Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Manfaat Batang, Daun, Akar dan Getah Tanaman Sukun Obati Berbagai Penyakit

Kebanyakan dari kita mengenal tanaman sukun ini mungkin dari buahnya saja. Yang mana, buah ini kerap kali menjadi pilihan olahan cemilan, membuatnya dengan cara digoreng dibuat keripik, gorengan, direbus untuk dijadikan sayur atau menikmatinya dengan cara dibakar.

Tanaman Sukun dengan nama lating Artocarpus ternyata tak hanya bagian buahnya saja yang dapat dimanfaatkan. Seperti pada bagian lainnya selain buah, bagian batang, daun, akar hingga getahnya pun sangat berkhasiat untuk mengobati atau menyembuhkan berbagai macam penyakit akut maupun kronis sekalipun seperti batu ginjal, jantung, diabetes militus, kanker payudara, penyakit kulit dan sakit gigi.

Inilah manfaat batang, daun, akar, getah dari tanaman sukun untuk mengobati penyakit diabetes, ginjal, hati, Jantung, sakit gigi, kanker payudara dan penyakit kulit.

Berdasarkan riset penelitian yang dilakukan oleh beberapa orang tim ahli asal Indonesia salah satunya Nublah dari Fakultas Biologi UGM, membuktikan bahwa daun sukun bersifat antidiabetes. Mari bersama kita lihat manfaat tanaman sukun bagi kesehatan mulai dari Akar, Batang, Daun, Buah hingga Getahnya.

Akar
Setidaknya ada 9 senyawa aktif yang terkandung pada bagian akar diantaranya Cycloartocarpin, Artonin, Artobiloxanthone dan Chaplashin beberapa fungsi dari senyawa tersebut adalah menghalau parasit pada penyakit malaria Plasmodium Falciparium, menangkal sel kanker epidermis dan payudara serta sebagai antibiotik mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti akibat luka bakar, panu dan sebagainya.

Batang
Dengan meminum air rebusan kulit batang sukun yang telah dibersihkan dan dijemur hingga kering sebanyak 15 gram mampu mengatasi luka pada lambung. Selain itu senyawa Artocarpin yang ada pada bagian batang memacu membunuh sel-sel kanker payudara.

Daun
Daun sukun memiliki banyak senyawa yang bermanfaat diantaranya Saponin, Polifenol, Tanin, Asam Hidrosianat, Kalium, Phenol, Riboflavin dan Aseticolin yang terbukti melalui uji laboratorium oleh pakar kesehatan mampu meluruhkan batu ginjal yang akan larut bersamaan dengan keluarnya air kencing.

Untuk mendapatkan khasiat yang lebih, memilih daun sukun yang sudah tua bewarna kecoklatan adalah pilihan terbaik untuk pengobatan dikarenakan pada daun sukun tua memiliki kandungan Flavonoid 100,68 mg/gram daripada daun sukun muda yang memiliki kadar dibawahnya.

Manfaat lainnya pada bagian daun dibuktikan secara klinis dapat mengobati penyakit hepatitis dengan membuat ramuannya seperti pada artikel ini. "Obat Tradisional Tanaman Sukun Atasi Penyakit Jantung, Ginjal dan Hati (Hepatitis)

Buah dan Bunga
Bagi penderita diabetes mengkonsumsi buah sukun sangat baik menurunkan kadar gula dalam darah dan menjadi pilihan baik untuk cemilan yang tinggi akan kadar karbohidrat namun rendah gula. Selain itu melalui uji in vitro dan in vivo yang dilakukan oleh peneliti bernama Tjandrawati Mozef. M.Sc menandakan adanya perlindungan terhadap sel endhotelium, artinya dapat melindungi Jantung.

Bagian bunga juga berkhasiat mengatasi sakit pada gigi dengan cara membakar bagian bunga tersebut hingga menyisakan abu kemudian dioleskan pada daerah gusi atau gigi yang sedang sakit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Manfaat Batang, Daun, Akar dan Getah Tanaman Sukun Obati Berbagai Penyakit

0 komentar: