Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Waspada Gejala Kanker Kulit dan Penyebabnya

Gejala Kanker Kulit : Secara umum dan kebanyakan kasus yang ditemui munculnya kanker kulit pada diri seseorang disebabkan karena terkena pancaran sinar radio aktif atau terkena sinar ultraviolet (ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) yang terlalu berlebihan yang diserap oleh jaringan kulit.

Akibatnya sel-sel dalam tubuh kita terutama pada lapisan epidermis atau lapisan terluar pada kulit mengalami kerusakan dan terganggu perkembangannya yang dapat mengakibatkan pertumbuhan sel-sel-sel tersebut menjadi ganas (berkembang membelah diri secara tak terkendali) sehingga beberapa gejala seperti kulit gatal, munculnya koreng dan sebagainya timbul.

Siapa saja dapat terkena kanker kulit,? kenali gejala kanker kulit, penyebab dan cara mencegah kanker kulit disini.

Jenis kanker kulit secara umum dibagi menjadi dua (2) gologan yaitu non-melanoma dan melanoma. Sedangkan non-melanoma sendiri terbagi lagi menjadi dua yaitu karsinoma sel basal (KSB) dan karsioma sel skuamosa (KSS).
Penjelasan singkat mengenai karsinoma menurut wikipedia adalah Karsinoma adalah segala jenis tumor (kanker) yang tumbuh dari sel di lapisan permukaan penutup atau membran pembatas dari organ.
Karsinoma sel basal cenderung berkembang dengan lambat dan tumbuh pada daerah yang sering terkena sinar matahari seperti pada daerah wajah (hidung, pipi, lipatan hidung, dahi). Sedangkan dari jenis karsinoma sel skuoma dapat tumbuh berkembang dibagian tubuh mana saja, baik pada kulit atau pada selaput lendir dengan epitel skuamosa. Umumnya dari jenis kanker ini dapat ditemui bagi mereka yang memiliki usia antara 40-60 tahun yang dapat dikenali dengan ciri adanya proses peradangan menahun pada kulit.

Gejala Awal Yang Harus Diketahui

Ada beberapa penyebab dan faktor resiko lainnya yang menjadi penyebab munculnya jenis kanker ini yang dapat dialami oleh seseorang diantaranya sebagai berikut :
  • Adanya luka atau koreng yang sulit sembuh walaupun sudah diobati. Dengan ciri khasnya ditandai dengan pinggir koreng menebal dan terasa keras bila disentuh dan mudah berdarah. Koreng dapat terjadi dibagian tubuh manapun pada permukaan kulit
  • Adanya perubahan pada warna tahi lalat
  • Terdapat benjolan kecil-kecil pada kulit yang tidak merata, jika diraba terasa keras.
  • Terjadi kelainan pada kuku seperti perubahan warna, penipisan kuku, warna kuku membiru pucat, luka borok, dan lainnya
  • Bercak kecoklatan pada kulit ditandai dengan permukaan kulit yang kasar dan seperti bersisik
  • Adanya bercak hitam pada telapak kaki dan tangan yang menebal
Namun karena ketidaktahuan penderitanya dikarenakan gejala yang muncul pada awalnya mirip dengan penyakit kulit ringan. Kebanyakan kasus yang ditemui, mereka datang sudah berada pada kondisi stadium lanjut ditandai dengan kerusakan-kerusakan pada daerah kulit yang sulit diobati dan sudah memiliki anak sebar di beberapa bagian tubuh.

Disamping itu, Melanoma adalah jenis kanker yang terdapat pada kulit paling ganas yang menyerang kulit dan akan berdampak kematian jika tidak segera ditangani dengan serius karena perkembangannya begitu cepat yang mengakibatkan kerusakan jaringan kulit permanen. Kanker ini biasanya berasal dari sel pembentuk pigmen pada epidermis yang seperlimanya berasal dari tahi lalat yang berubah tumbuh kembang membesar menjadi ganas disebabkan faktor genetik, sel yang bermutasi atau kumulasi sinar ultraviolet.

Apa Saja  Penyebabnya ? 

Inilah beberapa alasan yang menjadi penyebab kanker kulit dan beberapa faktor resiko dapat timbul pada kulit seseorang, diantaranya :
  • Terlalu lama dan sering terpapar sinar matahari jenis (ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB)
  • Mengkonsumsi makanan yang diasin, diasap, dipanggang atau memiliki kandungan kimia berbahaya dalam maaknan yang dapat mengaktifkan sel kanker
  • Dipengaruhi faktor usia antara 40 - 60 tahun dan faktor genetik yang mempunyai anggota keluarga pernah terkena penyakit ini
  • Memiliki banyak tahi lalat bisa menjadi faktor resiko
Tingkat penyebaran tergantung dari jenis kanker yang diderita seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dari jenis karsinoma sel basal perkembangannya cenderung pada keganasan lokal saja. Namun, semua jenis kanker ini jika tidak tertangani akan merambah pada jaringan bawah kulit seperti fascia, otot dan tulang hingga menyebar ke kelenjar getah bening yang dapat terjadi jika di penderita terkena jenis melanoma.

Diagnosa untuk memastikan apakah benar penyakit ini diderita oleh seseorang, biasanya secara medis akan dilakukan tindakan seperti pemeriksaan darah secara rutin dan dilakukannya biopsi.

Jadi, kita sebaiknya selalu waspada dengan kanker ini yang dapat kita lakukan dengan melakukan tindakan pencegahan antara lain seperti :
  • Menghindari terkena sinar matahari secara langsung atau menghindari sinar matahari secara berlebihan terutama pada jam 10.00 - 15.00. Resiko terbesar bagi mereka yang kurang memiliki pigmen kulit sangat beresiko terkena sinar matahari pada jam tersebut.
  • Menghindari kulit dari kontak langsung dengan bahan kimia berbahaya seperti terkena tar atau sinar rontgen

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Waspada Gejala Kanker Kulit dan Penyebabnya

0 komentar: