Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Cara Deteksi Dini Kanker Dengan Mengetahui Gejala dan Penyebabnya

Cara Deteksi Dini Kanker : Beberapa jenis kanker yang kita ketahui seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker lambung, kanker hati dan sebagainya merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh seseorang. Penderitanya pn tak mengenal pandang bulu dan dapat menyerang siapa saja baik dalam usia yang masih tergolong muda maupun sudah berada pada usia lanjut.

Kanker dapat terjadi pada diri seseorang manakala terjadinya pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, diluar kendali membuat sel-sel normal pertumbuhannya cepat dan menjadi ganas. Pada dasarnya, dalam kondisi normal sel-sel dalam tubuh manusia hanya akan membelah diri jika tubuh dibutuhkan dengan cara mengganti sel yang rusak atau mati menjadi sel yang baru. Bagi penderita kanker, proses tersebut tidak berjalan normal. Sel-sel terus membelah diri, walaupun sel tersebut sudah tua dan sel tua tersebut tidak digantikan.

Kanker dapat terjadi dijaringan tubuh manapun seperti sel darah, sel otak, sel paru, sel usus, sel payudara dan sebagainya. Kanker tergolong ke dalam penyakit yang tidak menular, namun demikian ada beberapa penyakit seperti kanker hati yang penyebabnya adalah terserang virus hepatitis jenis B dan C dapat menular. 


Ini cara mendeteksi dini kanker yang harus kita ketahui sebagai langkah mencegah kanker seperti kanker payudara, serviks, paru dan sebagainya.

Selain itu, beberapa jenis kanker juga dapat diturunkan melalui faktor genetik karena adanya mutasi dari gen spesifik yang diturunkan orang tua kepada anaknya. Kebanyakan penderita kanker, tak banyak yang mengetahui gejala kanker pada tahap awal dikarenakan beberapa jenis kanker tidak menunjukan gejala apapun hingga pada tahapan lanjutan pada kondisi kronis barulah dirasakan.


Sebagai bahan pengetahuan, beberapa faktor di bawah ini merupakan penyebab munculnya kanker pada diri seseorang. Hal ini penting untuk diketahui, dengan mengenal penyebab kanker kita dapat mencegah atau menghindari hal tersebut yang menjadi pemicu sel kanker aktif dalam tubuh kita.

  • Gaya hidup yang buruk : Hal-hal buruk yang sering kita lakukan dan sudah menjadi kebiasaan hidup selama bertahun-tahun salah satu faktor munculnya kanker pada diri seseorang. Kebiasaan tersebut antara lain meroko, meminum-minuman beralkohol, banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, prilaku menyimpang, dan kebiasaan hidup buruk lainnya. Kebanyakan orang menganggap kebiasaan itu tidak akan berakibat apa-apa, untuk hari itu mungkin ia? Bagaimana dengan 5 atau 10 tahun kedepan? Apakah nantinya penyakit yang dideritanya akan menurun ke anak cucunya? Ini yang mesti dipikirkan bagi mereka yang melakukan kebiasaan buruk tersebut.
  • Terkena paparan sinar radiasi tinggi : Sinar radiasi yang dimadsud seperti radiasi dari bom atom atau nuklir, berasal dari radioterapi, sinar-X atau akibat dari terkena sinar ultraviolet yang berasal dari matahari.
  • Virus : Beberapa jenis virus yang dapat menimbulkan kanker adalah virus hepatitis B dan C dan virus yang menyebabkan kanker serviks yaotu papiloma virus.
  • Pengaruh zat adiktif atau senyawa kimia berbahaya : Bagi yang bekerja ditempat perindustrian batubara atau bersentuhan atau berada dilingkungan yang memiliki kandungan merkuri, arsen, kromium, alfatoksin, senyawa nitrosamin, zat pewarna, zat pengawet, sitostatika atau zat adiktif dan senyawa kimia berbahaya lainnya, akan memiliki resiko tinggi terkena kanker. 
  • Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat : seperti makanan yang mengandung lemak tinggi, makanan yang dipanggang atau diasap dikarenakan pembakaran yang tidak steril, mengandung zat pengawet, zat pewarna dan segala sesuatu yang sintesis (buatan) seperti zat penambah cita rasa.

  • Pengaruh hormon yang berlebihan dalam tubuh
Semakin dini kanker ditemukan pada diri seseorang, kemungkinan besar harapan untuk sembuh semakin besar pula. Untuk itu, tanda-tanda yang harus diperhatikan dapat kita lihat pada tubuh kita dengan cara antara lain :
  • Adanya darah atau lendir yang keluar dari tubuh misalnya dari organ intim pria dan wanita atau bagian tubuh lainnya.
  • Adanya luka atau koreng atau borok yang lama sekali sembuhnya patut diwaspadai.
  • Perubahan suara yang tidak seperti biasanya
  • Tahi lalat berubah bentuk baik ukurannya berkembang menjadi semakin besar dan warnanye kecoklatan
  • Sulit makan dikarenakan sistem pencernaan terganggu
  • Buang air kecil terasa sakit
  • dan gejala-gejala lainnya.
Sebenarnya, yang mengetahui lebih lanjut tentang adanya gejala kanker pada diri seseorang adalah orang tersebut. Untuk itu, mulai dari sekarang perhatikan benar setiap perubahan dari tubuh kita yang tidak seperti biasanya, jika ada keluhan segera konsultasi dengan dokter terkait atau mencari informasi lebih lanjut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Cara Deteksi Dini Kanker Dengan Mengetahui Gejala dan Penyebabnya

0 komentar: