Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Cara Mengobati Sariawan Secara Tradisonal Dengan Cepat

Cara Mengobati Sariawan : Apa yang kita rasakan ketika sariawan datang ? Tentu saja ketika akan makan, minum maupun saat berbicara terasa perih dan nyeri. Orang yang terkena penyakit sariawan umumnya akan tidak banyak banyak bicara dikarenakan rasa perih dan nyeri tersebut mengakibatkan perasaan mudah marah.

Dalam istilah kedokteran sariawan dikenal penyakit Stomatitis. Sariawan dapat terjadi pada area bibir mulut atau terjadi pada selaput lendir mulut, gusi, bagian lidah bahkan terjadi pada tenggorokan. Pada kondisi tertentu penyakit mulut ini dapat sembuh dengan sendiri tanpa diobati seiring dengan asupan makanan dan istirahat yang cukup dengan adanya sistem kekebalan tubuh.

Sariawan mengganggu ? ikuti ini ! Cara mengobati sariawan secara tradisional dengan cepat.

Hampir semua orang pasti pernah mengalami penyakit ini, dengan rentang waktu antara 4 - 10 hari kemudian sembuh. Namun, sariawan yang terlalu sering terjadi dan tidak cepat di atasi, bisa saja hal tersebut menjadi gejala kanker rongga mulut atau kerongkongan.

Penyebab Sariawan

Penyebab sariawan sering diartikan ketika seseorang kekurangan vitamin C, apakah demikian ? Memang benar adanya, namun tak selamanya demikian dikarenakan adanya beberapa faktor penyebab sariawan antara lain :
  • Kekurangan vitamin C, zat besi dan vitamin B12 yang berfungsi salah satunya menjaga kesehatan mulut.
  • Mengkonsumsi makanan pedas, asam, panas, dingin terlalu sering. artinya mengkonsumsi makanan dengan suhu yang masuk kemulut berubah-ubah.
  • Kurangnya menjaga kebersihan tubuh
  • Menggunakan produk pembersih mulut yang tidak sesuai seperti pasta gigi, sikat gigi yang terlalu besar maupun lainnya
  • Pernah mengalami bibir atau bagian dalam selaput lendir mulut tergigit. Ini terjadi biasanya makan terlalu buru-buru mengunyah
  • Alergi atau sensitif terhadap makanan, pasta gigi, obat-obatan atau yang lainnya walaupun ini jarang terjadi
  • Kondisi emosional yang tidak stabil selalu berubah-ubah (stres)
  • Perubahan hormon
  • Perokok
  • Memasang gigi tiruan atau letak kawat gigi kurang rapi
  • Adanya infeksi bakteri Candida Albicans atau jenis virus tertentu
  • Gangguan sistem pencernaan
Ternyata banyak sekali yang menjadi faktor penyebab sariawan yang selama ini kita mengenalinya hanya satu atau beberapa jenis saja.

Jenis Jenis Sariawan

Namun taukah kita, ternyata Stomatitis juga memiliki jenisnya. Dengan mengetahui jenis-jenis sariawan, kita dapat mengetahui tingkat keparahan dari penyakit ini, antara lain :
  1. Tramatic Ulcer : disebabkan karena adanya benturan pada mulut atau adanya luka karena tergigit
  2. Herpes Simples Stomatitis : disebabkan karena adanya serangan virus berbentu vesikel
  3. Vincent Stomatitis : disebabkan oleh daya tahan tubuh menurun atau adanya bakteri B. Flora yang menyerang mulut atau dikarenakan kurang menjaga kebersihan mulut
  4. Recurent Apthrouch Stomatitis : ditandai dengan ukuranya yang kecil, namun dalam waktu beberapa hari atau munggu sariawan ini dapat sembuh dengan sendirinya
Walaupun penyakit ini tergolong ke kedalam penyakit ringan, akan tetapi janganlah menganggap remeh terhadap sariawan. Terlalu sering terkena penyakit ini patutlah dicurigai apalagi proses sembuhnya lambat atau luka sariawan yang menyebar di selaput lendir bibir, lidah dan gusi, bisa jadi sariawan yang dialami bukanlah Stomatitis  biasa, perlu adanya penaganan medis dengan berkonsultasi dengan dokter mulut dan gigi.

Obat Tradisional Sariawan

Tak banyak yang mengetahui, sebenarnya obat tradisional sariawan dapat kita temui disekeliling kita dengan mudahnya. Namun, kebanyakan orang menggunakan cara instan, padahal itu belum tentu baik. Sariawan cepat sembuh, mungkin dikemudian hari sariawan yang diderita akan datang kembali dan jauh lebih parah dari sebelumnya. 

Adapun obat tradisional sariawan antara lain :
  1. Tomat : Mengkonsumsinya dapat dengan berbagai macam cara antara lain dibuat jus, diolah menjadi masakan misalnya sayur sop atau dimakan begitu saja dengan catatan sudah dicuci bersih
  2. Asam Jawa : Ambil 2 sendok asam jawa dan 2 gelas air kemudian rebus hingga mendidih, ketika mendidih langsung diangkat. Biarkan dingin, selanjutnya kumur-kumur
  3. Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam, cara ini sedikit perih
  4. Berkumur dengan air kelapa
  5. Kopi bubuk : kopi bubuk yang dimadsud bukanlah kopi dari sachet. Tetapi kopi yang berasal dari kopi penggilingan langsung. Tempelkan kopi pada luka sariawan, biarkan beberapa menit sekita 15 menit. Kumur-kumur
  6. Bawang putih yang ditumbuk atau dilumatkan halus, tempelkan ke daerah luka
  7. Daun jambu biji yang ditumbuk halus kemudian tempelkan ke daerah yang luka
Kami rasa ini sudah cukup untuk mengobati sariawan, kita dapat mencoba salah satunya saja. Namun, jika sariawan yang dialami terlalu meluas atau sudah menggunakan cara diatas dalam waktu 5 - 1 minggu belum ada perubahan, bisa jadi sariawan yang diderita bukanlah Stomatitis biasa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Cara Mengobati Sariawan Secara Tradisonal Dengan Cepat

0 komentar: