Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Jangan Anggap Remeh Gejala Anemia dan Penyebabnya

Anemia atau lebih dikenal dengan penyakit kurang darah dapat terjadi pada siapa saja. Hal ini dapat terjadi, jika jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin yang merupakan sarana pembawa oksigen dalam sel darah merah berada di bawah normal. Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan oleh tubuh.

Akibat dari itu, dipastikan akan menggangu aktivitas penderitanya dikarenakan kondisi tubuh yang lemah dan memberikan gejala-gejala yang bervariasi seperti kepala pusing berkunang-kunang, kurang bertenaga, bermuka pucat dan tanda  gejala anemia lainnya.

Tanda dan Gejala

Melakukan pemeriksaan darah dengan cara mengambil sampel darah, kita dapat mengetahui apakah seseorang menderita penyakit kurang darah atau anemia ini, dengan cara ini kita akan mendapatkan hasil yang pasti. Gangguan kesehatan ini sering kali diabaikan bagi penderitanya, namun demikian jika terlalu lama dibiarkan akan menjadi hal yang mengkuawatirkan dikarenakan bisa jadi mengakibatkan daya tahan tubuh menurun dan penyakit lainnya datang.

Sering kali menganggap kurang darah atau anemia adalah hal yang biasa. Padahal jika sudah ada gejala kurang darah ini bisa berisiko buruk pada kesehatan.


Untuk itu, mari kita kenali tanda - tanda munculnya penyakit tersebut berikut ini :
  • Kondisi tubuh mengalami lemah, letih, lesu, lunglai, dan sering kelelahan
  • Detak jantung cepat dan tidak teratur
  • Bagian bawah kelopak mata terlihat pucat
  • Sering kelelahan walaupun tidak melakukan aktivitas yang padat dan sering menguap atau mengantuk
  • Wajah, bibir dan telapak tangan tampak pucat
  • Rambut rontok jika disisir menempel pada sisir
  • Sering merasa mual terutama di pagi hari
  • Kepala pusing dan berkunang-kunang suatu gejala yang sama dengan tekanan darah rendah
Dibandingkan dengan pria, wanita cenderung memiliki resiko terkena penyakit anemia, dikarenakan kecenderungan hormon yang dapat berubah-ubah dan bagi mereka yang memiliki tekanan darah rendah pada angka 90/80 mmHg atau 100/80 mmHg.

Minimnya kandungan hemoglobin dalam darah dikarenakan beberapa sebab yang dapat terjadi. Hemoglobin sendiri diproduksi oleh sumsum tulang, berada pada kondisi normal jika bahan utamanya terpenuhi seperti zat besi, vitamin, protein dan mineral.

Beberapa sebab yang dapat menimbulkan penyakit kurang darah atau anemia ini dikarenakan :
  • Pendarahan hebat dikarenakan kecelakaan, proses persalinan, pecah pembuluh darah, pendarahan hidung, menstruasi dan wasir
  • Adanya kanker atau polip disaluran pencernaan
  • Adanya tuor ginjal atau kandung kemih
  • Kurangnya asupan makanan yang bergizi dan sehat
Sebagai langkah tindakan pencegahan dari anemia, kita dapat mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, vitamin C dan folat

Selain itu, penyakit ini juga dapat kita kenali dengan cara melakukan tes jari seperti berikut ini. Pertama tekanlah jari tidak terlalu kuat, jika terasa sakit dan lihatlah apakah jari yang ditekan tadi kembali memerah. Umumnya akan cepat pulih memerah kembali.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Jangan Anggap Remeh Gejala Anemia dan Penyebabnya

0 komentar: