Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

9 Manfaat Air Putih Bukan Sekedar Penghilang Haus, Anda Harus Tahu !

Air merupakan bagian dari komponen penyusun tubuh makluk hidup memiliki peran yang sangat penting terutama untuk menjaga kesimbangan metabolsime tubuh makluk hidup tersebut. Tanpa adanya air dapat dipastikan makluk hidup tak akan bertahan hidup lebih lama. Pada tubuh manusia saja misalnya, dari penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para ahli sains mengatakan bahwa kadar air dalam tubuh manusia jumlahnya lebih besar daripada zat - zat lainnya.

Pada tubuh bayi misalnya, kandungan air dalam tubuh bayi dapat mencapai 75% - 80% jumlahnya. Namun, semakin bertambahnya usia, jumlah kadar air dalam tubuh manusia akan berkurang mengingat kebutuhan tubuh manusia dewasa sangatlah memerlukan komponen ini dikarenakan banyaknya aktivitas yang dijalankan. Kadar air pada tubuh manusia dewasa pada umumnya terdiri dari 50% pada pria - 60% nya terdapat pada wanita jumlahnya.

Salah satu dampak yang akan terjadi jika tubuh manusia mengalami kekurangan air, maka efek yang akan dirasakan oleh seseorang tersebut adalah rasa dehidrasi. Bila ini terjadi, tubuh akan mengalami lemas, kelehahan, kelelahan pada mata yang menimbulkan rasa berkunang - kunang, sakit kepala, otot terasa keram, wajah tampak pucat, kulit mengkriput dan sebagainya. Bahkan, seseorang yang sering mengalami dehidrasi akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh yakni menimbulkan resiko terkena penyakit darah tinggi yang menjadi pemicu stroke.

Dosis Yang Tepat

Banyak yang mengatakan, tubuh manusia membutuhkan setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya atau setara dengan 2 liter per hari. Padahal, menurut ahli kesehatan saat ini, jumlah air minum yang masuk ke dalam tubuh manusia itu tergantung dari kebutuhan tubuh fisiknya. Angka tersebut belumlah memberikan penjelasan yang tepat. Jika dibandingkan, antara bayi, manusia dewasa hingga dikatakan memasuki usia tua, apakah membutuhkan jumlah air sebanyak 8 gelas perharinya ? Tentu saja jawabanya tidak.

Air putih bukan hanya sekedar penghilang rasa haus semata, ternyata manfaat air putih sangat luar biasa. Ada yang menggunakan sebagai terapi, untuk kecantikan, diet dan sebagainya.

Ya..., minum air putih juga memiliki aturan dan cara. Artinya, samahalnya seperti kita hendak minum obat yang ada dosisnya. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menimbulkan dehidrasi. Namun, kelebihan cairan dalam tubuh juga akan menimbulkan dampak buruk bagi metabolisme tubuh seperti merusak komposisi dalam darah (mengganggu tingkat kekentalan darah, pembengkakan sel, keracunan air bisa saja dapat terjadi dan masalah kesehatan lainnya.

Anda dapat membaca artikel lanjutan dari kami yaitu Aturan dan Cara Minum Air putih Yang Baik dan Benar Bagi Kesehatan Tubuh. Pada artikel lanjutan ini, kamu menjelaskan aturan yang semestinya saat mengkonsumsi air putih yang berdasarkan penjelasan dari dunia kesehatan. Diartikel tersebut, kami juga akan menjawab, apa benar minum air putih itu berbahaya jika tidak sesuai aturan yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh ?

Berdasarkan perhitungan medis, takaran yang tepat mengkonsumsi air putih itu adalah 0,03 liter dari berat tubuh manusia. Itu artinya kita harus mengetahui berat tubuh ideal diri kita sendiri, karena setiap diri masing - masing, tidak dapat disamakan dalam hal banyaknya air putih yang masuk ke dalam tubuh. Langkah pertama, anda harus mengetahui cara menghitung berat tubuh ideal baik pada laki - laki maupun wanita. Misalnya saja, laki - laki yang memiliki berat badan ideal 63 Kg, setidaknya membutuhkan 1,89 liter air setiap harinya.

Namun, dalam situasi dan kondisi tertentu perhitungan tersebut terkadang meleset. Misalnya saja, lelaki tersebut adalah pekerja tambang, tentu saja karena aktivitasnya yang menguras tenaga, ia sangat membutuhkan cairan lebih agar metabolisme dalam tubuhnya dapat berjalan normal. Paling tidak hal yang wajib ia penuhi adalah 1,89 perharinya.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat air putih sangat diperlukan bagi tubuh kita. Demi keberlangsungan sistem metabolisme tubuh agar tetap berjalan normal. Saat ini, banyak dari mereka yang menyadari bahwa air putih juga bukan hanya dijadikan sekedar penghilang rasa haus saja. Tapi dapat memberikan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh kita yang mengkonsumsinya.

Manfaat air putih sangat diperlukan bagi tubuh kita. Demi keberlangsungan sistem metabolisme tubuh agar tetap berjalan normal.

Namun, yang perlu digaris bawahi adalah air putih yang anda konsumsi setiap harinya pastikan tidak memiliki kandungan zat atau ogam berbahaya seperti timbal, mercury, timah dan sebagainya. Karena itu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Pelajari lebih lanjut akan hal ini, apakah air putih yang anda minum sehat tanpa ada zat atau kandungan logam berbahaya ? bagaimana cara mengenalinya ? Anda kami arahkan untuk membaca artikel Yakin Air Putih Anda Aman di Konsumsi ? Waspadai Zat Berbahaya

Berbagai manfaat tersebut adalah dapat dijadikan sebagai media terapi, untuk kecantikan, baik bagi mereka yang menjalani diet dan masih banyak lagi yang akan kami sampaikan berikut ini :

# 1. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh dan Menjaga Kesehatan Ginjal
Salah satu fungsi dari ginjal adalah sebagai organ detoksifikasi. Dapat dikatakan ginjal ibaratnya seperti alat penyaring dari zat - zat berbahaya yang masuh ke dalam tubuh. Minum air putih yang tepat dapat melancarkan sistem peredaran darah dan membantu meringankan kinerja dari ginjal. Air putih yang kita minum setiap harinya akan membantu proses detoksifikasi oleh ginjal yang membuat racun tak dapat mengendap dalam darah. Dengan mengkonsumsi air putih yang benar sesuai anjuran, racun akan dikeluarkan melalui keringat dan air seni atau saluran pembuangan yang ada dalam tubuh kita.

# 2. Kulit Tetap Sehat dan Awet Muda
Setiap harinya ada banyak jutaan sel dalam tubuh kita mengalami kematian. Namun, dalam setiap harinya juga ada jutaan sel dalam tubuh kita terlahir dan mengalami regenerasi. Proses regenerasi membutuhkan cairan. Kulit misalnya, setiap hari kulit kita akan mengalami kematian dan mengalami regenerasi menjadi kulit baru. Hal ini dapat kita lihat seperti daki, itulah kulit yang mati.

Kebiasaan mengkonsumsi air putih setiap paginya akan membantu proses regenerasi sel kulit, menjaga kulit tetap bercahaya, mencegah dari penuaan dini seperti mengalami kerutan pada kulit, menjaga kelembaban kulit, kelenturan dan sebagainya. Jika kekurangan cairan, kulit akan tampak kerutan, terlihat pecah - pecah, pucat dan sebagainya.

# 3. Menyeimbangkan Sistem Kelenjar Getah Bening
Kelenjar getah bening dapat diibaratkan seperti dapurnya sistem pertahanan tubuh yang terdapat pada manusia. Di dalam tubuh kita, kelenjar getah bening sangat dibutuhkan untuk melawan berbagai macam jenis penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Kelenjar getah bening ini letaknya tersebar si tubuh kita. Ada yang dileher, lipatan paha, di bawah ketiak dan sebaginya. Seperti benteng pertahanan, apabila sistem ini terganggu, tentu saja tubuh seseorang akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Seperti terjadinya infeksi yang mengakibatkan pembengkakan kelenjar getah bening. Dengan minum air putih secara tepat, sistem ini akan menjadi optimal untuk melawan segala macam infeksi.

# 4. Mempertahankan Fungsi Usus Agar Berjalan Normal
Usus merupakan bagian dari sistem pencernaan. Tergangunya sistem pencernaan akan menimbulkan masalah kesehatan seperti sembelit, susah Buang Air Besar (BAB), sakit perut dan sebagainya. Apabila cairan tubuh yang melalui sistem pencernaan tidak terpenuhi masalah tersebut dapat terjadi. Misalnya saja pada saat kita mengalami susah BAB, fases akan mengeras dan memadat serta sulit untuk dikeluarkan. Itu dikarenakan, sebelum fases keluar melalui saluran pembuangan, cairan yang terdapat pada fases akan diserap usu yang menimbulkan kepadatan pada fases.

# 5. Membantu Program Diet
Dengan aturan tertentu atas saran yang diberikan dari dokter anda, minum aair putih juga dapat membantu anda melangsungkan program diet dan membuat berat badan tubuh menjadi ideal. Tentu saja tidak memberikan dampak sekaligus. Jika dilakukan secara rutin, sistem metabolisme tubuh akan lancar. Jika mengkonsumsi nya secara tertatur juga akan mempengaruhi dan mengendalikan nafsu makan untuk berjalan normal.

# 6. Meringankan Kinerja Jantung
Kita ketahui bersama bahwa fungsi jantung salah satunya adalah organ pempompa darah yang menyalurkan darah keseluruh tubuh. Dalam hal ini, darah memiliki tingkat kekentalan tertentu. Jika terlalu kental, maka kinerja jantung akan meningkat dan darah tidak lancar. Mengkonsumsi air putih dapat membantu darah menjadi encer dan akan mampu melewati pembuluh darah dengan lancar.

# 7. Meningkatkan Fungsi Otak
Apakah anda pernah melihat iklan ditelevisi ? Air menjadi peran penting untuk membantu meningkatkan fungsi dari kinerja otak. Seseorang yang kekurangan cairan dalam tubuh, akan sulit sekali berkonsentrasi atau berfikir. Air akan membantu melancarkan sirkulasi darah pada jaringan dan sistem saraf otak.

# 8. Mengobati Sakit Kepala Ringan
Memang dari segi penjelasan medis, ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab sakit kepala diantaranya adalah kurangnya cairan dalam tubuh dan pengaruh strees. Air putih yang kita konsumsi akan mampu melenturkan disetiap pembuluh darah yang ada termasuk pembuluh darah pada otak. Pada kasus sakit kepala ringan, cobala mengkonsumsi air hangat sebanyak 1 hingga 2 gelas. Kemudian beristirahat sejenak untuk relaksasi. Dengan melakukan ini, sakit kepala yang dirasakan akan berkurang ataupun hilang.

# 9. Menjaga Kekuatan Otot
Setelah kita melakukan aktivitas olahraga, apa yang anda rasakan ? Haus dan otot terasa lelah, bukan begitu ? Ada banyak cairan yang telah kita keluarkan saat kita menjalani segala aktivitas keseharian. Terutama setelah olah raga, tubuh kita akan membutuhkan banyak cairan disebabkan cairan dalam tubuh kita sebelumnya telah dikeluarkan melalui keringat. Cairan ini harus segera anda ganti, bila tidak, tubuh akan mengambil cairan yang terdapat pada otot, darah, lemak dan sebagainya. Apabila tidak segera mengkonsumsi air, rasa lelah pun akan sangat dirasakan.

Semoga dengan artikel yang singkat ini, kita lebih memilih untuk minum air putih daripada minum air yang mengandung bahan pengawet, pewarna atau sebagainya yang belum tentu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh hanya memberikan rasa enak dilidah. Manfaat air putih dapat dirasakan manfaatnya ketika kita mengkonsumsinya secara tepat sesuai dengan aturan kesehatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 9 Manfaat Air Putih Bukan Sekedar Penghilang Haus, Anda Harus Tahu !

0 komentar: