Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

9 Cara Melancarkan Buang Air Besar (BAB) secara Alami

Buang Air Besar (BAB) merupakan suatu kebutuhan yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaja agar metabolisme tubuh tetap berjalan normal. Dalam keseharian normalnya seseorang melakukan BAB sebanyak 2 kali dan selambat-lambatnya 2 hari dalam sehari.

Jika anda mengalami BAB tidak lancar, perlulah diwaspadai ! dan tak mesti dilakukan tindakan cepat seperti mengkonsumsi obat pencahar atau menggunakan product tertentu untuk memperlancar Buang Air Besar (BAB).

Praktisi kesehatan mengatakan ketika seseorang mengalami masalah kesehatan susah Buang Air Besar (BAB) ada beberapa faktor penyebab diantaranya tubuh kurang mengkonsumsi makanan yang berserat, diet yang tidak teratur dan minim kecukupan air dalam tubuh terutama pada sistem pencernaan.

Jika anda mengalami susah air besar, jangan anggap remeh. 10 cara mengatasi buang air besar (BAB) secara alami berikut ini dapat anda lakukan.

Jangan anggap sepele lho, jika masalah ini berangsur-angsur atau sering anda alami. Dampak buruknya gangguan kesehatan lainnya seperti wasir, sembelit, pendarahan pada ujung usus dubur karena mengejan, hingga dapat berujung pada kanker usus pun dapat terjadi karena kotoran mengeras.

Permasalahan BAB tersebut dapat anda atasi dengan tips cara mengatasi susah BAB secara alami berikut ini :

1. Konsumsi Sayuran Yang Berserat
Serat sangat diperlukan oleh tubuh dalam menjaga metabolisme terutama pada sistem pencernaan. Serat juga akan membantu untuk mempertahankan cairan usus besar yang ada, sehingga dapat melancarkan hambatan besar anda. Mengkonsumsi sayuran seperti kubis, kacang panjang, bayam, wortel atau sayuran hijau lainnya.

2. Buah Strawberry 
Strawberry adalah buah yang juga dapat untuk memperlancar proses pencernaan. Kandungan serat dan vitamin dalam Buah ini cukup tinggi sehingga dapat meluncurkan obstruksi usus. Selain, strawberry juga sangat baik untuk kesehatan kulit Anda karena kaya akan vitamin C.

3. Rutin Minum Air
Apakah tubuh anda minum cukup air? Setidaknya 1,5 liter air atau setara dengan 8 gelas air perhari yang perlu anda minum. Dikarenakan dalam kesehariannya tubuh kita beraktivitas membutuhkan air seperti menjaga kestabilan kekentalan darah, menjaga metabolisme, mempelancar sistem pencernaan dan membantu kinerja usus serta sebagainya. Keluarnya keringat juga akan membuat tubuh lemas dehidrasi kekurangan cairan. 

4. Penggunaan Pepaya
Tips Buang Air Besar yang lancar berikutnya yaitu dengan meningkatkan asupan buah pepaya. Pepaya adalah buah yang mudah sekali ditemukan, dan harganya murah yang dapat dimanfaatkan untuk melancarkan BAB karena Vitamin C dan serat yang terkandung di dalamnya.

5. Dengan Kopi
Ambil 1 sendok makan kopi dengan tambahan gula dan tidak lupa menambahkan garam secukupnya kemudian minumlah, akan membantu anda memperlancar BAB.

6. Olahraga Rutin
Olahraga teratur akan membantu gerakan di semua sistem tubuh kita termasuk berkenaan dengan pencernaan yang akan membuat otot-otor di dalam usus bekerja dengan baik. Selain itu anda akan mendapatkan segaran tubuh anda kembali.

7. Gunakan Lemon Juice
Lemon bertindak sebagai stimulan yang baik untuk sistem pencernaan. Di dalam tubuh, lemon juga membantu menghilangkan racun dan sisa makanan tercerna dalam usus besar. Dengan cara menyiapkan 1 buah lemon segar dan 1 cangkir air matang hangat. Peras lemon aduk merata kemudian minum.

8. Jangan ditahan Jika Sudah Waktunya
Terkadang dikarenakan sibuk, kita harus menunda Buang Air Besar yang sudah terasa. Jika ini terus dilakukan, kemungkinan efek sembelit akan menyerang kita. tidak peduli seberapa sibuk anda, untuk masalah ini jangan dianggap remeh karena tidak baik untuk kesehatan kita.

9. Protein Nabati
Mengkonsumsi daging terlalu sering dapat mengganggu proses pencernaan sehingga akan sulit BAB karena tinja keras. Ini akan bertambah buruk jika kita tidak suka buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk memperlancar BAB anda dapat memilih sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, kedelai, brokoli dan biji-bijian. protein nabati umumnya merupakan pilihan bagi pelaku diet karena rendah lemak. Namun demikian, anda masih perlu asupan protein sebagai nutrisi penyeimbang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 9 Cara Melancarkan Buang Air Besar (BAB) secara Alami

0 komentar: