Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Bagi mereka yang kurang menjaga kesehatan gigi dan mulut pastilah memiliki karang gigi. Karang gigi memang bukan penyakit yang serius diderita oleh seseorang, namun jika dibiarkan berkepanjangan justeru akan mengakibatkan penyakit yang cukup serius seperti masalah bau mulut, gigi berlubang, gigi keropos, infeksi gigi dan penyakit lainnya yang ditimbulkan.  

Lantas, bagaimana cara menghilangkan karang gigi ? Sebelum kami menjelaskan caranya, simak ulasan mengenai apa itu karang gigi lebih lanjut.

Karang gigi atau dental calculus merupakan hasil dari kumpulan plak yang sudah termineralisasi dan berbentuk layaknya batu karang pada dasar kapal. Yang terbentuk dalam proses cukup lama, berasal dari sisa-sisa makanan yang menempel dipermukaan gigi atau dibagian mana saja yang tidak dibersihkan oleh kita karena sulit terjangkau oleh penyikat gigi.

Inilah tips dan cara menghilangkan karang gigi secara alami dan cepat yang dapat dilakukan bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan mulut karang gigi.

Munculnya karang gigi tak langsung begitu saja ada di gigi, melalui proses dengan adanya sisa-sisa makanan yang menempel di gigi kemudian air lir akan bercampur dengan sisa-sisa makanan yang menempel tersebut yang membuatnya mengeras (terkristal). Ini dikarenakan air liur mengandung garam yang bersifat basa sedangkan sisa makanan bersifat asam.

Ini termasuk masalah kesehatan gigi dapat muncul diderita oleh siapa saja tak mengenal usia dikarenakan beberapa faktor diantaranya :
  • Kebiasaan buruk seperti merokok
  • Mengkonsumsi makanan yang bersifat manis
  • Menggosok gigi yang kurang bersih (tidak tuntas hingga ke sela-sela gigi)
  • Menggosok gigi tidak rutin atau tidak secara benar
Beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh karang gigi antara lain :
  • Bau mulut
  • Berbagai bakteri dan kuman akan cepat berkembang sehingga daya tahan tubuh akan menurun
  • Berbagai penyakit gusi seperti radang gusi (gingivitis) dan gusi bengkak
  • Akan menimbulkan kerusakan jaringan penyangga gigi
  • Gigi berlubang, keropos, infeksi gigi dan gusi
  • Sakit gigi

Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi 

Jangan biarkan plak gigi yang sudah menjadi karang ini berlama-lama menempel di gigi kita, jika tidak ingin mendapatkan gangguan kesehatan gigi dan mulut seperti yang tertulis di atas. Untuk menghilangkannya ada cara alami yang dilakukan, namun untuk mendapatkan hasil tak sebegitu cepat sehari dua hari, jika dilakukan secara rutin pasti akan mendapatkan hasilnya, karang gigi pun hilang. Inilah caranya :
  • Menggunakan pasta gigi khusus - ada pasta gigi khusus yang mengatasi masalah ini, kita dapat menggunakannya secara rutin dengan menyikat gigi pada sela-sela atau ke bagian yang sulit terjangkau. Menggosok gigi tidak perlu terlalu keres yang justeru akan merusak enamel gigi, bila perlu gunakan kaca untuk menyikat gigi hingga ke bagian yang sulit dijangkau.
  • Menggunakan getah buah sukun - terlebih dahulu bersihkan lah daerah gigi dengan cara menyikatkanya. Kemudian ambil getah buah sukun kemudian cukup dioleskan pada gigi yang memiliki karang.
  • Menggunakan cengkeh - terlebih dahulu cengkeh dapat ditumbuk tidak halus kemudian digosokan pada daerah karang gigi secara rutin
  • Rutin mengkonsumsi buah apel dan strawberry
  • Menggunakan baking soda - melakukannya dengan meletakkan baking soda pada sikat gigi kemudian sikatlah gigi seperti biasanyanya. Kumur-kumur setelah itu
  • Mengunjungi dokter gigi - jika ingin mendapatkan hasil yang cepat, ini adalah cara yang tepat. Dokter gigi memiliki alat khusus untuk membersihkan karang gigi hingga ke sela-sela sekalipun.
Setelah membaca artikel ini, selanjutnya perhatikan gigi kita masing-masing apakah memiliki karang gigi ? Jika ada, gunakan cara di atas dan jangan lupa untuk memeriksakan gigi kita ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut sehingga gigi dan kesehatan mulut terjaga bebas dari bakteri dan kuman.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

0 komentar: