Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Daftar Menu Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes

Pentingnya hormon insulin sangat dibutuhkan bagi pasien diabetes untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh agar berada pada kondisi normal. Tanpa bantuan hormon ini, glukosa dalam darah akan menumpuk padahal sel-sel diseluruh tubuh membutuhkannya. Akibatnya tubuh akan selalu kekurangan energi kemudian akan merangsang otak yang akan menimbulkan rasa lapar. 

Jika hal tersebut sudah terjadi, apa yang dikonsumsi oleh penderita diabetes akan membuat kadar gula darah semakin tinggi tak terkendali.

Tak usah bingung untuk menentukan makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes. Anda dapat melihat daftar menu makanan selain nasi berikut ini !

Ini cukup mengkuatirkan jika berlarut-larut dibiarkan yang akan berdampak serius bagi organ tubuh penderita diabetes lainnya. Salah satu solusi untuk menghindari diabetes adalah mengkonsumsi makanan pengganti nasi atau makanan yang memiliki kadar gula yang rendah dengan angka Indeks Glikemik di bawah 55 per 100 gram berdasarkan hasil penelitian Marsono dkk (2002). Sedangkan, nilai IG sedang berada di angka 55 - 70 selebihnya IG tinggi.

Makanan Pengganti Nasi 

Makanan yang memiliki angka Indeks Glikemik (IG) yang rendah akan diserap tubuh menjadi gula darah dengan proses yang lambat. Ini memungkinkan untuk melakukan pengontrolan gula darah. Salah satu makanan dengan IG yang tinggi adalah nasi dengan angka 89 per 150 gram. Padahal nasi adalah makanan pokok yang tak bisa dihindarkan oleh kita. 

Bagi anda penderita diabetes, tak perlu kuatir untuk mencari makanan pengganti nasi karena referensi makanan yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti sumber karbohidrat dapat anda lihat pada pilihan berikut ini :

1. Ketela Rambat (Ubi Jalar)
Ubi Jalar memiliki kadar IG 54 cukup memenuhi syarat jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, ia juga mengandung antioksidan dan zat karotenoid yang membantu untuk mengatur gula darah. Tinggi akan serat, mengandung beta-karotein, vitamin A C dan E, kalsium, magnesium, B2 dan B6 yang membantu menstabilkan sistem kekebalan tubuh.

Ada 3 jenis ubi jalar yang dapat dikonsumsi seperti ubi jalar putih, ubi jalar kuning dan ubi jalar ungu. Namun, dianjurkan bagi anda untuk mengkonsumsi ubi jalar bewarna ungu yang memiliki tinggi akan nutrisi. 

2. Beras Merah
Banyak sekali varietas beras yang dapat menjadi pilihan bagi seorang diabetes. Beras putih sebenarnya dapat dikonsumsi oleh diabetes. Namun, harus memperhatikan varietas dan kadar IG di dalamnya. Beras merah dapat menjadi pilihan untuk anda konsumsi. Cukup aman jika dikonsumsi dalam batasan normal yang memiliki IG 50.

Pigmen antosianin yang melapisi endosperm pada beras, dapat mencegah terjadinya komplikasi yang serius bagi pasien diabetes dengan cara menngurangi kolagen yang tidak normal pada pembuluh darah dan mencegah terjadinya resistensi insulin.

Anda dapat melihat Indeks Glikemik beras varietas lainnya pada tabel berikut ini :

Anda dapat melihat Indeks Glikemik beras varietas lainnya pada tabel berikut ini :

3. Talas
Sebutan lainnya adalah keladi yang merupakan salah satu tumbuhan penghasil umbi. Ia dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat dengan IG di bawah normmal yakni 54. Setiap 100 gram talas yang anda konsumsi mengandung fosfor 61 mg, vitamin B1 0,13 mg, kalori 142 kkal, vitamin C 2 mg dan protein 1,9 mg. Talas juga baik untuk penderita penyakit jantung dan kolesterol. Jika ingin mengkonsumsinya sangat dianjurkan hanya merebus atau mengukusnya saja.

4. Jagung
Jagung memiliki IG sebesar 56, masih cukup aman dikonsumsi oleh pasien diabetes selama memenuhi aturan jadwal mengkonsumsnya. Namun, varietas jagung manis tak cocok bagi seorang diabetes. Anda dapat mengolah jagung sebagai sumber karbohidrat dengan cara di kukus.

Dalam 100 gram jagung memiliki kandungan karbohidrat 73.7 gr, kalori sebesar 255 kkal,fosfor 256 mg, protein 9.2 gr, lemak 3.9 gr, kalsium 10 mg, dan vitamin B1 0.39 gram

5. Sorgum
Cukup sulit menemukan makanan ini karena dapat ditemukan didaerah tertentu saja seperti Sulawesi yang memilki karbohidrat tinggi diangka 70,7 dalam setiap 100 gram serta memiliki Indeks Glikemik yang rendah. Selain karbohidrat yang cukup tinggi, sorgum cukup baik untuk memenuhi makanan pengganti nasi dan dilengkapi nutrisi lainnya serta antioksidan, anti kanker dan anti tumor.

Mungkin, ini saja yang dapat kami tulis dalam artikel yang berjudul daftar makanan pengganti nasi bagi penderita diabeters ini. Untuk perhatian saja bagi anda penderita diabetes sebaiknya mengontrol pola makan anda secara teratur. Misalnya dipagi hari mengkonsumsi ubi jalar, siangnya nasi dan malamnya jagung. Setiap hari berubah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Daftar Menu Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes

0 komentar: