Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Proses Terjadinya Gigi Berlubang Yang Harus Diketahui

Proses Terjadinya Gigi Berlubang Yang Harus Diketahui - Gigi merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang paling keras selain tulang. Namun, sebegitu kerasnya gigi juga dapat berlubang seiring dari kita tidak menjaga kesehatan gigi dengan baik. 

Gigi sebenarnya dapat betahan dengan baik terhadap pembusukan dan pada lingkungan ekstrem sekalipun. Walaupun diri seseorang sudah meninggal bertahun lamanya, gigi akan tetap berada dalam kondisi yang utuh. Inilah kenapa ahli forensik sering menggunakan gigi sebagai alat identifikasi untuk mengenali diri seseorang seperti halnya pada kasus korban ledakan bom dan sebagainya. Namun, kenapa gigi dapat berlubang, bagaimana prosesnya ?

Proses Gigi Berlubang

Tiga bagian gigi yang paling penting adalah pulpa, dentin dan enamel (email). Nah, tahukah kamu bahwa bagian enamel gigi inilah sebagai bagian terkeras pada tubuh manusia bukannya tulang. Walaupun demikian, enamel dapat menjadi lunak dikarenakan asam yang dihasilkan dari sisa-sisa makanan yang mengalami pembusukan sehingga pada akhirnya akan mengalami masalah kesehatan gigi berlubang.

Gigi anda berlubang, bagaimana proses terjadinya gigi berlubang ? Inilah yang harus anda ketahui

Makanan yang kita konsumsi seperti karbohidrat, glukosa maupun pemanis buatan, dan sebagainya akan kunyah melalui gigi yang kemudian akan meniggalkan sisa-sisa makanan yang terselip dibagian gigi menjadi plak gigi. Jika tidak dibersihkan, sisa-sisa makanan berupa plak gigi tersebut akan diubah oleh bakteri mulut menjadi asam dan menempel pada mahkota gigi yang membuat enamel gigi melunak dan membuat masalah karies pada gigi.

Hingga lubang tampak pada gigi, menjalani proses yang cukup panjang. Gigi yang terlihat tidak memiliki lubang belum tentu tidak memiliki lubang. Sebab, pada awalnya lubang terlihat sangat kecil yang kasat mata. 

Berbagaimacam bakteri terdapat dalam mulut, salah satunya bakteri Streptococus Mutans. Bakteri tersebut dapat berkembang jika ada sisa-sisa makanan yang terselip pada gigi termasuk adanya plak yang menempel pada gigi. Dengan adanya hal tersebut, bakteri akan mengubahnya menjadi asam merusak permukaan email gigi tanpa disadari dan adanya rasa sakit.

Zat asam akan merusak salah satu komponen terkeras pembentuk email gigi yaitu Kristal Hydroxyapatite. Proses ini disebut dengan Proses Demineralisasi. Proses ini akan terus berlanjut jika tidak menjaga kesehatan gigi. Lubang yang kecil sudah terlihat akan mempercepat proses tersebut jika lubang tersebut tidak ditutupi.

Untukk mengetahui proses terjadinya gigi berlubang, lihat video animasi berikut ini :

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Proses Terjadinya Gigi Berlubang Yang Harus Diketahui

0 komentar: