Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Perbedaan, Ciri Ciri Herpes Zooster dan Simplex

Perbedaan, Ciri Ciri Herpes Zooster dan Simplex - Ciri ciri penyakit herpes umumnya dapat dikenali dengan munculnya ruam memerah pada tubuh dan terdapat bintik-bintik berupa gelembung-gelembung kecil yang berisi cairan yang tampak terlihat berkelompok jika sudah memasuki waktu beberapa hari sejak terdapat bintik kecil pertama. Penyakit herpes ini tergolong ke dalam penyakit kulit yang cukup menular dan penyebarannya cukup cepat pada kulit.

Namun tak jarang dari penderita menganggap gejala awal yang timbul mirip sekali dengan gejala penyakit cacar. Walaupun herpes ada kaitannya dengan cacar, salah satu yang membedakannya dapat dilihat dari daerah penyebaran ruam dan gelembung-gelembung yang berisi cairan umumnya muncul secara berkelompok membentuk jalur.

Bagaimana membedakan, ciri ciri penyakit herpes zooster dan herpes simplex ? Penjelasannya ada disini !

Penyakit herpes sendiri dapat dibedakan menjadi 2 jenis dikarenakan virus yang menyerang tubuh manusia ini berbeda yaitu herpes zooster dan herpes simplex. Bagaimana kita mengetahui perbedaan dan ciri-cirinya untuk lebih mudah dalam hal penananganan medis. Mari kita kenali perbedaannya mulai dari pengertian, gejala, penyebab dan langkah pencegahan.

Pengertian

Herpes adalah salah satu dari penyakit kulit yang disebabkan oleh virus dari jenis famili hepertoviridae diantaranya varicella zoster (VZV), HSV-1 dan HSV-2 yang mengakibatkan peradangan kulit akut maupun kronis. Virus varicella zoster yang menjadi penyebab muncul penyakit herpes zoster, dengan nama lain masyarakat menyebutnya dengan nama cacar ular atau api ataujuga penyakit kayap. Sedangkan HSV-1 dan 2 menjadi penyebab adanya penyakit herpes simplex yang khusus menyerang daerah kulit pada vitalitas manusia berbeda dengan zoster hanya menyerang bagian tubuh manusia.

Gejala

Ada beberapa gejala umum yang dapat kita kenali ciri-ciri jika virus herpes telah menyerang manusia antara lain :
  1. Kondisi panas tubuh tidak stabil hingga demam dan kepala pusing
  2. Terasa gatal pada kulit, panas seperti terbakar pada kulit yang akan muncul ruam atau bintil-bintil berupa gelembung kecil berisi cairan bening
  3. Kelelahan dan lemas otot serta linu pada persendian
Gejala penyakit ini umumnya seperti itu yang berlangsung 2-5 hari atau hitungan minggu setelah itu akan menunjukkan gejala khusus yang lebih spesifik lagi berupa munculnya gelembung-gelembung yang berisi cairan berkelompok hingga menyebar keseluruh tubuh membentuk jalur.

Yang membedakan keduanya, gelembung atau ruam pada jenis simplexs terjadi pada daerah alat vital manusia seperti area wajah, bibir (jenis HSV-1) kemudian area private, belahan paha dan paha (jenis HSV-2). Sedangkan zoster hanya terjadi pada bagian tubuh seperti punggung, leher, dada, lengan dan daerah tubuh lainnya.

Penyebab

Dari keduanya, munculnya penyakit ini pada tubuh manusia terlihat jelas jika gejala khusus tadi sudah tampak, sehingga kita dapat menyimbulkan, apa yang menjadi penyebab virus herpes masuk ketubuh manusia.

Zoster dapat terjadi disebabkan oleh beberapa faktor berikut diantaranya pernah mengidap penyakit cacar air. Walaupun dikatakan dulunya sembuh, virus cacar air dapat kembali aktif jika daya tahan tubuh terhadap virus cacar air melemah. Umumnya jenis herpes zooster terjadi pada usia lanjut 50 tahun ke atas. Atau penyebarannya melalui bersentuhan langsung dengan cairan dari pecahan gelembung.

Sedangkan Simplex banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain bersentuhan dengan cairan gelembung dan melalui kontak fisik hubungan layaknya pasangan yang sudah menikah. Penyakit ini juga dalam medisnya disebut herpes genital karena menyerang dapat vitalitas manusia dan menular.

Langkah Pencegahan

Dikarenakan penyakit ini menular, bukan bearti kita menghindari bahkan menjauhi penderitanya. Asalkan tidak bersentuhan dengan cairan gelembung yang muncul pada tubuh penderita dan tidak adanya kontak fisik melalui hubungan layaknya pasangan yang sudah menikah penyakit ini dapat dihindari.

Jika sudah diderita oleh seseorang, untuk mencegah terjadinya peradangan kulit yang lebih kronis dikarenakan gelembung-gelembung berisi cairan tersebut akan cepat menyebar keseluruh tubuh dalam waktu 1-2 minggu, jika tidak teratasi akan mengakibatkan kerusakan jaringan kulit, permukaan kulit hingga kerusakan jaringan saraf serta membekas pada kulit jika sembuh. 

Perlu adanya langkah medis melalui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut atau pencegahannya dapat menggunakan obat tradisional dalam penangangan penyakit herpes.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Perbedaan, Ciri Ciri Herpes Zooster dan Simplex

0 komentar: