Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Luar Biasa ! Dengkuran Kucing Ternyata Dapat Menurunkan Tekanan Darah dan Depresi... Anda Perlu Tahu Penjelasan Ilmiahnya

Pernahkan anda mendengar suara dengkuran ? Suara ini biasanya terjadi pada manusia yang sedang dalam kondisi tidur yang ditimbulkan dari jaringan suara bagian atas. Menurut para ahli, seiring bertambahnya usia terutama yang sudah menginjak usia 60 tahun ke atas, 50% diantara mengalami tidur mendengkur yang merupakan sindrom sleep apnoea atau gangguan tidur.

Anda sendiri mungkin penah mendengar orang lain tidur mendengkur. Namun, apakah anda pernah mendengar kucing mendengkur ? Bahkan, menurut para ahli mengatakan "suara dengkuran yang dikeluarkan oleh kucing ternyata dapat menurunkan tekanan darah dan depresi bagi manusia yang mendengarnya". Benarkah ? Bagaimana penjelasan ilmiahnya ? Simak lebih lanjut...

Kucing memang salah satu hewan yang lucu untuk dipelihara. Memelihara kucing juga memiliki manfaat, misalnya menimbulkan keceriaan bagi pemiliknya apalagi dijadikan sebagai teman bermain saat memiliki waktu luang. Bagi pecinta kucing, memiliki kucing adalah kebahagian tersendiri yang diibaratkan seperti memiliki tambahan anggota keluarga baru.

Namun bagi yang tidak menggemari kucing, banyak dari mereka yang kuatir akan rambut/bulu kucing yang rontok dan menempel dimana saja. Tak hanya itu, mereka menganggap memiliki kucing juga dapat menimbulkan penyakit seperti alergi, penyebab flu dari bulu/rambut kucing yang terhirup, menjadi sumber penyakit dan sebagainya. Apalagi karena kotorannya yang bau.

Apakah kamu tahu info ini ? Ternyata manfaat memelihara kucing memang luar biasa. Salah satunya, dengkuran kucing dapat menurunkan tekanan darah dan depreasi. Lainnya..

Asalkan melakukan perawatan kucing dengan baik dan benar, hal itu dapat dipastikan tidak akan terjadi. Seperti menjaga makanannya, memberikannya vitamin agar rambut/bulu kucing tidak mudah rontok, menjaga kebersihan tempat tidur kucing dan sebagainya. Dengan begitu anda tidak perlu kuatir penyakit apapun yang ditularkan oleh si kucing.

Hewan yang manis dan imut ini juga memiliki ciri khas. Salah satunya selalu menoleh saat dipanggil pus. Kelucuan lainnya saat ia masih kecil yang gemar bermain apalagi bermain bola yang sangat disukainya. Kelucuan lainnya saat ia sedang tidur yang mengerutkan tubuhnya saat udara dingin dan tidak mau bangun walaupun sudah dibangunkan. Kelucuan lainnya, dapat anda perhatikan sendiri.

Dengkuran Kucing Menghasilkan Gelombang Alpha

Kucing bukan hanya menimbulkan keceriaan bagi si pemiliknya yang dapat meredakan tingkatan stres. Manfaat kesehatan lainnya memiliki kucing juga dapat dirasakan bagi si pemilik yakni dari dengkuran si kucing.

Suara dengkuran dari si kucing ini menghasilkan frekuensi gelombang otak yang ada kemiripannya dengan gelombang alpha manusia berada pada frekuensi 25 - 150 Hertz. Gelombang ini mampu menimbulkan suasana tenang. Bahkan disarankan oleh seorang ahli psikologi, saat kucing berada dipangkuan kita dengan mengelus-eluskannya, hal itu dibiarkan saja hingga kucing mendengkur.

Timbulnya suara dengkuran dari si kucing ini menandakan bahwa si kucing memiliki rasa kenyamanan di sisi sang pemilik. Biasanya suara dengkuran ini akan terdengar saat kita memanjakannya dengan cara mengelus-eluskan bulunya, menggendongnya, saat dia akan meminta makan dan mengajaknya bermain. 

Selain itu, suara itu akan terdengar dan memberikan getaran diseluruh tubuh kucing disaat ibu kucing sedang menyusui anaknya sebagai petanda menenangkan seperti layaknya ia sedang menyanyikan lagu nina bobok buat si anak, memberikan rangsangan keberadaannya. Kemudian, kucing juga akan mendengkur dikala ia sedang sakit bahkan menjelang kematiannya. Ini dilakukan oleh si kucing untuk menghilangkan rasa stres.

Fakta Dengkuran Kucing Bagi Kesehatan Manusia

Sebuah fakta yang mengejutkan yang belum pernah diketahui oleh kebanyakan orang saat ini. Dengkuran kucing ternyata memiliki kekuatan penyembuahan bagi pemiliknya atau bagi mereka yang mendengar suara ini. Ini menandakan bahwa kucing dapat dijadikan hewan terapi di rumah anda. Bahkan dibeberapa tempat seperti panti jompo, selalu memelihara kucing agar suara dengkuran itu dapat terdengar bagi mereka yang mendiamani rumah tersebut.

Pernah dibahas dalam sebuah tayangan televisi swasta pada acara Dr Oz mengenai kekuatan penyembuh dari dengkuran kucing ini dan menurut penelitian oleh para ahli tentang fakta dengkuran kucing yang memiliki sisi kesehatan bagi manusia di antaranya sebagai berikut :

1. Menimbulkan Keceriaan dan Meredakan Tingkatan Stres
Hewan yang lucu menggemaskan ini gemar sekali bermain. Apalagi diajak bermain menggunakan bola, petak umpet atau menggunakan 1 batang lidi yang panjang. Interaksi antara pemilik dengan si kucing semacam ini akan menimbulkan rasa sedang, gembira antar keduanya. Ini dibuktikan dari hasil survei yang dilakukan oleh Cats Protection, 76% orang yang terlibat dalam surveinya menandakan turunnya tingkatan stres pada diri seseorang. Berinteraksi dengan kucing juga dapat meningkatkan energi positif.

Selain mengajaknya berinteraksi, suara dengkuran saat kita memanjakannya dalam pangkuan, saat ia tidur kemudian kita mendengar suara dengkurannya dan sebagainya seperti yang telah disebutkan, suara dengkuran itu mampu menenangkan pikiran baik si kucing itu sendiri dan pemiliknya dikarenakan suara tersebut berada di frekuensi gelombang alpha.

2. Menurunkan Tekanan Darah dan Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Kebanyakan orang tidak akan percaya jika anda mengatakan ini ke orang tersebut. Apakah termasuk diri anda ? Tetapi ketahuilah, dalam studi yang dilakukan oleh Journal of Vascular and Interventional Neourology, ini bukanlah suatu mitos dan benar adanya. Paling tidak anda membutuhkan waktu lebih kurang 10 menit untuk mendengar suara dengkuran dari si kucing untuk memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh anda. Dengan begitu anda akan mengurangi 40% resiko terkena stroke dan penyakit jantung. 

3. Menimbulkan Efek Terapi
Bagi yang memiliki hewan pemelihara kucing di rumahnya, secara tak sadar ia telah memelihara hewan terapi di rumahnya. Frekuensi gelombang yang dihasilkan dari dengkuran kucing berada pada kisaran 25 - 150 Hertz akan membantu kesehatan tulang manusia. Disarankan bagi anda untuk mendengar suara dengkuran ini bagi yang mengalami cidera otot, patah tulang, salah urat dan sebagainya. Efek terapi lainnya, suara ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka, menyembuhkan infeksi dan pembengkakan. 

Disamping itu, jika kucing yang kita pelihara di jaga kebersihannya, hewan ini juga dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia seperti yang sudah dijelaskan pada tayangan acara Dr Oz. Tak perlu anda kuatir dengan bulu/rambut yang rontok, asalkan kita merawatnya dengan baik kuman tidak menempel pada bulu/rambutnya. 

Jika suara dengkuran itu sering anda dengan setiap harinya, dapatlah anda merasakan manfaat kesehatan dari dengkuran si kucing kesayangan anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

0 komentar: