Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Mata Katarak - Gejala, Penyebab dan Pencegahan

Mata Katarak - Penyakit mata katarak pada umumnya adalah penyakit yang diderita  oleh mereka yang sudah memasuki usia lanjut pada usia 50 tahun ke atas. Namun, tak menutup kemungkinan sebelum memasuki usia lanjut terdapat katarak pada matanya dikarenakan beberapa faktor penyebab yang dapat menjadi pemicu munculnya katarak pada mata.

Negara Indonesia sendiri, jumlah penderita mata katarak dikatakan tergolong cukup tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya. Setidaknya ada 210.000 kasus yang ditemukan setiap tahunnya. Data dunia yang berasal dari WHO sekitar 48% orang yang mengalami kebutaan atau terdiri dari 18 juta jiwa disebabkan oleh katarak.

Katarak dan Gejalanya

Katarak adalah salah satu penyakit yang menyerang lensa pada mata, terdapat bagian putih pada daerah hitam di mata. Katarak lambat laun akan mengganggu pengelihatan dikarenakan akan menghambat cahaya yang masuk ke mata (retina) menjadi terhalang hingga mengakibatkan kebutaan jika tidak diatasi.

Gejala penyakit katarak yang harus anda kenali pada mata, apa yang menjadi penyebab katarak harus dihindari ! karena dapat mengakibatkan kebutaan mata.


Penyakit katarak sendiri terbagi menjadi tiga jenis yaitu Nuclear yang menyerang bagian tengah lensa mata, Cortical pada bagian tepian luar lensa akan terlihat noda yang membentuk lapisan putih dan Subcaapsular ditemui pada mata berupa lapisan terlihat buram pada di bawah lensa.

Penyakit ini muncul bermula dari titik kecil yang tanpa disadari terlihat pada lensa mata dan tidak merasakan sakit apapun. Hingga katarak berkembang yang dirasakan seperti adanya benda kecil masuk ke dalam mata seperti "rasa kelilipan" kemasukan debu. Saat itulah gejala dari katarak sudah dapat dirasakan oleh penderitanya seperti berikut ini :
  • Penglihatan akan buram atau samar-samar
  • Jika memandang cahaya akan sensitif walaupun cahaya itu tidak terlalu terang
  • Ketajaman penglihatan untuk memfokuskan menjadi berkurang dari biasanya
  • Pandangan kabur saat melihat sesuatu dalam kondisi terang maupun remang
  • Kesulitan melihat pada malam hari
  • Jika melihat objek yang bewarna menjadi memudar
  • Melihat objek menjadi ganda
  • Sering mengganti kacamata karena lensa mata terganggu
Kebanyakan kasus yang ditemui katarak terjadi pada salah satu mata penderita, tapi tidak menutup kemungkinan katarak dapat menyerang kedua belah mata.


Penyebab

Faktor usia lanjut memang menjadi penyebab dari kebanyakan penderita yang ditemui dikarenakan adanya perubahan protein yang membentuk lensa mata. Seiring bertambahnya usia lensa mata yang tadinya bening lama kelamaan akan berubah menjadi keruh.

Namun, ada faktor lain yang memiliki kemungkinan besar katarak akan menyerang mata atau bagi mereka yang kurang memperhatikan hal-hal berikut ini :
  • Memasuki usia di atas 50 tahun
  • Penderita diabetes dan hipertensi
  • Faktor genetik 
  • Sering kontak terlalu lama dengan cahaya ulra violet (sinar matahari) dan terkena radiasi
  • Pernah menjalani operasi pada mata
  • Seorang perokok
  • Meminum obat-obatan dari jenis steroid dengan dosis tinggi dalam waktu yang cukup lama
  • Kurang vitamin dan pola makan yang tidak sehat 

Langkah Pencegahan

Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya dapat mengindari beberapa faktor yang menjadi penyebab. Namun, tindakan pencegahan secara pasti masih belum diketahui dikarenakan adanya beberapa faktor penyebab seperti pada usia lanjut yang masih dipertanyakan dengan adanya perubahan protein pada lensa mata.

Untuk mengurangi gejala yang timbul, penggunaan kacamata mungkin akan membantu, namun lambat laun berjalannya waktu sekitar 3 - 5 tahun katarak akan menutupi lensa mata. Jalan operasi biasanya langkah untuk mengobati penyakit katarak dilakukan penggantian lensa mata yang sudah keruh atau tertutupi dengan lensa mata plastik bening
Disamping itu tindakan pencegahan dan pengobatan yang dilakukan secara tradisional dengan mengkonsumsi jus wortel dan madu alami akan membantu..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Mata Katarak - Gejala, Penyebab dan Pencegahan

0 komentar: