Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Haid Menstruasi Dengan Cepat

Cara mengatasi nyeri haid secara alami - Memang tak dapat dielakkan bagi seorang wanita normal pada masa suburnya yang sudah memasuki usia pubertas mengalami namanya haid atau menstruasi. Namun, terkadang tamu yang datangnya setiap bulannya ini memberikan rasa nyeri yang sangat dan cukup mengganggu aktivitas keseharian.

Kenapa rasa nyeri dapat dirasakan ? Hal ini dikarenakan aktivitas dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembuluh darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan. Untuk mengatasi masalah ini, ada cara alami yang dapat anda lakukan ketika menstruasi datang. Ikuti tips berikut ini :

1. Air Hangat
Jika rasa sakit tak tertahankan, anda dapat melakukan kompres dengan menggunakan air hangat pada perut bagian bawah yang terasa nyeri. Kompres dilakukan dengan menempatkan botol atau kantong plastik yang diisi dengan air hangat di dalamnya atau dapat juga menggunakan handuk yang dibasahi air hangat, disertai dengan pijatan lembut pada daerah yang menyakitkan. Tindakan bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membuat otot-otot di sekitar perut lebih santai sehingga nyeri dapat dikurangi.

2. Zat Besi
Selama masa menstruasi, wanita akan rentan terhadap anemia atau kekurangan sel darah merah. Itu sebabnya mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi sangat direkomendasikan untuk wanita yang sedang menstruasi.

Apakah anda 1 diantara banyak wanita mengeluhkan saat haid menstruasi datang karena rasa nyeri ? Tips ini adalah cara alami mengatasi nyeri haid menstruasi dengan cepat menggunakan bahan alami.

Diantaranya makanan yang mengandung tinggi zat besi adalah bayam, daun singkong, kacang-kacangan, ubi jalar, hati ayam, dan banyak lagi. Selain makanan tinggi zat besi, makan buah-buahan dan minum banyak air juga akan membantu tubuh lebih segar dan menghindari dehidrasi. Hindari minuman ringan, es, dan kopi, karena hanya akan memperburuk keluhan yang anda alami.

3. Kunyit
Tanaman ini sangat terkenal akan khasiat dan manfaatnya termasuk untuk mengatasi rasa nyeri saat haid datang. Dengan mudahnya anda dapat menemukan kunyit seperti yang sudah dibuat dalam ramuan jamu tradisional kunyit asam yang dijajakan oleh penjual jamu keliling.

Rasa kesegaran akan anda dapat kembali setelah meminum ramuan kunyit asam dengan rutin selama masa haid. Namun, untuk menambah khasiatnya, sebaiknya ramuan ini anda minum pada saat sebelum menstruasi datang.

Untuk mendapatkan kesegaran rasa dan manfaat yang lebih, anda dapat membuatnya di rumah sendiri dengan menyediakan beberapa ruas kunyit sebagai bahan dasar, jahe dan kencur sebagai bahan tambahan. Parut kesemua bahan dan peras. Ambil sarinya yang kental kemudian direbus hingga mendidih. Tambahkan asam jawa dan gula merah. Minum 2 kali sehari.sepanjang masa haid dan minum menjelang masa menstruasi datang.

4. Hindari Pakaian Ketat
Pada saat menstruasi datang, rasa sensitif pasti dirasakan terutama pada daerah pribadi annda. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri adalah dengan menghindari penggunaan celana ketat. Misalnya celana levis atau sebagainya. Penggunaan celana yang ketat akan menggangu ruang gerak saat anda beraktivitas dan menimbulkan gesekan yang mungkin dapat meningkatkan rasa sakit.

Begitulah cara mengatasi nyeri haid menstruasi secara alami yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat untuk Anda dan semoga tips di atas menjadi jawaban atas pertanyaan anda tentang masalah yang sering terjadi pada wanita.

Namun, ada satu yang patut diwaspadai jika nyeri haid yang dirasakan tidak seperti biasanya atau teramat sakit menemukan kelainan untuk timbulnya penyakit yang membahayakan tubuh seperti miom, kista atau penyakit lainnya. Perlu dilakukan tindakan pengecekan medis untuk memastikan hal ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Haid Menstruasi Dengan Cepat

0 komentar: