Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Hilangkan Varises Cukup Dengan 3 Cara Alami dan Tradisional !

Cara menghilangkan varises - Apakah anda pernah melihat di bagian kaki seseorang terdapat pembuluh darah yang tampak timbul menonjol keluar pada permukaan kulit ? Apa yang anda lihat itulah yang dinamakan varises. Apakah anda juga mengalami hal tersebut ? Adakah cara alami untuk mengobati penyakit ini hingga tuntas yang sesuai dengan anjuran dokter ? Kesemuanya akan kami bahas pada artikel ini.

Varises merupakan penyakit yang terjadi pada pembuluh darah yang mengalami pembesaran. Umumnya penyakit ini terjadi pada kaki terutama di betis dan pangkal paha, namun tak menutup kemungkinan penyakit ini dapat terjadi pada bagian tubun lainnya seperti daerah panggul, kerongkongan, kantung testis, saluran dubur (anus) dan pada area pribadi wanita.

Salah satu kebiasaan buruk yang mungkin saja anda lakukan seperti sehabis olahraga berlari misalnya, kemudian tanpa mengikuti prosedur setelah melakukan olahraga, kaki anda langsung menekuk atau jongkok atau duduk bersila. Kebiasaan ini jika terlalu sering kemungkinan besar varises akan terjadi.

Ketahui Penyebabnya

Perlu anda ketahui bahwa di dalam tubuh kita terdapat 2 (dua) type pembuluh darah yang memiliki peran yang sangat krusial bagi tubuh yaitu pembuluh darah vena dan arteri. Pembuluh darah vena bertugas untuk membantu peredaran darah yang membawa oksigen dan nutrisi dari jantung ke seluruh jaringan tubuh. Sedangkan tugas dari pembuluh darah arteri sebaliknya yaitu mengembalikan darah yang sudah tersalurkan keseluruh tubuh untuk dibawa kembali ke jantung melalui katup-katup yang ada disetiap pembuluh darah dengan bantuan kontraksi otot.

Kenapa varises dapat terjadi ? Bagaimana cara menghilangkan varises secara alami tradisional sesuai anjuran dokter ? Pertanyaan anda dijawab lengkap di sini !

Dikarenakan kaki adalah bagian tubuh yang paling jauh dari jantung, pembuluh darah arteri pun harus bekerja ekstra melawan gravitasi agar darah dapat dibawa kembali ke jantung. Namun, tugas dari pembuluh darah arteri ini dapat menjadi ringan karena adanya bantuan katup pembuluh darah vena yang berfungsi layaknya sebuah pintu. Sehingga, darah yang sudah memasuki katup pembuluh darah vena tidak dapat berbalik arah lagi. 

Penyakit ini seringkali terjadi dikarenakan adanya tekanan yang dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti obesitas atau pada masa kehamilan. Sehingga dinding vena menjadi renggang dan berakibat katup vena menjadi lemah. Melemahnya katup vena akan menggangu aliran darah yang sudah terbawa dan berakibat darah dapat mengendap. Endapan darah yang terjadi secara keberlangsungan di dalam vena akan membuat pembuluh darah tersebut menjadi bengkak. Pembengkakan inilah yang menimbulkan varises.

Berikut ini ada beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan munculnya diantaranya dipengaruhi oleh :
  1. Faktor keturunan 
  2. Kehamilan 
  3. Kelainan genetik 
  4. Memasuki usia tua 
  5. Sering berdiri terlalu lama atau setelah olahraga langsung menekukkan kaki 
  6. Adanya penyakit lain seperti tumor

Pengobatan Secara Alami

Varises bukan hanya akan mengganggu penampilan seseorang terutama bagi seorang wanita. Selain itu, penyakit ini jika dibiarkan dan terlalu parah akan menimbulkan rasa nyeri dan terasa berat saat berjalan atau disaat berdiri terlalu lama akan terasa sakit nyeri serta akan menimbulkan komplikasi serius seperti terganggunya sirkulasi darah, inflamasi atau hrombophlebitis pada vena, ulkus vena, dan pendarahan serius.

Bagi anda yang tidak ingin mengalami penyakit ini berlarut-larut  yang bisa jadi dikemudian hari menimbulkan penyakit serius. Tips ini akan sangat membantu anda untuk mengobati varises dengan cara alami berikut ini :

1. Olahraga Rutin
Lakukan ini sebaiknya dipagi hari untuk mendapatkan udara yang bersih. Olahraga yang dianjurkan seperti berjalan santai atau joging selama 30 menit. Tentu saja akan menyehatkan tubuh anda dan melancarkan sirkulasi peredaran darah vena dan arteri. Namun perlu anda ingat, setelah olahraga tidak dianjurkan duduk bersila ataupun jongkok karena akan membuat tekukan pada pembuluh darah. Lakukan cara ini secara rutin.

2. Miliki Berat Badan Ideal
Salah satu penyebab timbulnya dikarenakan berat badan berlebih atau obesitas. Akibatnya, resiko varises pada kaki pun dapat terjadi kapan saja yang mana pembuluh darah pada daerah kaki tidak sanggup menopang berat badan tubuh. Menurunkan berat badan adalah solusi untuk menghindari dan mengobati

3. Kompres Dengan Ramuan Tradisional Berikut
Selain kedua cara di atas yang wajib anda lakukan, langkah selanjutnya untuk mengobati varises adalah dengan cara menggunakan ramuan tradisional yang dapat anda buat sendiri. Langkah ini dilakukan untuk anda mungkin yang takut dengan tindakan medis. Berikut ramuan obat varises yang dapat anda buat.

# Ramuan 1
  • 10 Siung bawang putih 
  • 2 Buah jeruk nipis
  • 3 Sendok minyak zaitun
  • Cara membuat ramuan : Tumbuk halus bawang putih kemudian tambahkan perasan air jeruk nipis dan minyak zaitun aduk rata. Diamkan selama 1 jam didalam kulkas. Untuk menggunakan ramuan ini sebaiknya di malam hari dikarenakan pembuluh darah yang sedang rileks. Cara mengunakannya, balurkan kedaerah yang akan diobati kemudian ikat dengan kain perban agar ramuan ini dapat meresap selama anda tidur.
# Ramuan 2
  • Siapkan 1 buah lemon segar
  • 1 SDM garam
  • 1/2 gelas air
  • Siapkan kain perban
  • Ambil sari buah lemon dengan cara diperas kemudian aduk rata perasan air lemon, garam dan air. Basahi kain perban dengan ramuan tadi pada daerah yang akan diobati. Lakukan cara ini selama 2 jam dan gunakan ramuan ini secara rutin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Hilangkan Varises Cukup Dengan 3 Cara Alami dan Tradisional !

0 komentar: