Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.

Penyebab dan Gejala Penyakit Tipes Serta Obatnya

Penyakit tipes, typus atau tifus merupakan penyakit yang terjadi dikarenakan adanya peradangan usus disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Dalam dunia kedokteran penyakit ini dikenal dengan nama demam tifoid atau tifhoid fever.

Bakteri jenis salmonella typhi dapat ditemui pada makanan atau air yang sudah terkontaminasi termasuk pada tinja (fases). Lingkungan yang kotor dan mengkonsumsi makanan yang tidak diolah dengan tepat akan memiliki resiko bakteri tersebut masuk kedalam usus seseorang.

Gejala Yang Muncul

Mereka yang sudah tertular atau terinfeksi bakteri salmonella dalam waktu masa tunas antara 10-20 hari sudah menunjukkan gejala seperti lemas, tidak nafsu makan dan sakit perut (diare ringan). 

Adapun beberapa gejala typus yang timbul sebagai berikut :
    Penyakit tipes adalah penyakit peradangan usus. Kenali gejala penyakit tipes, typus atau tifus serta penyebab dan obat tradisionalnya disini.
  1. Selama proses masa inkubasi 10-20 hari, gejala yang timbul cenderung mirip dengan penyakit lainnya seperti kondisi lemas, meriang, tidak enak badan dan tidak bersemangat.
  2. Tidak nafsu makan dikarenakan lidah terasa pahit dan terdapat bintik-bintik putih pada lidah dan tenggorokan.
  3. BAB yang tidak teratur dikarnekan mengalami diare
  4. Terjaninya infeksi tenggorokan
  5. Mual dan muntah dan sakit perut di bagian kiri dikarenakan usus 12 jari yang sudah terinfeksi
  6. Demam panas dengan suhu yang tinggi hingga 40 derajat diiringi dengan sakit kepala, badan lemah dan lemas
  7. Perut kembung akibat kurang asupan makanan
Selain itu, penderita akan merasakan selalu ingin mengkonsumsi makanan yang enak-enak akan tetapi jika sudah dimakan akan mual sehingga hanya mencicipinya saja.

Penularan

Penularan yang terjadi tidak langsung melalui kontak dengan penderita tetapi melalui perantara diantaranya melalui makanan dan air yang sudah terkontaminasi, fases, muntahan penderita dan dibawa oleh lalat. 

Proses penularan terjadi dikarenakan beberapa sebab di atas yang kemudian bakteri salmonella typhi masuk ke dalam lambung. Karena bakteri tersebut masuk dalam jumlah banyak, sebagian dari bakteri tersebut sudah musnah dikarenakan asam lambung dan beberapa diantaranya masuk ke usus halus bagian distal dan mencapai jaringan limpoid yang pada sel ini bakteri tersebut akan berkembang biak.
Selanjutnya proses perkembangan bakteri akan masuk ke aliran darah (proses berlangsung selama 24-72 jam) dan menembus sel-sel retikuloendotelial. Pada tahap ini bakteri akan mempersiapkan diri dan berdiam beberapa hari yang selanjutnya sel-sel retikuloendotelial akan melepaskannya ke dalam aliran darah menimbulkan bakterikimia dalam darah hingga menyebar ke limpa, usus halus dan kandung empedu.

Masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri salmonella tipus hingga berakibat kepada penyakit tipes, dapat terjadi oleh siapa saja. Seperti tidak mencuci tangan sebelum makan dan menggunakan toilet umum yang kotor. Untuk waspada terhadap penyakit ini, dengan memperhatikan langkah pencegahan di atas perlu dilakukan.

Faktor Resiko

Setelah menunjukkan beberapa gejala di atas, segera atasi dengan cepat untuk dilakukannya pengobatan. Walaupun penyakit ini tidak terlalu berbahaya, jika tidak tertangani dengan serius dalam waktu 2-3 minggu setelah beberapa gejala di atas muncul, akan menimbulkan beberapa komplikasi yang cukup berbahaya.

Diantaranya timbul pendarahan pada usus, terganggunya sistem peredaran darah, gangguan paru, ginjal, gangguan sistem kesadaran hingga mengakibatkan usus berlubang.

Tindakan Pencegahan

Untuk menghindari diri kita terinfeksi bakteri ini, melakukan hidup bersih dapat diawali dengan mencuci tangan sebelum makan selanjutnya menghindari jajan sembarangan dikarenakan bisa jadi warung makan tempat kita jajan kondisi tempat tidak bersih begitu juga pengolahan, mengkonsumsi telur ayam setengah matang harus dihindari dikarenakan bisa jadi kulit telur ayam tersebut terdapat bakteri salmonella typus.

Tindakan Pengobatan

Untuk mengatasinya segera berkonsultasi dengan dokter. Pada umumnya jika kondisi typus belum terlalu parah dan tidak memerlukan rawat inap dirumah sakit, dokter akan memberikan obat tetracyclin dengan dosis 250gr atau antibiotik jenis Thiamphenikol, Ciploroxacin, Chloramphenikol dan antibiotik lainnya.

Sedangkan dengan cara alami untuk mengobati tipes menggunakan ramuan tradisional dapat dilakukan dengan bahan obat : 10 gram daun sambiloto yang sudah kering, 30 gram temulawak dan 20 gram kunyit, iris tipis-tipis keduanya. Cuci 3 bahan tersebut hingga bersih dan direbus dengan air 800 ml hingga mendidih dan mengeluarkan aroma dan terjadi perubahan warna air rebusan. Tunggu hingga dingin dan diminum pagi sore atau 2x sehari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Share on Whatapps
Share on BBM
Share on Line
Share on Gmail
Tags :

Related : Penyebab dan Gejala Penyakit Tipes Serta Obatnya

0 komentar: