan menghasilkan 1 gelas jus buah mengkudu. Tambahkan perasan air buah jeruk nipis, aduk rata dan minum ramuan ini di waktu pagi hari dan malam hari selama 4 hari berturut - turut. Anda dapat menggunakan tambahan 2 sendok makan madu murni untuk mengurangi rasa "enek" dari aroma dan rasa buah mengkudu.

Agar amandel tidak kambuh lagi, walaupun amandel tidak bengkak lagi setelah anda meminum ramuan ini, minumlah ramuan ini secara rutin. Namun, cukup dengan dosis 1 minggu 2 kali saja selama 2 bulan.

Dan ketahui juga penyebab amandel anda. Jika amandel timbul disebabkan dengan masalah gigi dan mulut bearti anda harus menjaga kebersihan rongga mulut. Dengan cara ini, amandel dapat sembuh dan tidak kambuh lagi.

Selain itu ramuan lainnya yang dapat anda gunakan ketika amandel bengkak antara lain :

7. Jeruk Nipis
Sediakan tiga buah jeruk nipis segar dan ambil kulitnya yang sudah dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil. Rebuslah kulit jeruk nipis tersebut dengan 3 gelas air hingga mendidih menyisakan 2 gelas air saja. Saring dan ambil airnya. Minum dengan dosis 1 gelas untuk diminum setiap hari diwakt pagi. dan 1 gelas untuk berkumur.

8. Jeruk Nipis, Madu dan Kunyit
Sediakan jeruk nipis, kunyit dan madu. Cara membuat ramuan obat ini dengan cara memeras jeruk nipis dan ambil sarinya, kunyit dimemarkan atau diparut untuk mengambil sarinya. Campur air jeruk nipis dan air kunyit serta madu 2 SDM dan tambahkan air secukupnya hingga setengah gelas. Diminum hingga sembuh setiap harinya.

9. Jahe Merah dan Madu
Selain untuk menjaga tubuh agar tetap hangat disaat udara sekitar kita dingin, jahe juga dapat dijadikan obat anti peradangan untuk mengatasi amandel. Pilihan jahe merah adalah yang terbaik, sebab manfaatnya lebih besar daripada jahe biasa. Jahe dapat dibuat menjadi minuman yang menyegarkan tenggorokan dan melawan bakteri dan kuman yang ada di amandel. Anda dapat membuat ramuan obat ini dengan cara menyeduh irisan jahe dengan ditambah 2 sendok makan madu murni atau anda dapat membuat minuman bandrek (minuman khas tradisional kota bandung)

Dari beberapa obat untuk mengatasi amandel di atas, anda dapat memilih salah satunya saja. Namun, kami sarankan anda menggunakan pengobatan alami atau menggunakan obat - obatan hebal yang terbuat dari extrak bahan alam alami. Selama fase penyembuhan sertai pula istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta mengkonsumsi banyak sayuran dan buah - buahan yang mengandung antioksidan seperti buah jeruk, sayur brokoli dan sebagainya. Kurangi konsumsi makanan yang berminyak, makanan cepat saji dan junk food.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Daftar Obat Amandel Di Apotik dan Tradisional Lolos BPOM

0 komentar: