Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Waspadai Gejala Stroke dan Penyebabnya, Dapat Menyerang Siapa Saja !

Hingga saat ini penyakit stroke menjadi salah satu momok menakutkan diantara beberapa penyakit lainnya seperti diabetes, jantung, ginjal dan lainnya. Dikarenakan dampak dari stroke dapat melumpuhkan fungsi sebahagian tubuh bahkan penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor tiga (3) di dunia.

Dibeberapa negara belahan dunia salah satunya Amerika Serikat pada tahun 2010, stroke menjadi penyebab nomor tiga kasus kematian setelah penyakit kanker dan jantung dengan angka penderita dapat mencapai 700.000 pertahun. Sedangkan di Indonesia sendiri, tercatat setiap tahunnya penderita stroke mencapai angka 300.000 pertahun dengan katagori stroke ringan atau berat.

Angka penderita stroke umumnya telah menginjak usia 45 tahun ke atas. Namun, tak menutup kemungkinan pada usia antara 15 - 60 tahun pun dapat memiliki faktor resiko terkena stroke dikarenakan gaya hidup yang buruk seperti pola makan yang sering mengkonsumsi makanan berlemak, seorang perokok, kurangnya aktivitas olahraga dan lainnya.

Waspadai gejala stroke dan penyebabnya dikarenakan dewasa ini stroke sudah tak mengenal usia penderitanya yang mengidap stroke ringan ataupun berat.

Apa itu stroke ? Stroke adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pada pembuluh darah di otak sehingga sel-sel pada otak kurang atau tidak mendapatkan suplai darah dan oksigen yang cukup yang mengakibatkan kematian sel-sel otak berujung pada kelumpuhan fisik hingga berdampak kematian.

Secara etilogi stroke dibagi menjadi dua stroke hemoragik yang disebabkan karena tekanan darah yang akut atau dikarenakan adanya pelemahan pembuluh darah. Sedangkan stroke oklusif dikarenakan adanya penyumbatan pembuluh darah akibat adanya emboli, ateroskelosis, atau oklusi trombotik pada pembuluh darah otak.

Penyebab Stroke

Penyakit ini tak mesti dilatar belakangi oleh mereka yang telah memasuki usia 45 tahun ke atas saja, pada usia produktif pun memiliki faktor resiko yang cukup tinggi jika mengabaikan beberapa penyebab stroke berikut ini :
  • Mereka yang telah memasuki usia lanjut 45 tahun ke atas perlu mewaspadai
  • Memiliki penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes militus dan memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi
  • Dipengaruhi faktor keturunan (genetik) yang memiliki riwayat stroke
  • Kebiasaan hidup yang buruk seperti seorang perokok, pecandu alkohol dan suka meminum minuman bersoda, sering mengkonsumsi makanan cepat saji, kurang aktivitas olahraga sehingga aliran darah tidak lancar
  • Faktor obesitas
Jika tidak memperhatikan beberapa hal tersebut bisa jadi gejala stroke akan menimpa kita dikemudian hari. Untuk menghindari akibat dari sroke berujung kepada hal yang buruk, perhatikan dan cermati kondisi kita masing-masing apakah memiliki tanda atau gejala stroke berikut ini :
  • Terkadang secara mendadak kehilangan keseimbangan saat berjalan atau melakukan aktivitas tertentu
  • Sakit kepala secara mendadak terasa hebat disertai dengan rasa pegal atau kaku pada bagian leher
  • Pengelihatan terkadang kabur atau tiba-tiba mendadak hilang
  • Kesulitan berkomunikasi atau berbicara dan sulit memahami apa yang orang lain katakan
  • Terkadang merasakan mati rasa sesaat pada organ salah satu lengan
  • Lupa yang kronis padahal ia akan melakukan sesuatu akan tetapi seketika itu lupa begitu saja apa yang harus dilakukan
Simak video mengenal gejala stroke sedini mungkin oleh tips dokter sehat 24 :


Inilah sementara waktu yang dapat kami sajikan mengenai gejala stroke dan penyebabnya, dilain waktu artikel terkait mengenai stroke akan kami perbaharui. Semoga selalu bermanfaat...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Waspadai Gejala Stroke dan Penyebabnya, Dapat Menyerang Siapa Saja !

0 komentar: