Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

6 Tanda Tanda Kehamilan Pada 1 Minggu Pertama

Tanda Kehamilan - Salah satu momen yang sangat dinanti-nantikan oleh pasangan pria dan wanita setelah berlangsungnya pernikahan adalah momen kehamilan dari seorang pasangan wanita. Namun, karena baru pertama kali mengalami hal tersebut, terkadang si wanita tidak menyadari bahwa dirinya sedang dalam kondisi hamil, padahal usia kehamilannya sudah memasuki 1 minggu pertama.

Sangat penting bagi seorang wanita untuk mengetahui tanda awal kehamilan. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi dalam menjalani masa-masa kehamilan sedini mungkin. Karena tak banyak dari beberapa kasus yang ditemui hingga terjadinya keguguran karena seorang wanita hamil muda tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil yang baru dialami pertama kalinya.

Bagi seorang wanita, penting sekali untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan pada 1 minggu pertama. Kenapa ? Tanda awal kehamilan dapat diketahui dengan ciri-ciri...

Dirasa tak cukup menguatkan jika untuk mengetahui hamil atau tidaknya dilihat dari tanda-tanda bahwa seorang wanita mengalami terlambat haid atau merasakan mual di pagi hari. Nah, untuk memastikan lebih lanjut, berikut ini kami uraikan ada beberapa ciri-ciri kehamilan yang dapat diketahui secara pasti khususnya pada usia kehamilan 1 minggu pertama :

1. Terlalu Sering Buang Air Kecil
Wanita yang tengah memasuki masa kehamilan akan menjadi lebih sering buang air kecil. Hal tersebut terjadi karena perubahan hormon di dalam tubuh yang memicu perubahan dalam berbagai hal, termasuk menjadi sering buang air kecil. Hal ini juga terjadi akibat ukuran rahim wanita hamil yang semakin melebar karena dipersiapkan untuk tempat janin. Maka, posisi kandung kemih akan tergeser sehingga membuat sang ibu menjadi lebih sering buang air kecil.

2. Perubahan Bentuk Payudara
Selain bentuk perut yang semakin membesar, perubahan tubuh ketika hamil juga dapat terjadi pada dada yang makin membesar. Dada wanita pada biasanya akan menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan, bentuknya juga akan semakin membesar dan seperti membengkak. Hal ini terjadi karena untuk mempersiapkan produksi ASI ketika kelahiran sang bayi. Selain membesar dan lebih sensitif, area puting juga akan tampak kelihatan lebih gelap. Hal tersebut akan memudahkan sang bayi menemukan letak susu sang Ibu saat akan menyusui.

3. Merasakan Mual di Pagi Hari
Gejala kehamilan ini sering disebut dengan morning sickness karena biasanya terjadi pada saat pagi hari. Umumnya wanita yang sedang berada di masa kehamilan akan merasakan mual pada pagi hari ketika ia bangun.

4. Kram Perut
Selain dapat menyebabkan keluarnya darah, proses janin yang menempel pada dinding rahim juga bisa memicu perut menjadi kram. Biasanya hal tersebut akan terjadi di awal minggu pertama kehamilan. Pada saat Anda mengalami kram perut lalu disertai tanda-tanda kehamilan yang lain, mungkin itu adalah awal mula kehamilan Anda.

5. Terlambat Haid
Dikarenakan sel telur sudah dibuahi, siklus menstruasi pun tidak akan terjadi dan ovarium pun tidak akan memproduksi sel telur selama masa kehamilan. Jika seorang wanita cermat dalam menghitung siklus haid nya, tanda ini bisa menjadi pedoman bahwa seorang wanita sudah memasuki masa kehamilan.

6. Mudah Kelelahan
Tanda hamil 1 minggu pertama juga dapat dilihat ketika wanita menjadi lebih sering merasa letih dan lelah. Jika Anda biasanya tetap bugar dan kuat ketika melakukan aktifitas sehari hari, ketika memasuki masa kehamilan, maka akan banyak perubahan. Anda akan merasa seperti kehilangan energi karena energi yang dimiliki telah digunakan untuk pembentukan pada janin. Anda juga akan merasakan kantuk yang amat luar biasa, lesu dan lemas seperti orang tidak bertenaga.

Untuk lebih memastikan lebih lanjut mengenai keakuratan dari beberapa tanda non medis di atas, kehamilan memasuki usia 1 minggu pertama dapat dilakukan pemeriksaan secara medis dengan menggunakan test pack alat tes kehamilan yang tersedia di setiap apotek.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 6 Tanda Tanda Kehamilan Pada 1 Minggu Pertama

0 komentar: