Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

15 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Cepat Tanpa Obat Kimia

Cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat tanpa obat kimia : Hampir setiap orang sering merasakan sakit kepala. Gejala yang dirasakan pun bervariasi misalnya merasa pusing pada bagian kepala sebelah kiri, kanan, ubun-ubun, belakang leher, area kening dan belakang kepala. Rasa sakit ini terkadang ringan dan tidak terlalu menganggu, namun terkadang begitu mencengkam hingga segala aktivitas tidak dapat dilakukan ingin tiduran terus. 

Sering sakit kepala sebenarnya petanda apa ? apakah hanya sakit kepala biasa atau ada penyakit serius lainnya yang diderita ? Sering mengalami pusing baik dalam kondisi ringan maupun berat patut diwaspadai, bukannya apa-apa... bisa jadi ini merupakan petanda penyakit serius karena kepala merupakan bagian terpenting dalam menunjang kehidupan. Nah, untuk itu walaupun tergolong sakit kepala ringan sebaiknya mulai dari sekarang kenali pusing yang seperti apa.

Sebelum kami memberikan solusi cara mengobati sakit kepala dan mengatasinya, ada beberapa hal yang perlu diketahui dengan masalah sakit kepala yang diderita mulai dari penyebab sakit kepala, jenis-jenisnya hingga bagaimana cara menyembuhkan sakit kepala.

Penyebab Sakit Kepala

Ini pembahasan pertama, pepatah mengatakan ada api pasti ada asap. Segala penyakit yang ada, pastilah memiliki sebab. Sakit kepala atau dalam istilah medis dikenal dengan nama Cephalalgia merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada kepala dikarenakan adanya gangguan saraf atau dikerenakan faktor tertentu yang menyebabkan sakit kepala datang.

Sering merasakan sakit kepala (pusing). petanda apa ? Baca ini ! Artikel ini berisikan cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat tanpa obat kimia. Dapat mengatasi, mengobati, menyembuhkan dengan bahan alami secara tradisional.

Pada umumnya, penderita sakit kepala sering merasakan rasa sakit pada sebahagian saja yang disebut migrain, mengalami rasa sakit seperti nyut-nyutan (berdenyut), ketarik-tarik, berkunang-kunang hingga rasa mual ingin muntah akibatnya sulit sekali untuk beraktivitas. Sakit kepala sebelah jenis ini biasa disebut Type Primer yang muncul dikarenakan adanya pengaruh emosional seperti stress, kelelahan, mengkonsumsi makanan yang tidak bernutrisi, otot tegang atau karena kurang tidur.

Kemudian ada 2 jenis sakit kepala lagi yaitu Type Skunder yang biasanya disertai gejala rasa sakit pada bagian leher atas kepala yang begitu mencengkam dan migrain bisa saja terjadi. Berbagai penyebab seperti :
  • Adanya gangguan pada peredarah darah di otak yang dikarenakan hipertensi
  • Gejala stroke ringan atau berat
  • Karena influenza
  • Radang sinus
  • Adanya gangguan pada saraf mata
  • Karena sakit gigi
  • Adanya tumor pada otak
  • Gejala meningitis
  • Dikarenakan anemia
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya
  • Terkadang dikarenakan adanya infeksi bisa saja terjadi seperti infeksi pada saluran pernafasan, dll
  • Pernah mengalami cedera kepala karena benturan atau 
  • Karena penggunaan obat-obatan kimia.
Untuk type ini, penderita sakit kepala jika merasakan pada bagian yang dimadsud perlu waspada sejak dini. Bersegera lakukan pengecekan jika sakit kepala sering terjadi di daerah yang sama.

Kemudian Type terakhir adalah Neuralgia yang merupakan gangguan saraf yag terjadi pada kepala dirasakan sangat sakit sakali dan melemahkan kondisi badan. Penyakit jenis ini biasanya jarang terjadi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya kelainan pada gigi karena kesalahan teknis dalam hal pencabutan yang ditangani bukan oleh ahlinya atau karena perubahan struktur gigi, karena penyakit gondongan atau dikarenakan adanya gangguan saraf serius pada kepala. Untuk type ini juga mesti dikonsultasikan ke dokter terkait seperti dokter saraf.

Obat-obatan kimia yang mengandung bahan aktif seperti kafein, asam mefenamat, Propyphenazone, dll adalah obat yang sifatnya sebagai pereda nyeri yang sebenarnya sakit kepala masih ada namun tak dirasakan karena reaksi obat tersebut. Jika tidak digunakan secara tepat atau dosis yang tepat bisa jadi menimbulkan efek samping dikemudian hari jangka waktu tertentu.

Nah, jika sudah mengenali sakit kepala seperti apa yang diderita oleh kita, maka ada beberapa langkah cara alami mengatasi sakit kepala ringan atau berat secara tradisional bukan termasuk sakit kepala yang dikarenakan gejala dari penyakit serius.
  1. Sering-seringlah minum air putih yang hiegienis 
  2. Mengkonsumsi buah pisang yang bermanfaat sebagai relaksasi juga membantu mengatasi stress
  3. Mengkonsumsi kentang rebus untuk melancarkan peredaran darah
  4. Mengompres dengan es batu atau menggosok-gosokan pada daerah yang sakit
  5. Mengkonsumsi lebih banyak ikan segar yang kaya akan omega 3
  6. Atasi dengan buah semangka merah yang mengandung banyak air
  7. Relaksasi dengan menghirup udara segar dengan memijat-mijat bagian kepala yang sakit
  8. Memperbaiki waktu tidur dan pola tidur yang tidak teratur serta atasi stress dengan segera
  9. Berbaring dengan kaki di atas pada ruangan gelap selama 30 menit diiringi minum air putih dan sebelumnya makan makanan yang bernutrisi
  10. Jangan terlalu sering melihat cahaya terlalu terang seperti bermain komputer, laptop dan sebagainya. Istirahat yang diajurkan seperti point 9 
  11. Hindari panas terik sinar ultraviolet
  12. Tidak melakukan aktivitas yang berlebihan
  13. Minum ramuan jahe atau teh daun yang akan meredakan dan membantu relaksasi
  14. Merendam kaki dengan air hangat yang berisikan ramuan daun jahe
  15. Perhatikan gizi dan pola makan tercukupi
Setelah menggunakan beberapa cara di atas untuk menyembuhkan sakit kepala, namun rasa sakit dalam waktu 1-2 hari penggunaan berkemungkinan ini bisa jadi petanda adanya penyakit lain yang diderita. Coba saja konsultasikan permasalahan kesehatan yang dialami seperti tanda-tanda lainnya selain sakit kepala misalnya disertai pegal linu, kesemutan, mata berkunang dan lainnya ke dokter atau yang ahli dibidangnya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 15 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Cepat Tanpa Obat Kimia

0 komentar: