Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

10 Obat Cacingan Alami Untuk Anak dan Orang Dewasa

Cacingan tentunya memiliki sifat yang parasit dan merugikan seperti menyerap nutrisi apa saja yang kita konsumsi. Bahkan dapat menimbulkan berbagai penyakit serius jika cacing sudah menginfeksi organ tertentu dalam tubuh manusia.

Disaat kurangnya menjaga kebersihan lingkungan maupun makanan dan minuman yang kita konsumsi, bermain didaerah yang kotor adalah menjadi beberapa diantara faktor penyebab masuknya larva cacing atau cacing itu sendiri ke dalam tubuh kita. 
Waspada penyakit cacingan ! Sebagai tindakan pencegahan dan untuk mengobati cacingan, inilah 10 obat cacingan alami untuk anak dan orang dewasa.
Anak-anak pada umumnya sangat rentan terkena penyakit ini dikarenakan ia aktif, seperti bermain di luar rumah apalagi dengan kondisi lingkungan yang kotor, sering memasukan jari jemarinya ke mulut yang mana jari-jari tersebut berkemungkinan mengandung telur cacing yang tersimpan dikuku dan faktor lainnya yang menjadi penyebab cacingan. Namun, tak menutup kemunginan cacingan juga dapat menyerang orang dewasa

Beberapa diantara tindakan pencegahan dan cara menghilangkan cacingan pada anak-anak dan orang dewasa adalah dengan melakukan hal-hal berikut ini :

Obat Cacingan di Apotek

Jika kita atau si anak sudah menunjukkan gejala cacingan sebaiknya bersegera melakukan tindakan mengobati atau menghilangkan cacing yang parasit tersebut dengan meminum obat cacing yang ada di apotek terdekat misalnya Combantrin, Convermex, Vermox, Albendazol, Piperazin dan sebagainya. Perhatikan petunjuk dan dosis penggunaan untuk obat jenis ini.

Mengatasi Dengan Cara Alami

Untuk mengatasi masalah cacingan pada anak dan orang dewasa, kita dapat menggunakan bahan-bahan alami yang sering kita temui dan mudah untuk mendapatkannya, jadi tak perlu takut dengan resiko efek samping dalam penggunaanya. Berikut adalah ramuan obat tradisional cacingan yang alami :

1. Biji Pepaya
Sediakan biji pepaya yang sudah kering sebanyak 10 gram selanjutnya haluskan dan rebus dengan air 2 1/2 gelas. Biarkan mendidih menyisakan 2 gelas saja. Jika sudah dingin, tambahkan 2 Sdm madu murni. Minum secara teratur pada waktu pagi dan sebelum tidur malam selama 1 minggu.

2. Daun Pepaya
Ambil daun papaya agak tua sebanyak 1 lembar dan 10 gram akar bunga melati. Untuk membuat ramuan lakukan hal yang sama dengan cara seperti pada ramuan biji pepaya. Minum 2 kali sehari.

3. Bawang Putih
Sediakan 3 buah siung bawang putih, 10 gram akar pepaya dan gula merah secukupnya. Rebuslah semua bahan yang ada dengan 3 gelas air namun tidak terlalu manis hingga menyisakan 2 gelas air saja. Minum di waktu pagi dan sebelum tidur malam.

4. Bungle dan Temu Hitam
Bahan yang disediakan adalah 20 gram bangle, 20 gram temu hitam, 5 gram biji ketumbar, 3 buah tangkai daun sirih (diiris-iris tipis). Cuci bersih dan potong tipis semua bahan. Selanjutnya adalah merebusnya dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan kira-kira 2 gelas air saja. Jika sudah dingin minum diwaktu pagi hari dan menjelang tidur malam.

5. Kelapa dan Wortel
Parutlah 1/4 kelapa agak tua dan 1 buah wortel. Tambahkan hasil parutan tadi dengan air hangat 1 gelas kemudian peras untuk mengambil sarinya. Minum ramuan ini rutin sebelum tidur malam selama 1 minggu.

6. Kulit Mangga Segar
Cukup mudah membuat ramuan ini dengan menyediakan kulit mangga dari 1 buah mangga segar. Rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Minum diwaktu pagi dan malam hari sebelum tidur.

7. Biji Jeruju
Sediakan 7 butir biji jeruju yang sudah kering kemudian haluskan. Layaknya seperti membuat kopi, kemudian seduh dengan air panas dan tambahkan 1 Sdm gula. Minum selagi hangat diwaktu pagi dan malam hari selama 1 minggu.

8. Rumput Krokot
Jika belum mengetahui wujudnya, silahkan mencarinya di search engine google. Siapkan krokot sebanyak 20 gram dan rebus bersamaan dengan 2 gelas air hingga mendidih. Minum ramuan ini cukup di waktu malam hari sebelum tidur selama 1 minggu.

9. Akar Delima Kering
Siapkan 10 gram akar delima kering yang kemudian direbus dengan air sebanyak 2 1/2 gelas hingga mendidih. Minumlah jika sudah dingin diwaktu malam hari.

10. Buah Pinang
Sediakan 2 buah pinang tua. Untuk membuat ramuannya sama seperti cara di atas dan minum selagi hangat pada waktu pagi dan malam hari.

Catatan : 
Untuk merebus, gunakan alat untuk merebus yang terbuat dari bahan bukan logam misalnya terbuat dari tanah liat dan lainnya. Untuk menambah khasiat, tidak dianjurkan untuk merebus ramuan secara berulang terus menerus.

Untuk memastikan apakah cacing yang sifatnya parasit dalam tubuh kita sudah hilang, cobalah untuk mengunjungi dokter terkait misalnya dokter yang menangani masalah gizi. Jika perlu akan dilakukan tindakan uji laboratoium dengan pengecekan fases. Hal ini dilakukan benar-benar untuk memastikan apakah cacing dan larvanya masih menginggapi tubuh kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 10 Obat Cacingan Alami Untuk Anak dan Orang Dewasa

0 komentar: