Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

8 Cara Alami Menghilangkan Jerawat dan Noda Bekas Jerawat

Jerawat (Acne Vulgaris) salah satu penyakit yang menyerang kulit, umumnya pada area wajah dan tubuh. Penyakit ini tergolong ringan, walaupun demikian banyak dari mereka yang mengalami masalah jerawat muncul diwajah membuat ketidakpercayaan diri, apalagi jerawat yang timbul diwajah sangat banyak dan menimbulkan flek noda hitam.

Hal yang wajar saja jika seseorang memiliki jerawat yang muncul disaat usia seseorang sudah memasuki usia pubertas (12 tahun ke atas) dikarenakan adanya kelenjar minyak di foliker bulu halis/rambut dan pengaruh kelenjar hormon (sebaceous gland) yang mulai tumbuh.

Bukan hanya itu, jerawat juga dapat meninggalkan bekas berupa noda hitam dan membuat pori-pori wajah menjadi besar sehingga akan dengan mudahnya bakteri masuk melalui permukaan kulit yang berpori tersebut. Selain itu, beberapa diantaranya mereka yang memiliki jerawat juga menimbulkan masalah kesehatan serius pada wajahnya seperti adanya jerawat batu.

Dengan menggunakan bahan alami diperoleh dari alam, inilah cara alami menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat dengan cepat dan harga yang murah.

Perawatan kecantikan saat ini untuk mengatasi permasalahan pada area wajah seperti menangani jerawat, noda hitam bekas jerawat, pori-pori membesar, permukaan kulit wajah kasar dan masalah lainnya, membutuhkan tak sedikit biaya. 

Menghilangkan Jerawat dan Noda Bekas Jerawat

Menggunakan obat jerawat dari bahan kimia berbentuk krim atau pil yang diminum perlu diwaspadai, apalagi sudah banyak kasus yang diperlihatkan ditelevisi akan bahayanya. Jangan sampai apa yang kita lakukan, ingin mendapatkan hasil yang instan justeru menimbulkan masalah kesehatan lainnya yang muncul. Jerawat hilang penyakit lainnya muncul tentu itu yang kita tidak inginkan.

Namun, ada cara yang dapat dilakukan oleh semua orang untuk mengatasi hal tersebut dengan biaya yang murah namun hasilnya memuaskan. Beberapa bahan-bahan di bawah ini berupa tanaman, buah-buahan atau yang berasal dari alam, terbilang ampuh untuk mengatasi permasahan tersebut.

1. Mentimun

Buah ini bukan hanya sebagai bahan makanan saja, akan tetapi berguna juga dalam hal kecantikan. Salah satunya adalah mengatasi jerawat yang muncul pada wajah. Cara menggunakannya dengan memblender buah mentimun secukupnya hingga halus. Kemudian oleskan hasil blenderan tadi pada wajah diwaktu malam hari sebelum tidur. Diamkan selama 25 menit pada wajah setelah itu cuci bersih wajah dengan air bersih.

Disamping itu, sebagai alternatif lainnya anda dapat menggunakan buah tomat yang cara menggunakannya sama dengan membuat masker wajah dari buah tomat.

2. Jeruk Nipis

Buah ini kaya sekali akan kandungan vitamin C dan biasanya digunakan sebagai pelengkap citarasa masakan. Kita juga dapat menggunakannya sebagai obat kecantikan diantaranya membersihkan sel kulit mati dan mengurangi kadar minyak pada wajah.

Cara menggunakannya : Ambil airnya dari 3 buah jeruk nipis yang ditambahkan dengan 1 sdt madu alami. Kemudian aduk dan oleskan pada wajah dan diamkan selama 25 menit. Bilas wajah dengan air bersih dan usap dengan handuk halus. Ulangi cara ini hingga 1-2 minggu lamanya diwaktu malam hari.

3. Putih Telur

Bukan hanya digunakan sebagai bahan kue saja. Kandungan asam folat pada putih terlur juga baik untuk kesehatan otak. Selain itu mineral seng, magenesium, kalium, kalsium, fosfor dan zat besi juga baik untuk kecantikan terutama mengatasi jerawat. 

Cara menggunakannya : untuk menambah khasiatnya telur yang kita gunakan adalah telur yang berasal dari ayam kampung. Pisahkan kuning dan putihnya dan tambahkan 1 sdt madu murni lalu aduk rata. Masukan ke oven... Olehkan pada wajah diwaktu malam selama 25 menit dan cuci bersih wajah jika sudah selesai.

4. Lidah Buaya

Banyak yang telah menggunakan lidah buaya dalam bidang kecantikan. Terutama untuk menyuburkan dan memperkuat akar rambut serta membuat rambut lebih hitam. Tanaman ini juga sangat baik untuk mengatasi noda (flek) hitam bekas jerawat, membuat pori-pori menjadi kecil, mengatasi jerawat.

Cara menggunakannya : mengambil secukupnya daging lidah buaya. Dapat dioleskan langsung pada permukaan wajah. Diamkan selama 25 menit, gunakan diwaktu malam hari. Ulangi hingga jerawat hilang.

5. Buah Tomat

Tomat kaya akan antioksidan yang salah satu manfaatnya membuang radikal bebas dari dalam tubuh kita dengan mengkonsumsinya membuat menjadi jus atau dimasak dengan sayuran. Dibidang kecantikan manfaatnya dapat digunakan untuk mengatasi jerawat membandel dan menghilangkan bekas jerawat berupa noda hitam.

Cara menggunakannya tidak terlalu merepotkan, Ambil 1 buah tomat merah buang bijinya. Bagian daging buah tomat langsung dapat diusapkan pada wajah yang memiliki jerawat. Lakukan dimalam hari selama 25 menit, dan ulangi hingga jerawat hilang.

6. Buah Lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi dari buah ini, sangat baik untuk mengatasi dengan cepat penyakit sariawan dengan membuatnya menjadi minuman jus lemon. Buah ini tergolong cukup ampuh untuk mengecilkan jerawat dengan cepat dan membuat pori-pori yang terbuka lebar menjadi normal kembali.

Cara menggunakannya : sediakan terlebih dahulu 1 buah lemon segar. Peras untuk mengambil airnya. Nah, air perasan  tersebut dapat dioleskan pada area wajah yang memiliki jerawat atau pada seluruh permukaan wajah. Lakukan dimalam hari dengan waktu 25 menit. Cuci bersih wajah jika selesai.

7. Madu

Menggunakan madu sangat efektif untuk mengatasi noda bekas jerawat dan untuk menghilangkan jerawat yang membandel karena kandungan antibakteri yang dimiliki madu. Selain itu, madu juga dapat melembutkan kulit. Namun, anda perlu waspada menggunakan cara ini, karena hanya madu alami yang dapat bekerja. Jika menggunakan madu campuran atau ada tambahan bahan sintesis bukannya jerawat hilang justeru akan merusak jaringan kulit. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan madu pada wajah dimalam hari dan diamkan selama 25 menit.

8. Bengkoang

Banyak dari produk kecantikan ternama saat ini yang menggunakan bengkoang sebagai bahan dasar untuk membuat krim wajah. Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat pada bengkuang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Vitamin C, flavonoid, dan saponin merupakan zat antioksidan yang mampu mencegah kerusakan kulit dan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu,  zat fenolik pada bengkuang juga mampu menghambat pembentukan melanin yang mengakibatkan perubahan warna pada kulit, sebagai tabir dari sinar ultraviolet dan menghilangkan flek bekas jerawat.

Cara menggunakannya : ambil secukupnya bengkoang segar yang kemudian diblender halus. Gunakan sebagai masker dipagi hari atau dimalam hari secara rutin selama 25 menit.

Pencegahan Munculnya Kembali 
Agar wajah tampil selalu fresh ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah agar jerawat dapat muncul kembali diantaranya :
  1. Jika memiliki jerawat, jangan keseringan disentuh atau dipecahkan dikarenakan tangan kita / kuku banyak mengandung bakteri yang bisa masuk ke pori-pori wajah.
  2. Membersihkan wajah dengan air besih sangat efektif untuk menghilangkan debu-debu yang menempel diwajah, ini perlu dilakukan ketika baru saja bepergian dikarenakan mungkin dijalanan kita terkena debu kendaraan atau lainnya.
  3. Mengurangi makanan yang berlemak, kacang-kacangan, daging, mangandung garam berlebih, mengandung soda dan gula berlebih.
  4. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan dan kecantikan seperti buah bengkoang dan lainnya.
  5. Perbanyak minum air putih
Semoga bermanfaat...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : 8 Cara Alami Menghilangkan Jerawat dan Noda Bekas Jerawat

0 komentar: