Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Manfaat Tanaman Sirsak Mulai Dari Akar Hingga Daun Atasi Ragam Jenis Penyakit

Manfaat Tanaman Sirsak : Sirsak yang memiliki nama latin Annona muricata lebih bayak orang mengenalnya dari buahnya dengan rasa yang khas manis asam memiliki daging bewarna putih. Berbagai olahan makanan pun dapat dibuat dari buah sirsak  seperti sajian selai, sirup dan dodol yang dijajakan sebagai olahan makanan yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan banyak sekali nama sesuai dengan daerah tinggalnya. Orang sunda menyebutnya dengan sirsak, Jawa (nagka landa), madura (nangkelan), Bali (srikaya), Aceh (boh lôna), Minagkabau (durian betawi) dan Lampung (jambu landa) dan penyebutan lainnya.

Tanaman ini dapat kita gunakan sebagai bahan obat tradisional yang alami untuk mengobati berbagai keluhan penyakit akut dan kronis sekalipun, yang diperoleh dari semua bagian dari tanaman sirsak ini mulai dari akar, kulit batang, biji, daun dan bunganya.

Daun

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh negeri gingseng Korea, membuktikan bahwa daun sirsak memiliki senyawa aktif yang sangat kuat berperan aktif membunuh sel kanker usus besar dan memiliki kemampuan 10.000 kali berpotensi sebagai obat kemotrapi alami tanpa merusak sel-sel yang masih sehat dibandingkan dengan pengobatan kimia memiliki efek samping kesehatan.

Anda perlu mengetahui manfaat tanaman sirsak mulai dari akar, buah, batang, bunga dan daun dapat mengatasi berbagai penyakit akut maupun kronis.

Beberapa senyawa aktif seperti caclourine, gentisic acid, annonacin, annomuricin, anomurine, acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, anonol, gigantetronin, linoleic acid dan muricapentocin merupakan senyawa yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli dibidang kesehatan pada tahun 1970 berdasarkan 20 tes laboratorium menunjukan fakta yang mengejutkan dari manfaat daun sirsak diantaranya sangat efektif membunuh sel-sel kanker ganas seperti kanker prostat, paru-paru, pankreas, usus besar dan payudara tanpa membunuh sel-sel yang masih sehat.

Penyakit lainnya yang dapat diatasi secara tradisional menggunakan daun sirsak seperti untuk mengobati asam urat, kolesterol, asma, bronkitis, batuk, diabetes, mencegah infeksi dan menangkal radikal bebas, mengobati gangguan empedu, disentri, jantung, ganggauan pencernaan, reumatik, kurap, obat penenang, tumor, korengan, demam, infeksi cacingan, malaria, kejang, asthenia, dan sebagai bahan alami anti kanker serta anti tumor seperti yang tertulis dalam buku Lina Mardiana "Daun Ajaib".

Buah

Pemanfaatan buah yang memiliki rasa asam manis ini dapat diolah menjadi minuman jus yang menyegarkan, dibuat selai, dodol dan sirup. Kandungan vitamin dan mineral didalamnya berupa vitamin A, B1, B2 dan vitamin C dari buah sirsak mampu memperlambat proses penuaan, mengkal radikal bebas dan sebagai antioksidan alami.

Mineral dan vitamin lainnya seperti tinggi akan serat yang baik untuk sistem pencernaan, kalium, kalsium dan fosfor sangat baik untuk kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Selain itu, buah sirsak memiliki beberapa zat gizi yang baik untuk kesehatan diantaranya kalori, protein, lemak, serat, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitami B1, vitamin B2, air, kalium, niachin, tritopan, metionin dan lysine.

Bunga

Dibeberapa negara yang sudah maju, bunga dari tanaman sirsak sering digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi penyakit saluran pernafasan seperti bronkitis dan batuk. Bagian bunga yang dimadsud adalah kelopaknya yang hanya memiliki tiga kelopak berbentuk segitiga, biasanya muncul dibagian batang.

Selain itu, dikabarkan dari beberapa pakar kesehatan bunga sirsak juga efektif membantu penyembuhan pecandu narkoba dengan mengkonsumsinya melalui proses perebusan kelopak bunga sirsak.

Kulit

Beberapa manfaat dari kulit batang tanaman sirsak diantaranya mengatasi asma, batuk, hipertensi, sebagai obat penenang alami dam mengatasi kejang. Kandungan reticuline, solamine, muricine, murin dan atherospermine merupakan senyawa aktif yang berperan aktif dalam hal itu.

Biji

Biji sirsak secara tradisional dapat dimanfaatkan untuk mengobati masalah saluran pencernaan seperti cacingan dan mengobati kepala berkutu.

Akar

Tak banyak yang mengetahui manfaat dari akar sirsak yang paling banyak mengandung zat annomuricatin, cohibin, muracin, annomontacin, annonaci,  muricatin, panatellin, annocatacin, annomonicin, reticulatacin dan muricetanol yang berkhasiat mengatasi diabetes, kejang dan sebagai obat penenang alami.

Melihat manfaat yang begitu besarnya dibidang kesehatan dari tanaman ini, sehingga pantas kita dapat mengatakannya sebagai tanaman ajaib dan sakti.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Manfaat Tanaman Sirsak Mulai Dari Akar Hingga Daun Atasi Ragam Jenis Penyakit

0 komentar: