Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Anda Mengalami Masalah Pada Gigi, Ini Solusinya !

Anda Mengalami Masalah Pada Gigi, Ini Solusinya ! - Memiliki masalah pada kesehatan gigi sebaiknya tidak dianggap sepele seperti gigi berlubang (karies gigi), adanya plak pada gigi, bau mulut, sakit gigi dan gangguan kesehatan gigi lainnya. Perlu ada penanganan medis oleh dokter gigi untuk mengatasi masalah gigi seperti gigi berlubang.

Terkadang berkunjung ke dokter gigi saja kebanyakan dari kita merasa takut dikarenakan ada anggapan yang melekat ke dokter gigi itu nantinya disuntik, melihat alatnya nya saja sudah ngeri, kalau gigi berlubang nantinya di bor dan akan terasa ngilu atau sakitnya bukan main dan anggapan lainnya.

Apakah anda memiliki masalah pada gigi ? seperti gigi berlubang yang cukup parah, plak gigi dan sebagainya, coba baca ini !

Padahal itu hanya anggapan saja, dokter gigi pastinya lebih profesional dalam menangani masalah gigi kita. Disisi lain, beberapa pasien yang berkunjung ke dokter gigi yang giginya sudah berlubang, ditanyakan kenapa ke baru ke dokter gigi ? diantaranya menjawab karena malu, sehingga jika rasa sakit sudah teramat sakit barulah kedokter gigi.
Beberapa Pertanyaan Seputar Masalah Gigi 

Ada beberapa pertanyaan yang ditulis oleh beberapa orang pada situs alodokter.com, yang kami rangkum ke dalam postingan ini :

Pertanyaan diajukan oleh member a/n Selvi Minajj:
Selamat siang dok ,
sya selvi 22 thn ,sya mau menanyakan gigi rahang atas sya patah tetapi masih tersisa akar d dlm gusi ,dan gigi itu sering sakit ,sakitnya sampai ke kepala , gmna ya dok cara penanganannya , terima kasih dok

Dokter Susi Sapriyanti menjawab : 
Halo,
Akar gigi yang tersisa dalam gusi bisa menjadi sarang kuman sehingga menimbulkan nyeri gigi dan bisa menjalar ke kepala seperti yang Anda alami. Untuk itu periksakan diri ke dokter gigi dan jika gigi sedang dalam kondisi tidak nyeri sebaiknya Anda segera mencabutnya atau melakukan tindakan lain seperti memasang implan gigi/ jaket gigi jika masih bisa dilakukan. 

Berkonsultasilah kepada dokter gigi mengenai tindakan terbaik penanganan kondisi sisa gigi Anda. Untuk mengatasi nyeri Anda bisa melakukan : 
  • Minum paracetamol. 
  • Kompres dengan air dingin. 
  • Menyikat gigi dengan teratur. 
  • berkumur dengan cairan antiseptik 
  • Melakukan flossing dll. 
Semoga bermanfaat. 

dr. Yusi 
Pertanyaan diajukan oleh member a/n Lusi Sanindita :
Halo dokter,
Saya masih berumur 16 tahun, dan saya sudah mengalami kerusakan hingga menyebabkan lubang pada kedua gigi geraham atas, bawah pada kanan dan kiri gigi saya. Dan sekarang saya sering mengalami ngilu dan nyeri yang sangat sakit. Padahal saya sudah rajin menyikat gigi saya dok. 
Apa yang harus saya lakukan? Jika saya mencabut gigi saya semua, maka saya tidak ada geraham lagi dan jika dilakukan penambalan, saya takut akan ada kerusakan lagi pada tambalan itu. Terimakasih dokter. 

Dokter menjawab :
Hai,
Sebaiknya Anda menemui dokter gigi dan memeriksakan kondisi kedua gigi Anda secara seksama. Dengan demikian dokter gigi akan bisa menilai kondisi gigi Anda dan memberikan pengobatan yang paling sesuai untuk kondisi gigi Anda. 
Anda bisa saja mencabut gigi Anda dan menggantinya dengan gigi palsu jika Anda takut tidak memiliki gigi geraham lagi. Namun tindakan penambalan juga boleh dilakukan asalkan kondisi gigi memungkinkan untuk dilakukan penambalan. 
Jika kondisi gigi sudah berlubang cukup parah, Anda bisa melakukan pembuatan jaket gigi sehingga gigi akan terlihat seperti gigi yang sehat. 

Tentunya kesemuanya memerlukan tindakan perawatan saraf gigi agar tidak timbul nyeri / linu di kemudian hari pada gigi yang ditambal / dibuat jaket gigi. 

Beberapa pilihan Anda untuk menangani gigi Anda yang berlubang adalah : 
  • Mencabutnya dan menggantinya dengan gigi palsu. 
  • Jaket gigi. 
  • Implan gigi. 
  • Menambal gigi
  • Konsultasikan dengan dokter gigi pilihan terapi terbaik untuk kondisi Anda.

Pertanyaan diajukan oleh member a/n Putri Retno Anzani :
Dok Bagaimana mengatasi masalah karies gigi yang parah? 

Dokter menjawab : Dr. Roni Wijaya
Dear Putri,
Karies gigi atau sering disebut gigi berlubang adalah masalah gigi yang paling banyak ditemukan. Karies gigi disebabkan oleh aktivitas bakteri pada gigi. Gejala yang sering dirasakan adalah nyeri dan kesulitan dalam mengunyah makanan. Karies gigi yang tidak dirawat dengan baik dapat dijadikan tempat berkembangbiaknya kuman penyakit. 
Karies gigi yang sudah parah bisa ditangani dengan: 
  • penambalan gigi 
  • pemakaian jaket gigi 
  • penggunaan implan gigi 
  • pencabutan gigi 
  • penggantian dengan gigi palsu 
Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter gigi dimana dokter gigi akan memeriksa Anda secara langsung dan akan menentukan pilihan terapi terbaik bagi Anda. 

Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah karies gigi: 
  • makan makanan bergizi seimbang 
  • batasi konsumsi makanan/minuman atau permen yang mengandung gula berlebih 
  • mengunyah permen karet yang mengandung xylitol dapat membantu 
  • gosok gigi minimal dua kali sehari 
  • gunakan pasta gigi yang berflouride 
  • kumur-kumur sehabis makan 
  • minum air putih dalam jumlah cukup minimal 2 liter perhari 
  • kontrol teratur ke dokter gigi 6 bulan sekali
Beberapa pertanyaan di atas mungkin dapat menjawab masalah gigi yang dialami. Jadi, jangan ada rasa apapun pada dokter gigi seperti rasa malu karena gigi nya sudah rusak, bau mulut, karena takut atau karena lainnya. Dokter gigi akan memberikan solusi yang terbaik buat kesehatan gigi kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Anda Mengalami Masalah Pada Gigi, Ini Solusinya !

0 komentar: