Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

12 Tips Supaya Mata Tetap Sehat Meski Selalu di Depan Komputer

Tips menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer : Terbiasa duduk sambil menatap layar monitor komputer memang sudah menjadi aktivitas rutin oleh sebagian orang. Jaman sekarang, komputer tidak dapat di pisahkan lagi dalam aktivitas sehari-hari kita, mulai pelajar, pekerja kantor, dan lain-lain. 

Mata adalah indera penglihatan yang perlu dijaga. Oleh karena itu menjaga dan merawat kesehatan mata adalah hal yang sangat penting dilakukan, agar penyakit mata, seperti mata minus atau lainnya dapat di atasi.

Beberapa gangguan pada mata akan menyerang seseorang karena akibat terlalu lama di depan komputer. Gangguan-gangguan tersebut bisa berupa mata lelah, mata kering, sakit kepala, penglihatan mata menjadi kabur, dan lain-lain.

Bagi anda yang selalu bekerja di depan layar komputer, ada baiknya mengikuti tips menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer untuk mengantisipasi gangguan kesehatan mata.

Sering menatap layar komputer dapat merusak kesehatan, khususnya dapat merusak kesehatan pada mata. Terlalu lama bekerja di depan layar komputer dapat menyebabkan mata mudah lelah, bahkan dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kerusakan mata yang serius.

Untuk menghindari masalah kesehatan pada mata tersebut, berikut adalah tips supaya mata tetap sehat meski selalu di depan komputer :

1. Mengistirahatkan Mata
Jika terlalu sering berada di depan layar monitor komputer, maka jangan lupa untuk memberi waktu istirahat mata kita selama kurang lebih 5 menit setiap jam. Jangan lupa mengatur waktu tidur agar kondisi tubuh tetap bugar dan sehat. Sesekali, kedipkan mata agar tidak cepat terasa nyeri dan sakit.

2. Biasakan Cuci Wajah Dengan Air Dingin yang Bersih 
Supaya otot wajah dan mata terasa rilex, maka seringlah cuci wajah dengan menggunakan air dingin yang bersih.

3. Perbanyaklah Minum Minuman Bervitamin 
Vitamin adalah nutrisi yang paling penting bagi kesehatan seluruh organ dalam tubuh. Salah-satunya yaitu organ mata. Agar mata selalu dalam kondisi yang baik dan sehat, perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin.

4. Jagalah Jarak dengan Layar Komputer 
Agar terhindar dari pancaran sinar yang tidak menyehatkan untuk mata dari layar monitor komputer, jangan gunakan komputer dengan jarak yang terlalu dekat. Disarankan jarak antara mata dan layar komputer yaitu 50 sampai 100 cm. Mata juga tidak akan cepat lelah dan pedih. Disarankan tidak menatap layar dengan posisi berbaring.

5. Bersihkan Layar
Terkadang debu yang beterbangan akan menempel pada layar monitor sehingga membuat mata akan lebih keras untuk menatapnya. 

6. Redupkan Sinar Komputer 
Untuk menjaga dan merawat kesehatan mata, sebaiknya jangan mengatur layar komputer terlalu terang. Hal ini justru akan membuat mata menjadi tidak nyaman dan cepat merasa lelah. Maka redupkan sinar layar monitor komputer mulai dari sekarang.

7. Gunakan Pelindung Layar
Dengan menggunakan pelindung layar maka akan mengurangi sinar radiasi yang dihasilkan oleh layar monitor. Dengan begitu, sinar radiasi yang dihasilkanpun tidak terlalu tinggi ditangkap oleh mata.

8. Membiasakan Diri Berolahraga
Olahraga yang rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Secara tak langsung juga dapat menjaga kesehatan mata dengan melihat suasana yang hijau dan udara yang sejuk dipagi hari akan membuat mata fresh.

9. Sering-Seringlah Berkedip
Terlalu fokus pada layar monitor akan membuat mata menjadi lelah dan merah. Langkah yang sama dengan no.1 selain mengistirahatkan mata paling tidak beberapa menit setelah terlalu lama melihat dihadapan layar. Berkedip bertujuan untuk menjaga agar kelopak mata tidak kering sekaligus mencegah mata minus.

10. Lakukan Pijat Mata
Sepertinya cara ini aneh dilakukan, namun jangan disangka dengan cara ini akan membuat otot mata menjadi rileks dan mengendurkan saraf-saraf pada bagian mata. Lakukan pijatan dengan lembut disekitar mata, kelopak mata dan diatas alis dengan mata tertutup. Kemudian lihatlah objek dengan jarak dekat dan jauh, Lihat ke kanan, kiri, atas dan bawah untuk mengendurkan otot serta saraf mata.

11. Periksa Kesehatan Mata
Biasanya jika kita akan memeriksakan mata ke dokter, tes standar yang dilakukan adalah dengan ukuran font, tes warna dan sebagainya. Sebaiknya ini perlu dilakukan misalnya dalam jangka waktu 1 tahun sekali.

12. Mengkonsumsi Buah dan Sayur
Vitamin A sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata terutama apa yang terkandung dalam wortel.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 12 Tips Supaya Mata Tetap Sehat Meski Selalu di Depan Komputer

0 komentar: