Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Khusus Wanita ! Cek Rutin Payudara Sendiri, Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara

Kanker payudara hingga saat ini masuk dalam daftar jenis kanker berbahaya nomor dua yang menyerang wanita terutama pada Indonesia. Kanker ini menyerang bagian kelenjar, saluran kelenjar dan jaringan penunjang pada payudara wanita. Namun, kanker ini juga dapat menyerang laki-laki meskipun sangat jarang ditemui yang berkemungkinan perbandingannya 1 : 1000.

Bagi penderita kanker payudara pada tahap dini tak banyak yang mereka ketahui munculnya kanker ini pada payudara mereka. Bahkan pada awalnya tidak menimbulkan keluhan sama sekali. Gejala kanker payudara pada stadium awal dapat diketahui ketika terdapat benjolan kecil di payudara, hingga pada stadium lanjut berbagai macam keluhan barulah dapat dirasakan seperti rasa nyeri, keluarnya cairan dari bagian puting pada waktu tidak menyusui, kulit payudara tampak mengerut dan gejala lainnya.

Khusus wanita tentu saja kanker ini perlu diwaspadai dan wanita perlu mengetahui bagaimana cara mendeteksi kanker payudara sendiri yang mesti dilakukan pengecekan secara rutin sebagai langkah pencegahan dini.

Kapan Dilakukan Pemeriksaan

Bagi wanita yang telah memasuki usia 20 tahun yang masih haid mulailah melakukan penngecekan atau dalam istilah kedokteran yang sering digunakan adalah SADARI (memeriksa payudara sendiri), guna mengetahui lebih dini gejala kanker payudara yang akan muncul, hal ini jika terdapat kanker, upaya penyembuhan segera ditindak lanjuti dan kesempatan besar untuk sembuh masih memungkinkan.

Ini cara mendeteksi dini kanker payudara dengan memeriksa payudara sendiri (SADARI). Wanita di atas 20 tahun wajib melakukan ini sebagai langkah antisipasi dari kanker payudara.

Pemeriksaan payudara ini perlu dilakukan secara teratur dengan rentang waktu beberapa bulan dari sekarang, misalnya 1x (satu kali dalam sebulan).

Untuk melakukan SADARI karena ini merupakan bagian tertutup pada wanita, tempat yang tepat adalah ruangan tertutup yang hanya ada si wanita tersebut yang akan melakukan SADARI. Berikut petunjuk pemeriksaan payudara yang dapat dilakukan oleh wanita :
  • Lepaskan pakaian yang menempel pada bagian dada hingga ke pinggang. Kemudian tataplah cermin dengan posisi duduk atau berdiri. Kedua lengan lurus ke bawah, dan perhatikan bentuk payudara dengan melihat secara detail mulai dari kulit apakah ada kerutan, apakah ada benjolan, atau ada perubahan lainnya.
  • Kemudian angkatlah lengan ke atas, perhatikan lagi disekitar payidara bagian atas dan bawah. Rabalah untuk memastikan tidak ada benjolan atau kulit yang mengeriput. Kemudian pijat secara perlahan-lahan kedua payudara, apakah mengeluarkan cairan atau tidak. Jika wanita sedang menyusui hal yang wajar jika keluarnya cairan karena masa menyusui. Jika cairan yang keluar berbau perlu diwaspadai.
  • Dengan posisi berbaring pada tempat tidur dan kepala terganjal bantal. Telapak tangan kanan dibelakang kepala dan tangan kiri meraba payudara sebelah kanan. Dengan tangan kiri meraba payudara kanan, rabalah dengan perlahan-lahan searah jarum jam dengan gerakan memutar hingga kebagian pinggir, rasakan apakah ada benjolan atau cekungan atau ada kerutan yang dirasakan.
  • Ulangi kebalikan dari langkah sebelumnya, dengan telapak tangan kiri dibelakang kepala.

Cara di atas adalah langkah antisipasi pendeteksian dini kanker payudara. Lakukan cara tersebut secara rutin misalnya dalam waktu satu bulan sekali. Khusus bagi wanita, setelah membaca artikel ini sebaiknya lakukan SADARI tersebut seperti langkah-langkah yang sudah tertulis di atas.

Jika, tanda-tanda kanker payudara berupa benjolan ditemui, tak perlu kuatir terlebih dahulu. Yang perlu dilakukan segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan hasil yang akurat biasanya akan dilakukan beberapa pengecekan,  salah satunya USG payudara.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara SADARI, berikut video tutorial yang dapat khusus wanita lihat



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Khusus Wanita ! Cek Rutin Payudara Sendiri, Langkah Deteksi Dini Kanker Payudara

0 komentar: