Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

13+ Cara Menghilangkan Amandel Tanpa Operasi Secara Alami

Cara menghilangkan amandel seringkali dilakukan dengan tindakan pengobatan medis seperti pemberian obat obatan antibiotik untuk mengurangi peradangan hingga berujung dilakukannya tindakan operasi. Tindakan operasi terhadap amandel dilakukan biasanya merupakan solusi akhir dikarenakan amandel yang diderita oleh pasien sering mengalami pembengkakan disertai gejala demam, kesulitan menelan bahkan tidak dapat mengkonsumsi makanan atau minuman dan sebagainya. Biasanya kondisi seperti ini sudah dapat dikatakan berada di titik kronis.

Jika sudah mengalami pembengkakan, tak serta merta langsung diambil tindakan operasi, umumnya dokter melihat terlebih dahulu penyakit amandel yang diderita, apakah sudah kronis atau akut. Untuk mengatasi amandel, dokter akan memberikan antibiotik terlebih dahulu untuk mengurangi tingkat peradangan, rasa sakit dan mengecilkan amandel yang membesar. Jika sudah memungkinkan seperti kondisi pasien sudah sehat dan amandel tidak mengecil serta tidak merasakan sakit lagi, barulah pengangkatan organ amandel dilakukan melalui jalan operasi. Dengan begitu, si pasien tidak akan lagi merasakan sakit pada bagian tenggorokannya.

Sebelum kami membahas mengenai bagaimana cara menghilangkan amandel ? Ada serangkaian pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh kebanyakan orang mengenai penyakit amandel ?  Apa itu amandel ? Mengapa amandel dapat mengalami pembengkakan ? Jika amandel sudah diangkat (dioperasi) apakah dapat kambuh lagi ? Jika organ amandel diangkat, bagaimana sisi kesehatan menjelaskannya ? Dari serangkaian pertanyaan tersebut, izinkan kami membahasnya terlebih dahulu.

Pengertian Amandel

Perlu kita ketahui bersama, amandel bukanlah nama dari penyakit melainkan amandel adalah nama dari organ yang letaknya dibagian tenggorokan. Anda dapat melihat gambar amandel di artikel ini. Fungsi amandel sebenarnya sangat membantu untuk menunjang kondisi kesehatan seseorang, yang bertugas untuk membasmi, mencegah, menghalangi dan menyaring bakteri, kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi, ataupun bakteri dan kuman yang berasal dari rongga mulut (karang gigi, gigi berlubang dan sebagainya) ataupun bakteri, kuman atau virus yang masuk ke tubuh melalui jalur pernafasan.

Apa yang terjadi ketika amandel mengalami pembengkakan ? Apa yang terjadi ketika amandel di operasi (diangkat) ? Yang pastinya, kita akan kehilangan fungsinya yang sangat beharga tersebut. Jika telah diangkat, yang perlu dilakukan oleh bersangkutan adalah menjaga agar kondisi kesehatan tubuhnya tetap sehat dengan cara memperhatikan apa saja yang dikonsumsi, hindari makanan berminyak, hindari polusi udara, menjaga kesehatan gigi dan mulut dan masih banyak lagi yang perlu dilakukan. Ini dikarenakan ia tidak memiliki organ amandel lagi.

Sebenarnya, amandel adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh. Kurang baik jika dilakukan operasi. Ketahui 9 cara menghilangkan amandel tanpa operasi di sini.

Sehingga, amandel juga dapat dikatakan sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh yang sangat penting. Walaupun organ ini tebilang kecil, namun ia dapat mempengaruhi kondisi kesehatan anda. Amandel juga dikatakan sebagai salah satu jaringan kelenjar getah bening yang terlihat oleh kasat mata yang turut memiliki peran untuk memproduksi antibodi tubuh untuk

Pada saat anak - anak, amandel memiliki peranan yang sangat krusial. Sebab sistem pertahanan tubuh belum terbentuk secara sempurna. Pada kondisi ini amandelah yang mengambil peranan terbanyak. Jika radang amandel sering terjadi pada anak, tidak disarankan untuk diangkat, karena akan mempengaruhi kondisi kesehatan pasien dikemudian hari. Lain halnya dengan orang dewasa, yang sudah memiliki jaringan limfoid (kelenjar getah bening) yang sudah terbentuk sempurna. Namun, sebenarnya disarankan untuk menghilangkan amandel tidak melalui jalan operasi.

Ciri Ciri Amandel Disertai Gejalanya

Amandel adalah salah satu organ tubuh yang berbentuk kurang lebih seperti bulat berisikan jaringan kelenjar getah bening. Letaknya di sisi kanan dan kiri mulut kerongkongan. Jika anda membuka mulut dan menjulurkan lidah, maka amandel akan terlihat. Ukurannya memang kecil, namun fungsinya turut memberikan nilai yang beharga bagi kondisi kesehatan tubuh anda.

Kapan saja organ amandel dapat mengalami pembengkakan. Kondisi seperti inilah yang disebut dengan penyakit amandel atau dalam istilah medisnya tonsilitis. Radang amandel dapat terjadi pada semua usia, anak - anak ataupun orang dewasa. Namun, anak - anak memiliki peluang lebih besar terkena radang amandel.

Kapan saja organ amandel dapat mengalami pembengkakan. Kondisi seperti inilah yang disebut dengan penyakit amandel atau dalam istilah medisnya tonsilitis.

Perhatikan gambar di atas. Pada gambar tersebut adalah kondisi pasien yang menderita amandel. Cukup mengkuatirkan karena amandel pasien tersebut sudah mengalami pembengkakan yang kronis bahkan terdapat nanah bewarna putih ataupun merah. Rasa sakit tentu saja dirasakan oleh sipasien. Jika sudah seperti itu, si pasien pun tidak dapat makan ataupun minum. Perlu tindakan perawatan rumah sakit dan diberikan infus agar kondisi pasien tidak lemah.

Yang paling berbahaya adalah jika amandel pecah. Hal ini bisa saja terjadi jika pembengkakan dibiarkan saja tanpa adanya pengobatan. Apabila amandel pecah, maka bakteri, kuman ataupun virus yang ada di dalam organ tersebut akan menyebar melalui media jaringan kelenjar getah bening.

Kondisi seperti itu sebenarnya dapat kita hindari dengan mengetahui gejala amandel sejak awal. Apa saja, berikut ini adalah ciri ciri amandel yang dapat kita ketahui sedini mungkin :
  • Hidung tersumbat
  • Panas dalam terutama pada bagian tenggorokan terasa kering
  • Bau mulut
  • Demam disertai suhu badan tinggi dan sakit kepala terutama dirasakan di malam hari
  • Jika menelan, seperti ada yang mengganjal di tenggorokan
  • Organ amandel akan membesar disertai warna bintik kemerahan. Kemudian jika tak kunjung sembuh, warna merah akan berubah menjadi bintik - bintik putih kemdian berubah menjadi kuning berisikan nanah
  • Membesarnya amandel dari hari ke hari diserta gejala nomor 6
  • Terasa sakit jika dibagian bawah dagu ditekan
  • Kesulitan menelan karena terasa sakit
  • Badan meriang
  • Sulit mengeluarkan suara (berbicara)
Jika dirasa sudah ada tanda - tanda bahwa anda atau si anak mengalami kesulitan menelan seperti ada yang mengganjal, coba anda periksa bagian tenggorokan menggunakan senter. Lihatlah, apakah amandel tampak membesar atau terdapat bintik kemerahan. Jika ia, jangan biarkan, ambil tindakan pengobatan alami yang kami berikan di bawah ini. Fungsinya untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan membasmi kuman, bakteri beserta virus yang menginfeksi amandel.

Penyebab Amandel

Siapa saja dapat mengalami radang amandel, karena penyakit ini tidak mengenal batas usia. Namun, pada umumnya penyakit amandel atau amandel bengkak terjadi pada usia anak - anak antara umur 5 tahun hingga 15 tahun menginjak dewasa. Tak menutup kemungkinan mereka yang telah dewasa pun dapat mengidap penyakit ini.

Semua penyakit yang muncul dalam tubuh kita didasari penyebab, tak terkecuali penyakit amandel. Jika diantara kita melakukan atau memiliki faktor yang kami sebutkan di bawah ini, ada kemungkinan organ amandel mengalami peradangan atau amandel bengkak. Memang, pada umumnya radang amandel disebabkan oleh virus dari jenis Coxsackie dan Epstein Barr atau bakteri yang masuk melalui makanan atau minuman.

Selain itu, faktor penyebab penyakit amandel lainnya adalah sebagai berikut :
  • Tubuh kekurangan vitamin C
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan pedas
  • Kurang minum air putih dengan aturan normal
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang berpengawet, mengandung prisa atau mengandung alhokol
  • Seorang pekorok
  • Minum es yang didalam es tersebut mengandung bakteri
  • Kurangnya menjaga kebersihan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi
  • Berpanas - panas di terik matahari
  • Memiliki permasalahan gigi dan mulut seperti gigi berlubang, bau mulut, karang gigi dan sebagainya
Jika anda mengalami pembengkakan amandel, coba perhatikan beberapa penyebab di atas. Mungkin saja ada point atau beberapa point yang anda abaikan yang dapat menimbulkan amandel bengkak.

Obat Tradisional Amandel

Tanpa dilakukannya tindakan operasi, sebenarnya amandel dapat sembuh dan tidak akan kambuh lagi. Jika mengatasi amandel mengambil langkah operasi, tentu saja kita kehilangan fungsi organ tersebut. Padahal fungsi organ yang kecil ini, luar biasa. Anda dapat memilih jalan alternatif sebagai langkah pengobatan untuk menyembuhkan amandel maupun tindakan pencegahan agar amandel tidak kambuh lagi.

Sebagai langkah pertama dan sangat sederhana, jika amandel mengalami pembengkakan, yang perlu dilakukan oleh penderita amandel adalah cobalah berkumur setiap harinya diwaktu pagi menggunakan air garam hangat. Kemudian gunakan obat herbal amandel alami berikut ini :
  • Sediakan tiga buah jeruk nipis segar dan ambil kulitnya yang sudah dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil. Rebus kulit jeruk nipis dengan 3 gelas air hingga mendidih menyisakan 2 gelas air saja. Saring dan ambil airnya. Minum dengan dosis 1 gelas untuk diminum setiap hari diwakt pagi. dan 1 gelas untuk berkumur.
  • Sediakan jeruk nipis, kunyit dan madu. Cara membuat ramuan tersebut dengan cara memeras jeruk nipis ambil sarinya, kunyit dimemarkan atau diparut untuk mengambil sarinya. Campur air jeruk nipis dan air kunyit serta madu 2 SDM dan tambahkan air secukupnya hingga setengah gelas. Diminum hingga sembuh setiap harinya.
  • Sediakan buah mengkudu atau buah pace sebanyak 1 buah yang sudah menguning cuci bersih dengan air hangat. Potong kecil-kecil untuk diblender dan tambahkan secukupnya air. Minum sari buah mengkudu ini dengan menambahkan 2 SDM madu murni jika perlu. Diminum setiap pagi 1 gelas dalam sehari hingga sembuh dan sisakan air jus mengkudu tersebut untuk berkumur. 
  • Daun sirsak. Sediakan daun sirsak yang agak tua sebanyak 8 lembar. Rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan kira - kira 2 gelas air. Minum air rebusan tersebut di waktu pagi dan sore hari. Tapi ingat, jangan dipanaskan. Lakukan secara rutin. Jika amandel sedang bengkak, minum setiap hari. Jika amandel tidak bengkak, minum 2 kali dalam seminggu secara rutin.
  • Jahe merah. Jahe dikenal dengan anti peradangan. Pilihlah jahe merah karena sangat baik untuk amandel. Ambil 2 ruas jari jahe merah. Tumbuh hingga halus. Rebus dengan 3 gelas air hingga menyusut kira - kira menjadi 2 gelas. Minum ramuan ini pagi dan sore dengan cara mencampurnya dengan 2 sendok madu murni. Jika amandel tidak mengalami pembengkakan, cukup meminumnya dengan dosis 3 kali dalam seminggu selama 2 bulan.
  • Konsumsi 2 sendok makan madu murni setiap hari selama amandel bengkak. Jika tidak mengalami pembengkakan, cukup dengan 2 sendok madu murni dalam seminggu selama 3 bulan.
Dari beberapa obat tradisional amandel di atas, pilih salah satunya saja. Beberapa bahan di atas sangat mudah ditemui. Untuk mempercepat proses penyembuhan dan pengobatan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain :
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat (hindari makanan dan minuman yang mengandung pengawet terutama berasal dari kemasan cepat saji)
  • Jika seorang pekorok, berhenti segera. Anda hanya punya dua pilihan, memiilih sakit atau sehat
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang sudah didiamkan dalam semalam. Misalnya, sayur yang dihangatkan karena telah melewati semalam, nasi yang ada di rice cooker yang telah melewati semalam
  • Istirahat yang cukup, tidak beraktivitas yang berlebihan
  • Gunakan masker saat bepergian untuk menghindari asap kendaraan
  • Hindari makanan dan minuman yang dingin maupun panas
  • Selama masa penyembuhan tidak mengkonsumsi makanan yang pedas ataupun asam. Diperbolehkan mengkonsumsi makanan pedas, tapi tidak terlalu pedas dan jangan lakukan terlalu sering
  • Konsumsilah buah - buahan yang kaya akan antioksidan seperti apel, jeruk, lemon, manggis, pir dan sebagainya
Pada saat amandel sedang bengkak, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang lembut seperti nasi bubur disertai sayur bening. Hindari makanan yang digoreng. Konsumsilah makanan yang direbus atau dikukus. Hindari juga penyebabnya. Kami yakin, jika anda mengikuti saran di atas, amandel yang anda derita dapat sembuh total dan tidak akan kambuh lagi asalkan, ramuan obat dan beberapa point tindakan pencegahan di atas anda jalani dengan rutin. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 13+ Cara Menghilangkan Amandel Tanpa Operasi Secara Alami

0 komentar: