Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

30+ Daftar Makanan Pantangan Asam Urat Yang Wajib Dihindari

Gout seringkali disebut sebagai penyakit asam urat yang pada umumnya dapat dialami bagi mereka yang sudah memasuki usia 30 tahun ke atas. Di Indonesia sendiri, angka prevalensi penderita asam urat terjadi pada usia di bawah 34 tahun sebesar 32% dengan data kejadian tertinggi sebesar 29,2% terjadi pada penduduk Minahasa. (Sumber:Vestita Fenti Pratiwi FKM Fakultas Jember 2013).

Bagi pasien yang sudah positif terkena penyait ini, umumnya mengeluhkan rasa sakit didaerah persendian seperti rasa ditusuk-tusuk dan nyeri diiringi dengan rasa sering kesemutan. Sehingga, akan menghambat aktivitas keseharian bagi penderitanya. Apabila dibiarkan berlarut - larut akan menimbulkan pembengkakan yang sangat serius bagi kesehatan pasien.

Dalam dunia medis atau kedokteran dijelaskan, rasa nyeri yang terjadi pada daerah persendian itu dikarenakan adanya pembentukan garam natrium urat atau lebih dikenal dengan purin yang berlebih didalam tubuh akibat dari kelainan metabolisme purin. Dalam kondisi normal, kadar asam urat berada pada angka 3,4 - 7,0 mg/dl untuk laki - laki dan 2,4 - 5,7 mg/dl untuk wanita. Jika dalam pengecekan uji lab, kadar asam urat hampir melebihi batas normal, sebaiknya anda perlu berhati - hati dan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.

Bagi penderita asam urat, hindari 30+ makanan pantangan asam urat berikut ini, untuk menghindari kadar purin berlebih. Apa saja ? Cek disini...

Kebanyakan penderita, mereka tidak akan menyadari bahwa kadar asam urat dalam tubuhnya sudah melebihi batas normal. Itu karenakan umumnya, tak ada gejala yang cukup serius untuk dikenali yang biasanya hanya sekedar encok atau pegal linu ringan dan akan hilang timbul dengan sendirinya. Namun jika sudah memasuki fase akut, akan sering mengalami nyeri didaerah persendian terutama bagian kaki - ibu jari - pergelangan engsel kaki, tumit, dengkul, dan lainnya daerah persendian yang akan dirasakan diwaktu pagi dan malam hari.

Penyakit ini sebenarnya sebuah akumulasi dari mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi. Bahkan pada usia 20 tahunan pun mulai dapat merasakan gejala yang timbul jika pola makan tidak terkontrol. Namun, itu adalah salah satu faktor penyebab diantara faktor penyebab lainnya yang akan menimbulkan penyakit asam urat seperti riwayat kesehatan, riwayat mengkonsumsi makanan tertentu yang mengandung kadar purin tinggi dan faktor genetik.

Nah, bagi anda yang mengalami penyakit ini ada baiknya tidak mengkonsumsi daftar makanan pantangan asam urat secara berlebihan. Namun, jika sudah memasuki fase akut sebaiknya dihindari untuk mengurangi resiko buruk rasa sakit berlebih dan penimbunan kristal purin di dalam persendian yang jika dibiarkan akan mengakibatkan kelumpuhan permanen. Berikut ini adalah makanan yang harus dihindari atau dikurangi bagi pasien asam urat dengan takaran asam urat (mg/100gram) :
  1. Coklat berkafein (2.300)
  2. Daging kambing / domba (773)
  3. Hati sapi (555)
  4. Ikan sarden (480)
  5. Jenis jamur (445)
  6. Daun melinjo/emping (266)
  7. Paru - paru sapi (339)
  8. Kangkung (290)
  9. Bayam, buncis, kembang kol (256 - 300)
  10. Jantung sapi (256)
  11. Hati ayam (243)
  12. Ikan teri (239)
  13. Udang (234)
  14. Biji melinjo (225)
  15. Kedelai/susu kedelai (190)
  16. Daging ayam (173)
  17. Angsa (165)
  18. Lidah sapi (160)
  19. Ikan kakap (160)
  20. Tempe/produk kedelai (145)
  21. Daging bebek (138)
  22. Kerang (136)
  23. Tahu (110)
Selanjutnya, makanan laut seperti kepiting, lobster, cumi - cumi juga harus anda kurangi atau hindari. Mengkonsumsi jeroan dan makanan dalam kemasan cepat saji juga sebaiknya jangan. Lainnya seperti air kelapa, kacang hijau, kacang ranah, es krim dan goreng - gorengan.

Note: 
  • Boleh - boleh saja bagi penderita asam urat mengkonsumsi makanan tersebut. Namun, harus diperhatikan takaran dalam setiap (mg/100gram). Jangan juga terlalu sering walaupun mengkonsumsinya secara sedikit demi sedikit.

Jika Dibiarkan ? Dan Beginilah Terbentuknya Kristal Purin Tersebut !

Jika sudah menunjukkan beberapa tanda gejala asam urat yang anda alami, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan diri di uji lab dengan mengambil sampel darah atau anda dapat membeli alat tes untuk memeriksa kadar asam urat dalam darah yang dapat dibeli di apotek di kota anda. Sehingga, kapanpun anda dapat mengontrol kondisi kesehatan setiap saat.

Jika dibiarkan berlarut - larut, tentu saja akan berdampak buruk pada kesehatan anda di masa yang akan datang. Menurut penjelasan medis, inilah penjelasan bagaimana kristal purin itu dapat terbentuk yang dapat menempel di daerah persendian :

Pada mulanya asam urat tinggi melebihi batas normal di dalam tubuh dikarenakan terlalu sering mengkonsumsi makanan di atas dalam jumlah tak terkontrol. Dalam kurun waktu tertentu hingga menginjak usia beresiko, jika kebiasaan mengkonsumsi makanan tersebut terlalu sering dilakukan, sedikit demi sedikit proses metabolisme tubuh akan terganggu...

Yang mana zat purin yang masuk di dalam tubuh secara berlebihan tak mampu diserap oleh sirkulasi metabolisme tubuh dan ginjal tidak mampu menstabilkan kadar asam urat menjadi normal untuk diproses menjadi urine atau kotoran. Akibatnya, zat purin itu akan terbawa bersamaan dengan darah dan menempel di bagian persendian yang tak dapat larut. Jika dibiarkan, ia akan membentuk kristal seperti kaca...

Yang akan menusuk - nusuk pembuluh darah saat pasien bergerak untuk beraktifitas. Dari sinilah rasa sakit mulai dirasakan. Kemudian jika tidak diobati, zat purin tersebut akan terus menumpuk hingga membentuk seperti bebatuan karang atau lebih dikenal dengan istilah tofus. Pada tahap ini, Kondisi pasien sudah dikatakan akut. Disini pembengkakan pun dapat terjadi dengan tekstur keras menyerupai tulang.  Tofus yang dibiarkan akan merusak jaringan tulang dan dapat menimbulkan kelumpuhan permanen. Proses ini cukup berlangsung lama, namun jangan abaikan ini.


Sebagai Saran

Selain diperlukannya tindakan langkah pengobatan seperti menggunakan cara alami, langkah selanjutnya adalah melakukan tindakan pencegahan seperti mengurangi atau menghindari beberapa makanan yang dimadsud.

Kemudian perbanyak makanan yang mengandung potasium, serat, buah - buahan yang mengandung vitamin C dan hindari karbohidrat berlebih serta tidak bekerja terlalu lelah. Tidak dianjurkan bagi pasien untuk mengkonsumsi obat - obatan pereda nyeri seperti aspirin dikarenakan itu bukan solusi menyembuhkan hanya perada sakit. Jika terlalu sering justeru akan memperburuk keadaan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 30+ Daftar Makanan Pantangan Asam Urat Yang Wajib Dihindari

0 komentar: