Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Tapak Dara Sebagai Obat Alami

Manfaat Tanaman Tapak Dara : Jika ingin mencari obat alami tanaman obat diabetes, kita dapat menggunakan tapak dara sebagai salah satu pilihan. Tapak dara masuk ke dalam famili Apocynaceae dengan nama latin Catharanthus Roseus merupakan tanaman semak yang dapat tumbuh pada ketinggian 800 meter dari permukaan laut.

Tanaman ini kaya akan kandungan kimia, setidaknya ada 70 macam alkaloid diantaranya bi-indole alkaloid, vinkristin, vinblastin, leurokristin, leurosidin, leurosin dan katarantin yang merupakan komponen antikanker. Didunia kedokteran, tanaman ini sebagai bahan herbal untuk pembuatan obat suntik seperti vincristine injeksi dan vinblastin injeksi

Khasiat dan manfaat tanaman tapak dara sebagai obat alami untuk kesehatan mengatasi diabetes, hipertensi, dan sebagainya

Bebearpa penyakit yang dapat di atasi dengan memanfaatkan daun dan bunganya antara lain :
  • Mengatasi leukimia limfositik dan monositik akut
  • Pengobatan tekanan darah tinggi
  • Membantu menghendikan perdarahan akibat penurunan jumlah trombosit
  • Kencing manis atau diabetes
Tanaman ini dapat dikenali dari daun dan bunganya. Bunganya memiliki warna yang indah berupa merah putih, merah dan putih yang sekaligus dapat dijadikan sebagai hiasan perkarangan rumah.

Sebagai obat tradisional dan alami, tapak dara memiliki sifat yang menyejukkan dalam tubuh dan rasanya yang pahit.

Untuk mengobati seperti penyakit hipertensi dan kencing manis, kita dapat menggunakan daunnya sebanyak 15 yang direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 2 gelas saja. Kemudian minum diwaktu pagi dan sore. Untuk mengatasi luka bakar dapat memanfaatkan daunnya ambil secukupnya saja, kemudian ditumbuh halus dan tempelkan pada luka bakar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Khasiat dan Manfaat Tanaman Tapak Dara Sebagai Obat Alami

0 komentar: