Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Anak Anda Mengalami Batuk dan Pilek, Jangan Kuatir ! Ini Obat Alaminya

Bagaimana tidak kuatir, sebagai orang tua terutama bunda melihat anaknya yang masih dalam usia balita atau bayi, berada dalam kondisi kesehatan yang kurang baik seperti adanya gangguan kesehatan pada saluran pernafasan yang menimbulkan penyakit batuk dan pilek.

Apalagi, jika pada saat musim penghujan atau pancaroba datang, penyakit batuk atau pilek menjadi penyakit musiman yang lazim ditemukan dapat menyerang siapa saja termasuk yang sering menjadi penderitanya pada usia bayi dan anak-anak yang memiliki sistem pertahanan daya tahan tubuh tergolong masih lemah.

Gejala umum yang biasanya muncul seperti sering bersin, hidung tersumbat dan mengeluarkan lendir, demam disertai panas dan sakit tenggorokan. Tanpa pengobatan pada umumnya penyakit pilek antara waktu 5 - 14 hari akan hilang dengan sendirinya jika diiringi istirahat dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Namun, apakah kita akan membiarkan si anak begitu saja ? tidak bukan.

Bunda tak perlu kuatir dengan penyakit batuk atau pilek yang menimpa anak atau bayi. Obat alami ini mampu mengatasi batuk dan pilek pada bayi dan anak.

Obat-obatan kimia sering menjadi solusi untuk mengatasi ini, apakah yang kita berikan aman bagi kesehatan bayi atau anak kita ? Bisa jadi pengaruh obat-obatan itu dapat menimbulkan efek buruk dikemudian hari. Ada beberapa cara alami yang dapat bunda lakukan di rumah untuk mengatasi ketika bayi atau anak sedang mengalami batuk dan pilek.

  • Memberikannya ASI : Untuk usia yang masih tergolong menyusui, fungsi ASI bukan hanya sebagai sumber gizi bagi si bayi atau anak. Disamping itu, ASI akan membuat si anak tumbuh kembang dengan kecerdasan IQ, meningkatkan sistem pertahanan daya tahan tubuh yang semakin kuat. Jika anak dalam kondisi yang kurang sehat jangan biarkan si anak mengkonsumsi minuman susu bubuk, berikan saja ASI.
  • Untuk membantu mengeluarkan lendir dari hidung yang menyebabkan tersumbat dapat menyediakan baskom yang berisi air panas dicampur dengan minyak kayu putih. Biarkan si akan menghirup uapnya yang akan membantu ingus keluar
  • Khusus untuk anak berusia di atas 1 tahun dapat memberikan madu murni. Ingat ya bunda madu murni, bukan madu dalam bentuk botol kemasan. Pastikan kemurnian madunya tidak ada bahan berbahaya sedikitpun pada madu tersebut.
  • Istirahat yang cukup serta memberikan makanan yang bernutrisi seperti dari jenis sayur dan buah-buahan.
  • Khusus untuk anak berusia 2 tahun ke atas, bunda dapat memberikan 2 SDM madu murni dan 1/2 gelas perasan dari 2 buah jeruk nipis. Minum di waktu pagi dan sore masing-masing 1/2 gelas.
  • Khusus untuk anak berusia 1 tahun ke atas, bunda dapat menyediakan 1 jari jahe dan kencur. Rebus keduanya dengan air 1 1/2 gelas hingga mendidih dan menyisakan kira-kira 1 gelas air. Minum air rebusan ini di waktu malam hari sebelum tidur

Selain itu perlu adanya tindakan pencegahan yang mesti diajarkan ke anak misalnya seperti mencuci tangan hingga bersih sebelum atau sesudah makan dan mendapatkan makanan yang bernutrisi serta istirahat yang cukup. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Anak Anda Mengalami Batuk dan Pilek, Jangan Kuatir ! Ini Obat Alaminya

0 komentar: