Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Manfaat Daun Sirsak Atasi Berbagai Penyakit Kronis

Masyarakat sering mengenal tanaman ini dari buahnya yang familiar dikenal dengan nama Buah Nangka Belanda atau Durian Belanda. Ya, bentuk buahnya memiliki kulit yang mirip dengan kulit durian seperti nangka juga. 

Sedikit pengetahun, Sirsak memiliki nama latin Annona Muricata L merupakan tumbuhan yang berasal dari karibia, amerika tengah dan amerika selatan yang didatangkan oleh pemerintahan kolonial hindia-belanda pada abad ke-19 ke nusantara. Wah, sekarang kita jadi mengetahui inilah sebabnya kenapa sirsak disebut nangka belanda.

Selain dinikmati buahnya, tanaman sirsak ternyata memiliki banyak sekali khasiat yang diperoleh mulai dari daun, batang, bunga, buah, biji, kulit batang hingga akarnya pun memliki khasiatnya tersendiri untuk mengatasi berbagai penyakit akut maupun kronis. Namun, pembahasan ini akan terfokus kepada khasiat daun sirsak saja.

Manfaat Daun Sirsak

Daun srisak merupakan bagian yang paling banyak memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat bermanfaat mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Setidaknya ada 13 senyawa aktif yang dimadsud diantaranya annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, acetogenins, annocatacin, annocatalin, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin.

Mari kenali manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang mampu atasi berbagai penyakit kronis diantaranya diabetes, jantung, tumor dan lainnya.

Beberapa hasil riset penelitian dibidang kesehatan, manfaat daun sirsak ternyata memiliki 10.000 kali lebih kuat kemampuannya dari kemotrapi mengatasi kanker. Hal tersebut diperkuat oleh National Cancer Institude pada tahun 1976 melalui riset penelitian ilmiah yang menyatakan sirsak lebih efektif menyerang dan menghancurkan sel-se kanker.

Beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh Daun Sirsak antara lain :
  1. Mengatasi diabetes
  2. Menghancurkan sel-sel kanker
  3. Menyembuhkan asam urat
  4. Mengobati sakit pinggang
  5. Mengobati wasir
  6. Menguatkan saraf
  7. Mengatasi masalah cacingan
  8. Menyehatkan jantung
  9. Meguatkan sistem pencernaan dan menambah nafsu makan
  10. Menghambat perkembangan virus dalam tubuh
  11. Mengobati gangguan pernafasan seperti asma, bronkitis, batuk, flu
  12. Mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi)
  13. Mengobati gangguan hati
  14. Mengobati malaria
  15. Mengobati jantung berdebar
  16. Mengobati rematik
  17. Obat penahan darah
  18. Membantu mengeluarkan racun dalam tubuh
  19. Obat penenang alami
  20. Anti tumor dan kanker

Cara Membuat Ramuan

Bahan :
  • 10 Lembar daun sirsak tua yang masih hijau
  • 4 Gelas air
Caranya :
  1. Rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan menyisakan kira-kira 2 gelas air saja
  2. Minum air rebusan diwaktu pagi dan sore secara rutin
Note : Untuk menambah khasiat rebusan, sebaknya ramuan direbus dengan wadah yang terbuat dari tanah liat atau menggunakan bahan yang tidak mudah terkontaminasi dengan kandungan logam. Untuk kriteria penyakit kronis seperti diabetes, jantung dan lainnya, minum ramuan ini diiringi dengan pemeriksaan uji laboratorium pemerikasaan darah untuk mengetahui perkembangan penyembuhan.

Sekian banyak manfaat dari tanaman sirsak, ini baru bagian daunnya saja belum ke bagain yang lainnya. Sepertinya dengan begitu banyak manfaat, tanaman ini perlu menjadi tanaman wajib yang ada diperkarangan atau kebun kita. Karena jika sewaktu-waktu dibutuhkan akan dengan mudahnya kita dapatkan.

Oya, tak hanya mengobati penyakit dalam saja. Daun sirsak juga dapat membantu mengatasi masalah gangguan kulit seperi kurap dan sejenisnya, pembengkakan kaki karena memar, borokan dan lainnya dengan cara mengambil beberapa daun sirsak, banyaknya sesuai dengan kebutuhan kemudian ditumbuk halus dan ditempel pada daerah yang akan diobati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Manfaat Daun Sirsak Atasi Berbagai Penyakit Kronis

0 komentar: