Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Bagaimana Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Pecah ? Lakukan 10 Cara Ini !

Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Pecah - Adanya masalah bibir kering dan pecah pecah dikarenakan ada beberapa faktor penyebabnya. Diantaranya kurangnya asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh, kekurangan cairan tubuh akhirnya berakibat dehidari, mengkonsumsi makanan terlalu pedas dan asam serta faktor lainnya yang mempengaruhi. 

Bibir merupakan salah satu anggota tubuh yang menarik perhatian, selain rambut, mata, dan lainnya, dikarenakan bagian tubuh ini begitu terlihat ketika seseorang sedang berbicara dengan lawan bicaranya. Disaat bibir kering, pecah pecah termasuk sariawan tentunya akan membuat seseorang kehilangan percaya diri dan secara penampilanpun terganggu.

Mengobati bibir kering pecah-pecah tak perlu menggunakan obat. Berikut ini cara mengatasi bibir kering pecah pecah secara alami dengan cepat.

Terutama bagi seorang wanita, bibir merupakan salah satu ikon kecantikan dan daya tarik yang perlu diperhatikan termasuk bagi seseorang yang selalu bertatap muka dengan orang lain. Tetapi bagaimana jika bibir mengalami kekeringan dan disertai bibir pecah- pecah ? 


Penyebab Bibir Kering dan Pecah Pecah

Bahkan jika tidak diatasi dengan segera akan menimbulkan masalah lainnya seperti bibir mengelupas, terlihat bengkak, bersisik hingga mengalami luka. Lantas apa penyebab dari permasalahan ini. Berikut penyebabnya yang dimadsud :
  1. Kekurangan vitamin C yang didapat dari buah dan sayur
  2. Dehidrasi kekurangan minum air putih
  3. Polusi udara dan debu serta kondisi cuaca yang panas
  4. Panas dalam
  5. Penggunaan lipstik yang berlebihan atau alergi karena tidak cocok dengan bahan yang terkandung di dalam lipstik
  6. Kebiasaan buruk seperti merokok, pecandu alkohol dan minum kopi
  7. Penggunaan pasta gigi yang terlalu banyak mengandung detergen
  8. Bernafas dengan menggunakan mulut
  9. Penggunaan obat-obatan tertentu misalnya untuk mengatasi depresi, stress, jerawat dan sebagainya.

Solusi Mengobati

Nah, kini tak perlu kuatir dengan gangguan kesehatan yang menyerang bibir. Karena ada banyak cara mengatasi, mengobati, dan menghilangkan penyebab masalah pada bibir yang akan kami berikan berikut ini antara lain :

1. Jeruk
kandungan buah jeruk tidak perlu diragukan lagi kualitas vitamin C yang terdapat didalamnya. Cukup mengkonsumsinya secara rutin, maka masalah bibir kering dan pecah-pecah dapat teratasi dengan cepat.

2. Madu
Madu merupakan cairan manis yang berasal dari hewan lebah yang memiliki
khasiat untuk melembabkan kulit bibir yang kering. Selain itu, madu juga merupakan pelembab alami yang memiliki antibakteri untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah.

3. Minyak zaitun
Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata manfaat minyak zaitun juga bermanfaat untuk kulit, bahkan untuk kulit bibir. Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan minyak zaitun yaitu dengan mengoleskannya pada bibir ketika malam hari sebelum tidur. Lakukan secara teratur agar bibir kering dan pecah-pecah dapat teratasi dengan cepat.

4. Mawar
Ternyata bunga mawar selain memiliki rupa yang menarik juga bermanfaat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Bunga mawar akan membantu bibir agar tetap lembab.

5. Tomat
Tomat juga dapat mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah secara alami sebab tomat memiliki  kandungan vitamin C yang tak kalah banyak dengan jeruk. Caranya dengan mengambil sepotong tomat, lalu oleskan pada bibir yang kering dengan gerakan memijat secara pelan.

6. Minum Banyak Air
Jangan biarkan diri anda dehidrasi karena akan mengganggu proses metabolisme tubuh termasuk masalah bibir kering dan pecah pecah. Setidaknya dalam kondisi tanpa aktivitas munumlah 8 - 10 gelas dalam satu harinya untuk orang dewasa.

7. Minyak Kelapa
Dengan mengoleskan minyak kelapa pada bibir akan membantu menghilangkan masalah bibir pecah pecah dan kering serta bibir terlihat hitam dikarenakan kandungan asam lemak dari kelapa. Lakukanlah secara rutin.

8. Wortel
Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk mengobati masalah kesehatan yang terjadi pada bibir. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara memarutnya kemudian tambahkan sedikit air saja, peras dan ambil patinya. Patinya tadi dioleskan pada bibir atau ditempelkan minimal 10 menit.

9. Mentimun
Mentimun sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga banyak mengandung vitamin C. Untuk mengatasi permasalahan ini cukup dengan mengoleskan irisan mentimun ke daerah bibir kemudian memakan irisan tersebut.

10. Lidah Buaya
Lidah buaya sangat terkenal didunia kecantikan seperti untuk menghitamkan rambut, mengatasi masalah jerawat dan sebagainya. Cara menggunakannya pada bibir cukup oleskan daging lidah buaya pada bibir. Diamkan selama 15 menit. Lakukan secara rutin hingga kondisi bibir pulih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Bagaimana Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Pecah ? Lakukan 10 Cara Ini !

0 komentar: