Memberikan informasi tentang gejala penyakit dan tips kesehatan yang bermanfaat lainnya.


8+ Jenis Obat Tradisional Penurun Asam Urat Mudah di Dapatkan

Obat tradisional penurun asam urat - Rasa sakit yang menyerang persendian dikarenakan kadar asam urat meningkat dalam tubuh akan menghambat aktivitas penderitanya sehari-hari. Rasa nyeri yang terjadi pada daerah persendian itu tidak lain disebabkan oleh zat asam urat yang sudah menumpuk membentuk micro kristal seperti jarum.

Asam urat sendiri sebenarnya zat sisa berasal dari proses metabolisme tubuh berupa purin. Jika kadarnya melebihi batas normal, maka lama kelamaan asam urat akan mengendap dan membentuk kristal-kristal micro. Dalam jangka waktu tertentu jika tidak diobati, kristal micro tersebut akan mengeras dan terus menerus menumpuk hingga dapat membuat area persendian menjadi bengkak berupa benjolan - benjolan memerah. Kondisi dikenal dalam dunia medis disebut gout. Pada tahap ini, status penyakit tersebut pada diri seseorang sudah dikatakan kronis dan perlu dilakukan penangan khusus.

Diantaranya adalah daun meniran, tumbuhan kumis kucing, daun salam, daun sambiloto. Cek lainnya di artikel ini.

Obat Tradisional Asam Urat

Untuk menghilangkan rasa sakit, selain langkah mengurangi atau tidak mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menjadi pemicu meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, melakukan langkah pengobatan perlu dilakukan dengan obat tradisional asam urat berasal dari bahan alami yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar rumah kita. Diantara obat tersebut adalah sebagai berikut :
  • Daun sambiloto - Dengan rasa yang teramat pahit, tanaman yang memiliki kandungan flavonoid,keton dan zat lainya ini sering digunakan sebagai obat penawar racur, peradangan dan penghilang rasa nyeri. Dengan mengambil 10 gram sambiloto kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih menyisakan 2 gelas air. Setelah dingin, minum 1 jam sebelum makan dan 2 jam sesudah makan. Lakukan 1 hari 2x hingga menunjukkan tanda-tanda kesembuhan.
  • Daun salam - Biasanya digunakan untuk melunakkan makanan seperti daging atau memberikan aroma wangi pada setiap masakan. Dengan cara yang sama seperti ramuan sambiloto, ambil 10 lembar daun salam. Minum pada pagi hari dan menjelang sore.

  • Daun sirsak - selain bagian buahnya yang baik untuk penderita asam urat, manfaat lainnya dari tanaman sirsak adalah terletk pada bagian daunnya. Untuk membuat ramuan herbalnya, anda dapat mengambil 7 helai daun sirsak segar agak tua. Rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan sekitar 2 gelas saja. Aturan minum, 1 gelas di waktu pagi hari dan 1 gelas lagi di sore hari. Tidak dianjurkan menggunakan rebusan digunakan secara berulang - ulang ataupun dipanaskan.

  • Buah jeruk nipis - pada dasarnya setiap jenis buah jeruk sangat baik bagi penderita asam urat. Karena vitamin C yang terdapat pada buah jeruk akan mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Namun, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak daripada jenis jeruk lainnya. Anda dapat menyediakan 2 buah jeruk nipis, kemudian seduh dengan 1 gelas air hangat. Minum diwaktu pagi dan malam hari sesudah makan. Tambahkan 2 sendok madu murni jika anda tidak menyukai rasa asam.

  • Mengobati asam urat selanjutnya dapat menggunakan tumbuhan pegagan. Biasanya tumbuh ditempat yang lembab seperti empang sawah. Untuk membuat obat tradisional penurun asam urat dari tumbuhan pegagan, siapkan 7 lembar daun pegagan segar. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas air saja. Minum ramuan ini cukup di waktu pagi hari saja 30 menit sebelum makan.

  • Tumbuhan meniran - biasanya tanaman ini tumbuh liar disekitar lingkungan kita. Anda tidak perlu kuatir dengan efek samping yang ditimbulkan karena sudah ada penelitian dari Departemen FARMASI Fakultas MIPA Universitas Indonesia. Diantara khasiatnya dapat meluruhkan batu ginjal, termasuk mengobati asam urat. Siapkan terlebih dahulu 10 gram daun meniran segar. Rebus dengan 3 gelas air hingga menyusut kira - kira menyisakan 2 gelas air. 1 gelas diminum di waktu pagi hari, 1 gelas lagi diminum di waktu malam hari. 
  • Minum air putih secara teratur dengan takaran 8 - 10 gelas perhari ini akan memperlancar kinerja ginjal dan mengeluarkan kristal - kristal micro melalui urine serta mencegah terbentuknya  pengkristralan kembali pada sendi.
  • Konsumsi minuman terbuat dari jahe - kita dapat mengolahnya menjadi minuman wedang jahe, bandrek dan sejenisnya atau yang paling sederhana dengan menyeduhnya dengan air panas. Minum 1x sehari. Selain itu, untuk menghilangkan rasa sakit dipersendian, jahe dapat ditumbuk halus selanjutnya ditempel pada daerah yang sakit.
Untuk sekedar meringankan rasa sakit sesaat dapat mengatasinya dengan melakukan tindakan kompres dengan kain lembut berisikan batu es, kemudian ditempelkan pada permukaan yang nyeri/sakit. 

Obat dari jenis colchicine atau corticosteroids terkadang diperlukan untuk menghilangkan rasa sakit sejenak dan allopurinol untuk menurunkan asam urat dalam tubuh.

Namun, obat-obatan tersebut tidak dianjurkan untuk diminum tanpa adanya resep dari dokter. Kami tida menganjurkan anda mengkonsumsi obat tersebut tanpa sepengetahuan dokter. Selain melakukan pengobatan dengan cara tradisional tidak berhenti disitu saja, memperhatikan faktor makanan yang dikonsumsi, olahraga secara teratur, melakukan pengecekan nilai kadar asam urat dalam darah untuk memantau perkembangan kesembuhan pun perlu dilakukan.

Share on Facebook
Share on Whatapps
Share on Line
Tags :

Related : 8+ Jenis Obat Tradisional Penurun Asam Urat Mudah di Dapatkan

0 komentar: