Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Kanker Serviks - Cara Pencegahan, Diagnosa dan Pengobatannya

Kanker Serviks : Kanker ini dapat dikatakan salah satu jenis kanker berbahaya yang menyerang organ intim wanita. Semua wanita tanpa mengenal batas usia dapat beresiko terkena kanker mulut rahim, terutama bagi mereka yang memiliki faktor resiko dan telah memasuki usia antara 30 - 40 tahun

Human papilloma virus (HPV) 16 dan 18 yang merupakan kedua jenis virus yang menyebabkan terjadinya kanker serviks pada 70% penderitanya. Proses terjadinya kanker pada mulut rahim inipun tak serta merta jika terkena virus jenis tersebut dalam waktu beberapa hari atau bulan langsung dikatakan mereka terkena kanker mulut rahim.

Proses perjalananya cukup panjang hingga kanker jenis ini dapat terlihat pada organ intim wanita. Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Proses itupun tanpa disadari oleh mereka penderita pra-kanker.

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan kanker yang berbahaya yang diderita oleh wanita. Cara pencegahan, diagnosa dan pengobatannya ada disini.

Jika sudah memasuki tahapan lanjut, beberapa gejala yang ditunjukkan pun sudah mulai tampak dan dapat dirasakan oleh mereka misalnya seperti rasa sakit saat buang air kecil, adanya cairan yang keluar dari organ intim wanita berupa cairan berlendir bewarna kekuning-kuningan, berbau yang bercampur dengan darah serta gejala lainnya.

Ada beberapa tindakan medis yang dilakukan ketika salah satu atau beberapa gejala mulai tampak diantaranya dengan melakukan diagnosa dan pengobatannya. Namun, jika itu belum terjadi langkah pencegahan kanker serviks khususnya bagi wanita perlu dilakukan mengingat penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya.

Diagnosa

Beberapa cara yang dilakukan untuk mendiagnosa untuk menentukan hasil yang pasti dari gejala yang muncul termasuk gejala kanker rahim. Untuk itu, diperlukan beberapa pemeriksaan antara lain :
  • Sistoskopi dan rektoskopi merupakan cara untuk mendeteksi perluasan sel kanker ke daerah kandung kemih dan rektrum
  • Dilakukan pemeriksaan kolpokopi untuk melihat apakah ada perubahan pembuluh darah serviks
  • Biopsi - pemeriksaan yang dilakukan dengan mengambil jaringan di daerah abnormal dengan bantuan kolposkopi
  • Pemeriksaan uji laboratorium darah tepi, fungsi ginjal, dan kadar kimia darah

Pengobatan

Sebelum melakukan tindakan pengobatan, langkah terlebih dahulu yang perlu dilakukan adalah mengetahui seberapa parah penyakit kanker mulut rahim yang diderita dalam pembagiannya ada beberapa stadium, dari situlah nantinya ada langkah yang diambil untuk tindakan pengobatan.

Secara medis langkah yang diambil pada umumnya untuk pengobatan stadium pra-kanker (masih berupa gejala) dapat dilakukan dengan cara seperti kriotrapi, vaporisasi laser, elektrokoagulasi diatermi, konisasi hingga pengangkatan uterus.

Sedangkan pada tahapan lanjutan yang sudah berupa sinoma skuamosa dan adenokarsinoma akan dilakukan tindakan operasi yang bertujuan untuk mengangkat uterus total. Selain itu tindakan lainnya dengan melakukan kemotrapi diiringi dengan melakukan secara rutin tes darah untuk melihat perkembangan ginjal. Karena mungkin saja, tindakan ini akan berpengaruh pada ginjal, kerontokan pada rambut, merasakan kelelahan, mual muntah dan efek samping lainnya.

Di dunia modern sekarang, selain beberapa tindakan tersebut, pengobatan secara tradisional untuk mengobati kanker kanker jenis ini, dapat menggunakan bahan yang berasal dari alam. Misalnya dengan memanfaatkan ekstrak daun sirsak, kunyit putih dan tanaman sarang semut papua.

Salah satu ramuan mengobati kanker serviks, kita dapat menggunakan daun sirsak. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut :
  • Menyiapkan 10 lembar daun sirsak tua yang masih hijau
  • 3 Gelas air bersih atau 300 Ml air
  • Wadah rebusan yang terbuat dari tanah liat (ini digunakan agar tidak menghilangkan khasiat, karena menggunakan wadah rebusan terbuat dari alumunium atau bahan logam lainnya, ramuan yang dibuat akan terkontaminasi)
  • Rebus daun sirsak bersama dengan 4 gelas air hingga mendidih dan kira-kira menyisakan 2 gelas air.
  • Minum ramuan ini di waktu pagi dan sore masing-masing 1 gelas. Ulangi hingga penyakit sembuh.

Catatan : tidak dianjurkan untuk merebus ramuan untuk yang kedua kalinya. Buatlah ramuan yang baru untuk mendapatkan khasiat lebih. Disamping cara pengobatan tradisional yang dijalankan, perlu melakukan pemeriksaan kesehatan rutin terkait perkembangan kanker yang diderita.

Untuk tindakan pencegahan yang dilakukan hanyalah memperhatikan faktor resiko dan menghindari penyebabnya yang dapat anda baca disini

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Kanker Serviks - Cara Pencegahan, Diagnosa dan Pengobatannya

0 komentar: