Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Penyebab Gigi Berlubang Yang Harus Dihindari

Penyebab Gigi Berlubang Yang Harus Dihindari - Bagi yang memiliki masalah kesehatan pada gigi seperti gigi berlubang, pasti pernah merasakan sakit gigi dan bau mulut yang ditimbulkan. Permasalahan gigi berlubang hingga kini paling banyak ditemui pada masyarakat kini. Data yang berasal dari WHO pada tahun 2000, setidaknya ada 60-90% anak-anak di negara industri mengalami masalah karies gigi atau gigi berlubang.

Penyebab gigi berlubang hingga mengakibatkan sakit gigi (karies) yang harus dihindari ada beberapa faktor diantaranya...Untuk itu mencegah gigi berlubang dengan...

Gigi yang berlubang sering dianggap sepele dari orang yang mengalaminya, hal ini dapat ditunjukkan dari data penelitian yang dilakukan oleh Singapura terhadap negara Indonesia pada tahun 2007, anak-anak pada usia 5 tahun sudah mengalami masalah gigi berlubang pada tiga giginya berbeda dengan singapura yang mengalami pada usia 12 tahun barulah mengalami masalah gigi berlubang.

Penyebab Gigi Berlubang

Kebanyakan kasus yang ditemukan pada gigi yang berlubang adalah gigi geraham tengah dan belakang, selain itu 2 gigi di bagian depan. Jika gigi masih sehat belum memiliki lubang atau baru terdapat lubang kecil, sebaiknya kita menghindari apa saja yang menjadi penyebab gigi berlubang sebagai berikut :
  • Kesalahan dalam menyikat gigi - Mengapa dapat dikatakan demikian ? menyikat gigi pun sebenarnya tak asal-asalan asal sikat, ada cara benar menyikat gigi yang harus diperhatikan seperti pada awalnya berkumur-kumur terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri yang menumpuk kemudian menyikat gigi secara perlahan dengan memutar-mutar pada sela-sela gigi, naik turun secara vertikal dan horizontal.
  • Terlalu keras dalam menyikat gigi - faktor ini pun dapat menjadi penyebabnya, selain itu kondisi sikat gigi harus diperhatikan, mestinya sesuai dengan kondisi permukaan gigi.
  • Menyikat gigi setela mengkonsumsi minuman bersoda dan setelah makan dan minum yang hangat dan dingin justeru akan membuat lubang-lubang kecil pada gigi dan dapat merusak email gigi.
  • Malas membersihkan gigi - paling tidak frekuensi menyikat gigi normalnya 1 hari sebanyak 2 kali yaitu pagi dan malam hari. Tidak hanya menyikat, membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi itu perlu untuk menghindari masalah plak gigi yang menjadi penyebab gigi berlubang. Gunakan benang gigi untuk membantu membersihkan sela-sela tersebut.
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang buruk bagi gigi - makanan manis yang mangandung gula, sukrosa, fruktosa atau pemanis buatan sebaiknya anda hindari atau kurangi karena makanan tersebut akan dengan cepat diolah oleh bakteri mulut menjadi asam yang mengakibatkan lunaknya enamel gigi. Selain itu, minuman bersoda, berprisa, beralkohol dan minuman kemasan lainnya juga dapat merusak gigi karena memiliki kadar pemanis buatan.
  • Sering mengadu gigi - madsudnya sering membunyikan gigi dengan cara menggesekkan gigi satu dengan gigi lainnya sehingga menghasilkan bunyi kretek kretek.
Untuk itu, beberapa point di atas sebaiknya dihindari sebagai langkah mencegah gigi berlubang. Jika sudah terlihat lubang kecil pada gigi, jangan takut ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan pencegahan, jangan sampai lubang tersebut membesar hingga mengalami masalah pada pulpa dan jaringan gigi. Sakit gigi itu ga' enak, jadi sebelum terlambat agar tidak menganggap sepele masalah gigi berlubang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Penyebab Gigi Berlubang Yang Harus Dihindari

0 komentar: